Anda di sini

Filsafat Hidup

Jumlah Kehidupan di Alam Semesta - Perspektif Vedanta

Kusuma Wardana - 13 Desember 2015 00:37:54 0

Ketika Kita Mulai Bertanya...

Alam semesta begitu luasnya. Tidak terlihat batasnya. Ada Milayaran planet, bahkan Triliunan, bahkan lebih. Entah... kita tidak pernah tahu. Jagat raya yang megah dan penuh keindahan ini sudah tentu tidak hadir dengan sendirinya, bukan? Ya, tentu ada penciptanya. Seperti quote menarik berikut: "Dimana ada ciptaan, disana pastilah ada penciptanya".

Dari triliunan planet-planet yang bertebaran di angkasa, pernahkah kita berpikir bahwa terdapat kehidupan lain selain manusia? Atau tidak perlu jauh-jauh. Berapakah jenis makhluk hidup yang terdapat di bumi? Pernahkan kita membayangkannya?

Kita kebingungan akan pertanyaan ini. Tapi pasti...pasti ada jawaban dari semua ini.

Perspektif Vedanta

Terdapat sloka yang menarik dari Sri Caitanya Caritamrta (Madhya 19.138), sebagai berikut:

eita brahmanda bhari' ananta jiva-gana
caurasi-laksa yonite karaye bhramana

Yang artinya " Di alam semesta ini, terdapat jumlah makhluk hidup yang tidak terhitung banyaknya, yang tergolong ke dalam 8.400.000 (caurasi-laksa) jenis kehidupan, dan kesemuanya mengembara di alam semesta ini"

Jumlah 8.400.000 jenis kehidupan tersebut dijabarkan lebih detail dalam Padma Purana, sebagai berikut:

jalaja nava-laksani
sthavara laksa-vimsati
krmayo rudra-sankhyakah
paksinam dasa-laksanam
trimsal-laksani pasavah
catur-laksani manusah

(jalaja nava-laksani - 900.000 jenis bentuk kehidupan di air, sthavara laksa-vimsati - 2.000.000 dalam bentuk pohon dan tumbuh-tumbuhan lainnya, krmayo rudra-sankhyakah - 1.100.000 jenis kehidupan makhluk hidup kecil (serangga, reptil, dan binatang melata lainnya), paksinam dasa-laksanam - 1.000.000 jenis burung-burung, trimsal-laksani pasavah - 3.000.000 jenis kehidupan binatang, catur-laksani manusah - 400.000 jenis kehidupan manusia)

Ya, Vedanta telah menjelaskan dengan gamblang. Ternyata, ada 8.400.000 jenis kehidupan. Jumlah 8.400.000 ini bertebaran di alam semesta raya ini. Diantara 8,4 juta ini, terdapat 400 ribu jenis kehidupan manusia, selain jenis manusia di bumi ini. Para Dewa, Raksasa, Malaikat dan sebagainya tergolong dalam jenis ini. Jumlahnya 400 ribu. Jenis-jenis ini didasarkan pada tingkat kesadarannya. Dari sloka tersebut juga dicantumkan jumlah berbagai jenis tumbuhan, ikan, binatang kecil, serta binatang besar.

Vedanta adalah pengetahuan. Pengetahuan umum untuk setiap orang, bukan sektarian atau dikhususkan untuk golongan dan agama tertentu. Semoga bermanfaat Smile

1.141
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.