Anda di sini

Troubleshooting dan Problem Solving

Mengatasi Drupal 7 WSOD (White Screen Of Death)

Aditya Suranata - 04 Maret 2016 17:20:45 0

Saya ingin mencatat solusi dari masalah yang membuat saya spot jantung dan pusing 3 keliling dihari yang indah ini. Singkat cerita terdapat notifikasi merah-merah yang artinya update keamanan pada tiga situs Drupal yang saya kelola, untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan maka sudah menjadi kewajiban saya untuk memperbaharui versi Drupal tersebut. Nah masalahnya muncul ketika saya sebagai manusia melakukan kesalahan yang bisa dikatakan tidak terlalu fatal tapi cukup membuat pusing.

Ketika mulai mengunggah file Drupal terbaru (7.43), saya tidak sengaja melakukan kesalahan. File yang seharusnya di-replace (diganti) dengan yang baru malah tidak ter-replace, tapi file-file tersebut singgah menjadi subfolder file. Jadi file dari folder include menjadi include/include, modules menjadi modules/modules dan folder-folder lainnya. Ini menyebabkan Drupal menjadi bingung karena terdapat banyak duplikat dari file-file sistem.

Karena saya telat menyadari bahwa terjadi kesalahan dalam me-replace file, ketika itu saya langsung menyerobot masuk ke update.php dan terjadilah proses update yang fatal tersebut. Semua informasi registry menjadi kacau balau dan munculah WSOD. Dalam kasus saya ini pesan errornya banyak sekali, salah satunya adalah:

Fatal error: Class 'DrupalDefaultEntityController' not found in /home/cintaku/public_html/modules/comment/comment.module on line 1698

Solusinya ?

Saya mencoba berbagai macam solusi, salah satunye menggunakan module registry_rebuild. Tapi nihil.

Karena mencari tanpa patah semangat meski sudah pusing 3 keliling akhirnya saya menemukan solusinya. Dan ternyata cukup simpel dan sederhana. Cukup clear table registry dan registry_file pada database dan jalankan update.php

Masalah terpecahkan. Akhir kata semoga bisa membantu orang-orang yang masih tersesat diluar sana.

1.061
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.