Anda di sini

Instalasi dan Konfigurasi

Cara Mengoperasikan Platform Govinda Rover

Aditya Suranata - 20 November 2015 16:33:33 0

Setelah melakukan pengaturan awal hingga antarmuka, dan robot telah terhubung kejaringan dengan menggunakan Wi-Fi, selanjutnya pengguna dapat melakukan pengontrolan dari antarmuka robot. Pada antarmuka robot dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

Antarmuka

Dashboard

Halaman Dashboard

Merupakan halaman utama untuk melakukan fungsi dasar dari robot, seperti navigasi, fungsi kamera, penerangan dan kontrol mekanik.

Grafik

Halaman Grafik Sistem

Halaman untuk melihat data lingkungan atau kondisi sistem melalui antarmuka grafik yang menarik dan mudah dimengerti. Pada model maksimalis, terdapat data gas mudah terbakar, suhu dan kelembapan.

Galeri

Halaman Galeri Video

Halaman galeri untuk mengatur dan melihat file-file gambar dan video yang telah selesai diambil. Dilengkapi dengan video player dan photo slideshow untuk mempermudah penggunaan.

Konfigurasi

Halaman Konfigurasi Access Point

Segala fungsi pengaturan sistem bisa diakses melalui halaman ini, seperti konfigurasi jaringan, pengguna hingga wizard.

Pemilihan Bahasa

Pada rilis beta ini, platform telah dilengkapi dengan sistem multi bahasa, namun untuk sementara waktu hanya mendukung Bahasa Indonesia, dan English. Untuk melakukan pemilihan bahasa antarmuka, pengguna dapat melakukanya melalui halaman konfigurasi pengguna seperti terlihat pada gambar berikut:

Pengaturan Bahasa

Kontrol Keyboard Shortcut

Antarmuka pada halaman Dashboard juga dilengkapi dengan fungsi keyboard shortcut, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan fungsi dasar dengan hanya menekan tombol-tombol khusus pada keyboard. Berikut adalah ulasan lengkap tombol apa saja yang berkaitan dengan fungsi-fungsinya:

TombolKeterangan
WRobot bergerak maju
SRobot bergerak mundur
ARobot bergerak ke kiri
DRobot bergerak ke kanan
UNaikkan kamera
JTurunkan kamera
HArahkan kamera ke kiri
KArahkan kamera ke kanan
-Turunkan kecepatan motor
+Naikkan kecepatan motor
LNyalakan penunjuk laser
CNyalakan lampu flash penerangan

820
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.