Anda di sini

Elektronika

Cara Kerja Platform Govinda Rover

Aditya Suranata - 20 November 2015 16:10:02 0

Menghubung ke jaringan

Govinda Rover menggunakan jaringan nirkabel berstandard IEEE 802.11 atau lebih dikenal dengan nama Wi-Fi sebagai media komunikasi utama. Govinda Rover akan secara otomatis mencari dan menghubungkan diri dengan Access Point atau modem internet ber Wi-Fi rumahan sesuai dengan paramenter konfigurasi yang telah ditentukan oleh pengguna. Sebagai contoh, di Indonesia mayoritas penduduknya menggunakan Telkom Speedy sebagai penyedia layanan Internet yang mana menggunakan teknologi ADSL yang modemnya dilengkapi dengan Wi-Fi.

Pengguna tinggal mencocokan konfigurasi modem Wi-Fi mereka dengan robot, dalam hal ini membutuhkan dua buah konfigurasi utama yaitu Service Set Identifier (SSID) merupakan nama dari Wi-Fi pengguna dan kata sandinya. Pengguna kemudian menyetel konfigurasi jaringan tersebut pada halaman konfigurasi sistem pada antarmuka robot, menggantikan konfigurasi bawaan dari platform.

Selain menggunakan access point dari jaringan Wi-Fi rumahan, pengguna juga bisa memanfaatkan kemampuan perangkat bergerak mereka seperti smartphone, tablet maupun laptop dengan mengaktifkan fungsi Wireless Tethering. Perangkat yang mendukung fungsi ini umumnya perangkat bersistem operasi Android. Jika pengguna menginkan kontrol langsung dari perangkat bergerak, bisa memanfaatkan fungsi ini untuk mengontrol robot tanpa membutuhkan perangkat tambahan sebagai access point.

Untuk kontrol jarak jauh melalui jaringan internet, pengguna membutuhkan beberapa konfigurasi pada modem/router. Dalam hal ini, yang dibutuhkan merupakan penyetelan port forwarding agar koneksi dari jaringan internet bisa diteruskan ke Govinda Rover. Seluruh cara dan tutorial untuk melakukan penyetelan tersebut akan dibahasa secara rinci pada bagian konfigurasi.

Kontrol dan Penggunaan

Ketika Govinda Rover telah terhubung ke jaringan, ditandai dengan menyalanya indikator WLAN pada panel depan, selanjutnya pengguna dapat masuk ke halaman kontrol melalui web browser. Setelah menghubung ke jaringan dimana Govinda Rover terhubung, pengguna selanjutnya membuka web browser dan masuk ke alamat IP dari Govinda Rover sesuai dengan konfigurasi yang dilakukan pengguna sebelumnya pada halaman konfigurasi. Halaman otentikasi akan muncul, pengguna memasukan data akun nama pengguna dan sandi, selanjutnya pengguna akan dibawah ke halaman utama dan dapat melakukan kontrol dan pemantauan melalui antarmuka.

Dari antarmuka utama, pengguna dapat melalukan beberapa hal dasar seperti kontrol pergerakan robot menggunakan panel kontrol pada antarmuka maupun secara langsung melalui keyboard, mengatur arah kamera, melalukan pengambilan gambar dan video beresolusi tinggi, melihat data sensing serta kontrol penerangan dan penunjuk.

935
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.