Anda di sini

Pemrograman

Apa Itu React ? Dan Mengapa Menggunakan React ?

Aditya Suranata - 02 Desember 2015 16:06:30 0

Mengapa Memilih React ?

Pernahkan kalian membayangkan, selain infrastrukturnya yang memang besar, apa framework yang digunakan oleh situs raksasa macam Facebook pada antarmukanya, sehingga meskipun digunakan oleh milyaran orang, baik dari PC Desktop hingga Smart Phone tapi masih bisa menangani dan terlihat sedikit pun tidak mengalami kelelahan untuk melayani permintaan yang bermilyar itu ?

Karena mereka menggunakan suatu pustaka yang memang didesain untuk itu, namanya adalah React.

React adalah pustaka JavaScript untuk membuat antarmuka kelas atas. React sendiri selain memang dibangun langsung oleh Facebook, juga telah digunakan secara live pada antarmuka Facebook dan Instagram. Jika dilihat dari arsitektur pengimplementasian antarmuka pengguna, maka React dapat dikatakan sebagai komponen V dalam MVC.

Tujuan dibangunnya React adalah untuk menyelesaikan satu masalah pokok: membangun aplikasi berskala besar dengan data yang selalu berganti seiring waktu.

React itu Sederhana

Bahasa kasarnya, cukup ungkapkan bagaimana aplikasi mu harus terlihat pada suatu waktu, dan React akan secara otomatis mengatur semua pembaharuan antarmuka pengguna (UI) ketika data yang mendasari mengalami perubahan.

React Memiliki Sifat Deklaratif

Ketika ada data yang berubah, Reach secara konseptual akan menekan tombol "refresh", dan dia tau bagian yang harus diperbaharui hanya bagian yang datanya mengalami perubahan.

Membuat Komponen Composable dengan Mudah

Menggunakan React adalah tentang bagaimana kita membuat komponen yang dapat digunakan berulang kali. Faktanya, dengan React hal yang kita lakukan hanyalah membuat komponen-komponen. Dan karena komponen-komponen tersebut bersifat sangat terbungkus (encapsulated), maka komponen-komponen yang telah dibuat tersebut, menjadikan penggunaan kode yang ditulis sekali namun dapat digunakan berulang kali, kemudian pengujian, hingga pemisahan bagian-bagian program menjadi sangat mudah.

Mau Menggunakan React ? Luangkan Waktu Lima Menit Untuknya

React memberikan tantangan pada banyak pandangan konvensional, dan pada pandangan pertama beberapa dari ide dan konsepnya mungkin terlihat gila. Mari baca tuntunan: Luangkan waktu lima menit untuknya; karena ide ide gila itu telah dibuktikan oleh terciptanya ribuan komponen, baik didalam maupun diluar Facebook dan Instagram.

Pelajari Lebih Lanjut

Kamu bisa pelajari lebih lanjut mengenai motivasi yang melatarbelakangi dibangunnya React pada kiriman berikut.

8.327
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.