Anda di sini

Troubleshooting dan Problem Solving

Cara Mencari & Menghapus File Foto Duplikat di Komputer

Aditya Suranata - 02 Desember 2015 12:20:22 0

Keki itu ketika pagi-pagi lagi asik ngoding proyek di kantor mumpung inspirasi lagi berseri, tiba-tiba bos manggil disuruh bersih-bersih. Apalagi yang mau di bersihin bukan meja atau lantai yang cukup pakai sapu, tapi puluhan ribu file foto yang mejeng di dua ext HDD yang masing-masing gendutnya 1TB, dan itu foto harus dikelompokin berdasarkan jenisnya, dan yang duplikat dihapus biar gak penuh. Hahaha.... nyahok..

Tapi tenang, seperti pepatah jaman dulu, ada banyak jalan menuju Roma. Apalagi sekarang sudah ada pesawat, tinggal cus aja dari bandara gak usah kayak dulu mesti naik turun gunung menyeberangi lautan macam ninja hatori. Mengingat kita punya moto kalau bekerja, tugas itu harus dilakukan dan dicintai, meski kadang tugasnya kita tidak suka...

Apa solusinya ?

Langkah pertama untuk mengelompokan file foto yang banyak itu kita harus menguranginya dulu menjadi yang benar-benar layak untuk dikelompokan, yang tidak layak (duplikat dan agar space tidak penuh) dibuang saja. Caranya ? syukurnya gampang... jaman sekarang kita sudah punya banyak sumber daya untuk itu.

Dengan melakukan pencarian dan perbandingan dari sekian sumber daya yang ada untuk mengeliminasi file foto duplikat, maka telah ku temukan yang terbaik, yaitu menggunakan dupeGuru Picture Edition.

dupeGuru ? atau jupeGuru ?

Benar jeck diri ku tidak salah tulis, nama toolsnya dupeGuru haha...

Jadi tools dengan nama lengkap dupeGuru Picture Edition (dupeGuru PE) ini bisa digunakan untuk mencari file foto duplikat di komputer. dupeGuru PE ini adalah saudaranya dupeGuru (tool pencari duplikat untuk semua file). Kalau dupeGuru spesialis file umum, kalau dupeGuru PE ini spesialis foto, ada juga saudaranya lagi satu dupeGuru ME (Music Edition) yang tentunya spesialis musik.. haha kayak keluarga dokter aja. Para dupeGuru ini bisa jalan cross platform, di Windows, Mac OS X dan Linux.

Apa Kelebihan dupeGuru PE ?

Dikutip dari halaman resminya.

dupeGuru PE bekerja efisien. Tidak hanya bisa menemukan dua file yang benar-benar identik, tapi juga bisa menemukan duplikat diantara foto-foto dengan jenis yang berbeda (PNG, JPG, GIF dll) dan berdasarkan kualitas. Di Mac OS X, si dupe juga bisa memindai iPhoto library.

dupeGuru PE bisa dikastemisasi. Kamu bisa merombak mesin pencarinya untuk menemukan dengan tepat jenis duplikat yang ingin kamu cari dengan mudah melalui halaman pengaturan.

dupeGuru PE aman digunakan. Mesinnya didesain dengan seksama untuk keamanan. Sistem direktori reference begitu juga dengan sistem pengelompokannya mencegah kita menghapus file secara tidak sengaja.

Bisa membandingkan format foto apapun. dupeGuru PE mendukung format JPG, PNG, TIFF, GIF dan BMP. Semua format-format tersebut bisa di bandingkan bersama. Versi Mac OS X dari dupeGuru juga mendukung format PSD dan RAW (CR2 dan NEF).

Mendukung pencarian di iPhoto dan lirary Aperture.

Lakukan apapun yang kita inginkan dengan hasil pencariannya. Tidak hanya menghapus duplikat yang ditemukan, tapi juga bisa memindahkan, dan menyalin ke tempat lain. Terdapat juga banyak cara untuk menyaring dan mengurutkan hasilnya untuk memudahkan membedakan file asli dan duplikat serta persentase kecocokannya.

Antarmukanya yang mendukung multi bahasa.

Oke, cukup dulu basa basinya, to de point ke inti dari tulisan ini... Where is it ? Where i can find this dupe tools ? Here... Download dupeGuru Picture Edition.

4.146
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.