Anda di sini

Instalasi dan Konfigurasi

Cara Setting Modem GSM di Raspberry Pi

Aditya Suranata - 12 April 2016 14:52:29 0

Raspberry Pi tanpa internet bagaikan SmartPhone tanpa paket data... yah, kurang seru dan tidak bisa digunakan untuk bereksplorasi. Maka dari itu, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya berurusan dengan atur mengatur modem GSM di Raspberry Pi agar dapat terhubung ke internet.

Sebelum bisa menuliskan hasil percobaan dan pengujian ini, saya telah melakukan berbagai percobaan dengan berbagai tipe/chip modem GSM yang berbeda-beda. Dari chip-chip modem GSM yang paling banyak ditemukan dipasaran, saya bisa menyimpulkan, kalau chip GSM yang paling murah, yang paling aman, yang paling mudah digunakan, yang paling kompatibel dengan OS Raspbian, dan yang yang lainnya, hingga terekomended sekali adalah modem GSM yang menggunakan chip Huawei E173...

Waduh, sudah kebanyakan yang, pakai promosi lagi Biggrin

Tapi mohon maaf untuk vendor yang tidak saya rekomendasikan disini, bukan maksud saya mengagung-agungkan vendor ber-chip Huawei E173. Tapi menurut hasil percobaan saya, modem dengan chip ini cara pakainya sangat-sangat mudah sekali. Jauh dari kata rumit, mumet dan frustasi. Cara pakainya cukup colok saja bro.. ya colok saja modemnya sudah langsung siap untuk digunakan.. weleh-weleh.. ini modem sejagat memang supportnya luar biasa.

Untuk mengetahui apa jenis chip yang digunakan modem, kita bisa melihatnya melalui perintah lsusb.

Jadi teringat lagi waktu saya bermain dengan usb-mod-switch untuk melakukan switching dari mode USB Drive ke mode MODEM. Beuh, mumetnya bro... harus coba-coba modprobe untuk patch kernel, coba-coba device id/vendor id... mumet lah.. tapi tidak lagi dengan E173, tinggal colok and go!

.

Memasang wvdial untuk melakukan dial-up modem di Raspberry Pi

Langkah pertama dari beberapa langkah dalam melakukan konfirugasi modem GSM di Raspi adalah menginstall wvdial. Wvdial adalah program pembantu yang terdapat di berbagai distribusi Linux yang fungsinya untuk membantu kita melakukan panggilan data modem ke operator sehingga kita bisa terhubung ke internet. Caranya jalankan apt-get install:

$ sudo apt-get install wvdial

Setelah wvdial berhasil terpasang, kita colokan modem ke Raspberry Pi. Kemudian lakukan deteksi otomatis melalui wvdialconf. Wvdialconf merupakan program penyerta dari wvdial untuk melakukan deteksi dan konfigurasi otomatis dari modem, seperti baud rate maksimum, dan akan menghasilkan file konfigurasi yang selanjutnya bisa kita modifikasi. Perintah untuk menjalankan wvdialconf adalah:

$ sudo wvdialconf /etc/wvdial.conf

Setelah wvdialconf berhasil menemukan modem kita, (outputnya berisi modem found, jika belum coba reboot Raspi dan ulangi) langkah selanjutnya adalah menyunting file konfigurasi yang tadi dibuat.

$ sudo nano /etc/wvdial.conf

Isinya mirip seperti ini

[Dialer telkomsel]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init3 = AT+CGDCONT=1,"IP","internet"
Stupid Mode = 1
Modem Type = Analog Modem
ISDN = 0
Phone = *99#
Modem = /dev/gsmmodem
Username = {}
Password = {}
Baud = 460800

Tinggal disesuaikan dengan operator yang kalian gunakan, ganti APT internet sesuai operator dan username/password dengan {} jika tidak ada.

Selanjutnya tinggal eksekusi wvdial dan tunggu hingga berhasil terhubung ke internet.

$ sudo wvdial telkomsel

Selamat berinternet ria, semoga membantu Smile

8.296
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.