Anda di sini

Pemrograman

Menerapkan Fungsi Implikasi

Kusuma Wardana - 22 November 2015 09:26:07 0

Mari kita lanjutkan pembahasan kita. Amatilah Gambar 9. Pada gambar tersebut, diperoleh hasil untuk alpha1 = 0, alpha2 = 0.5 dan alpha3 = 0.5. Nilai-nilai ini adalah nilai-nilai yang berada pada sumbu-Y. Langkah selanjutnya adalah menarik nilai-nilai ini ke fungsi keanggotaan output, sesuai dengan aturan IF-THEN yang telah ditetapkan.

Gambar 9. Proses penerapan operator logika berdasarkan aturan IF-THEN

Gambar 10. Proses Implikasi pada daerah output

Alpha1 bernilai nol. Nilai nol tidak akan memotong satu fungsipun. Oleh karena itu, alpha1 tidak akan memberi pengaruh pada proses implikasi di daerah output. Alpha2 akan digunakan untuk memotong fungsi STANDAR, sebab hal ini memenuhi kriteria pada aturan ke-2. Alpha3 digunakan untuk memotong fungsi keanggotaan MAHAL, sebab memenuhi kriteria aturan ke-3. Karena sama-sama memiliki nilai 0.5, maka garis akan terlihat berhimpitan. Titik-titik potong ini selanjutnya ditarik turun untuk dicari nilainya pada sumbu-X. Ini adalah kebalikan dari proses sebelumnya. Dengan mengetahui persamaan garis yang memotong fungsi STANDAR dan MAHAL, maka nilai sumbu-X dengan sangat mudah dapat diketahui, bukan? Amatilah proses untuk mencarinya, seperti terlihat pada Gambar 11 dan Gambar 12.

Gambar 11. Mencari koordinat sumbu-X pada fungsi STANDAR

Gambar 12. Mencari koordinat sumbu-X pada fungsi MAHAL

Akhir dari langkah ketiga ini adalah perolehan titik-titik implikasi. Setelah memperoleh titik-titik ini, pembahasan dapat kita lanjutkan ke langkah keempat, yaitu memadukan daerah implikasi kita. Mari kita bahas pada halaman berikutnya.

4.762
Daftar Artikel Terkait
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.