Anda di sini

Pemrograman

Membuat Himpunan Fuzzy dan Input Fuzzy

Kusuma Wardana - 22 November 2015 09:15:34 0

Kita telah membaca studi kasus kita, yaitu : Dinner for Two. Bagian ini adalah kelanjutan dari artikel ini.

Pada tahap ini, kita akan menggambarkan setiap variabel fuzzy ke dalam himpunan fuzzy. Pada contoh kasus Romi sebelumnya, kita mengasumsikan akan membangun himpunan fuzzy sebagai berikut:

  • PELAYANAN: Jelek, Sedang & Bagus
  • MAKANAN: Tengik & Lezat
  • TIP: Murah, Standar & Mahal

PELAYANAN dikategorikan menjadi PELAYANAN yang Jelek, Sedang dan Bagus. MAKANAN hanya dikategorikan menjadi dua, yaitu MAKANAN yang Tengik (tidak lezat) dan MAKANAN yang Lezat. Output berupa uang TIP dengan kategori Murah, Standar dan Mahal.

Mari kita petakan tiap-tiap input dan output ke dalam suatu fungsi keanggotaan tertentu. Input PELAYANAN terdiri dari fungsi keanggotaan berbentuk segitiga (trimf dalam MATLAB), MAKANAN terdiri dari fungsi keanggotaan berbentuk trapesium (trapmf dalam MATLAB) dan output uang tip berupa segitiga (trimf). Berikut jika kita gambarkan ketiganya ke dalam suatu fungsi keaggotaan (membership function):

Gambar 1. Fungsi kenggotaan untuk input PELAYANAN

Gambar 2. Fungsi kenggotaan untuk input MAKANAN

Gambar 3. Fungsi kenggotaan untuk output Uang Tip

Mari kita bahas untuk input PELAYANAN terlebih dahulu. Telah disampaikan sebelumnya bahwa Romi memberi PELAYANAN dengan nilai 7. Nilai 7 ini akan menjadi patokan awal untuk mencari derajat keanggotaan dari tiap-tiap input.

Amatilah Gambar 5. Pada Gambar 5, nilai PELAYANAN sebesar 7 akan memotong fungsi keanggotaan Sedang dan Bagus. Selanjutnya, dari titik ini, dicarilah nilai-nilai derajat keanggotaannya, dengan menarik garis ke arah sumbu-Y.

Gambar 5. Nilai input PELAYANAN digunakan untuk mencari derajat keanggotaan

Ingat, untuk mencari nilai pada sumbu-Y (nilai derajat keanggotaan), kita harus mengetahui persamaan garis yang melalui titik potong himpunan Sedang dan Bagus. Amatilah Gambar 5. Sebuah fungsi keanggotaan segitiga memiliki nilai fungsi yang berbeda-beda, tergantung pada nilai x.

Gambar 6. Fungsi keanggotaan berbentuk segitiga (trimf) memiliki nilai fungsi yang berbeda-beda

Sama halnya ketika kita terapkan rumus ruas segitiga ini pada input PELAYANAN. Jika kita terapkan rumus tersebut, maka diperoleh Gambar 7. Rumus-rumus ini sebenarnya adalah rumus persamaan garis lurus yang sudah biasa kita kenal.

Gambar 7. Rumus ruas segitiga untuk input PELAYANAN

Kita dapat segera memproses untuk memperoleh nilai derajat keanggotaan, sebagai berikut:

Dengan demikian, dapat kita simpulkan himpunan fuzzy untuk input PELAYANAN adalah sebagai berikut:

  • Himp. Fuzzy JELEK: uT_Jelek [7] = 0
  • Himp. Fuzzy SEDANG: uT_Sedang[7] = 0.5
  • Himp. Fuzzy BAGUS : uT_Bagus [7] = 0.25

Derajat keanggotaan pada himpunan Jelek bernilai nol sebab untuk PELAYANAN bernilai 7, tidak ada yang memotong fungsi keanggotaan Jelek.

Untuk input MAKANAN, sistem mencari nilai derajat keanggotaan juga sama. Pada kasus ini, telah ditetapkan bahwa nilai dari MAKANAN = 8.

Kita tarik garis menuju sumbu-Y, dan dengan menerapkan rumus pada Gambar 8, maka diperoleh nilai derajat keanggotaan untuk fungsi Lezat adalah sebesar 0.5. Selanjutnya kita kumpulkan nilai-nilai yang kita peroleh tadi, yaitu untuk input PELAYANAN dan MAKANAN. Kita simpulkan untuk input diperoleh keterangan, yaitu sebagai berikut:

  • Himp. Fuzzy JELEK: uT_Jelek [7] = 0
  • Himp. Fuzzy SEDANG: uT_Sedang[7] = 0.5
  • Himp. Fuzzy BAGUS : uT_Bagus [7] = 0.25
  • Himp. Fuzzy TENGIK: uT_Tengik [8] = 0
  • Himp. Fuzzy LEZAT: uT_Lezat [8] = 0.5

Dengan demikian, kita telah mengumpulkan semua nilai derajat keanggotaan dari input. Ini adalah akhir dari langkah pertama. Mari kita lanjutkan langkah kedua di halaman berikutnya.

16.664
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.