Anda di sini

Elektronika

[NEW] Raspberry Pi Versi 2 Dengan Segala Kelebihannya Kini Dijual Dengan Harga $35

Aditya Suranata - 20 November 2015 16:55:44 2

Bagai pucuk dicinta ulam pun tiba, pribahasa yang cocok untuk dirilisnya Raspberry Pi versi 2. Ketika banyak pengguna yang memerlukan kinerja lebih dari perangkat keras Raspberry Pi versi 1 (Model B & A), dan mulai putus asa hingga beralih ke board dari vendor lain (Beaglebone / Cubbie Board), Eben Upton sang juragan Raspberry Pi Foundation akhirnya mengumumkan jawaban dari penantian para pengguna Raspi dengan dirilisnya Raspberry Pi versi 2 hari ini Senin, 2 Februari 2015.

Komputer mini dengan harga bersahabat Raspberry Pi versi terbaru telah diluncurkan, menawarkan programmer cilik, para hobbies dan yang lainnya lebih banyak memori dari versi sebelumnya, tapi dengan harga yang sama.

Raspberry Pi 2 Model B kira-kira enam kali lebih powerful ketimbang versi umum, yaitu Model B+, menurut perusahaan amal asal Inggris yang ada dibaliknya.

Versi terdahulu dari kit Raspberry Pi telah secara luas digunakan di berbagai sekolah dan para penggemar di seluruh dunia.

Tapi sepertinya si Raspi mendapatkan kompetisi yang semakin meningkat.

Perusahaan lain asal Inggris, Imagination, baru-baru ini merilis komputer kosongannya sendiri, dan Arduino, Intel Galileo, Gizmo 2, BeagleBone Black dan Hummingboard juga membentuk daftar pesaing yang semakin menggeliatkan taringnya.

Pemutaran video yang lebih halus

Raspi versi 2 membuat dua perubahan mayor dari versi sebelumnya, sementara tetap mempertahankan komponen yang lain:

  • CPU (central processing unit)nya sekarang menggunakan quad-core daripada single-core. Hal itu berarti ia bisa diprogram untuk menggunakan corenya yang lain untuk melipatgandakan kemampuan memprosesnya, atau memilih untuk menggunakan sedikit core untuk menghemat daya - sangat berguna jika berjalan pada alat yang menggunakan batere. Dengan tambahan, prosesor Cortex A7 kini berjalan pada clock speed 800MHz ketimbang versi terdahulu pada 700Mhz.
  • Board Raspi V2 kini mendukung memori sebesar 1 gigabyte RAM, dua kali lipat ketimbang yang dulu.

Seperti sebelumnya, pengguna mesti menambahkan keyboardnya sendiri, sebuah kartu microSD yang berisi salinan sistem operasi, dan TV / monitor komputer untuk mulai memprogram. Tutup / casing yang digunakan pada versi sebelumnya juga support untuk versi baru ini.

"Kami rasa, untuk penggunaan umum, versi baru ini sekitar 6 kali lebih powerful," kata Eben Upton, pendiri dari Raspberry Pi Foundation

"Ini berarti sekarang Raspi benar-benar menjadi sebuah PC

"Anda dapat melakukan kebanyakan hal dengan Raspi yang baru seperti yang bisa Anda lakukan dengan sebuah PC. Anda bisa berselancar di Internet, bisa nonton video, main game seperti Minecraft. Tapi kamu juga melengkapi Raspi dengan tool yang dibutuhkan anak-anak dalam hal belajar bagaimana memprogram.

"Hal yang paling bagus adalah - terlepas dari dua peribahan tersebut - bahwa kami telah berhasil untuk tetap membuat semua hal lainnya sama.

"Sehingga, semua dari tutorial yang orang-orang telah buat selama beberapa tahun belakangan akan tetap berjalan pada perangkat yang baru ini. Ini hanya seperti memperluas jangkauan dari hal menarik yang anak-anak dapat lakukan."

Perangkat lunak yang telah ada sekarang akan dikompile ulang - berarti dikonversi ke bahasa yang dimengerti oleh CPU yang baru - untuk mendapatkan keuntungan terbaik dari pergantian ke prosesor multi-core.

Raspberry Pi 2 berukuran sama dengan versi umum, jadi akan cocok dengan casing yang sama

Raspberry Pi 2 bisa menjalankan berbagai macam sistem berbasis Linux secara langsung, tapi sang pembuat juga menjanjikan Raspi 2 akan mendukung sistem operasi terbaru yang akan diusung oleh Microsoft (Windows 10).

"Untuk enam bulan belakangan kami telah bekerja secara dekat dengan Microsoft untuk membawa Windows 10 yang akan datang ke Raspberry Pi 2. Microsoft akan dapat lebih banyak berbagi dalam beberapa bulan yang akan datang, "ditulis dalam sebuah pernyataan di blog resmi Raspberry Pi"

"Raspberry Pi 2 versi kompatibel dengan Windows 10 akan tersedia gratis untuk pembuat.:

Microsoft sendiri telah menulis pada topik.

"Kami melihat komunitas pembuat sebagai sebuah sumber luar biasa dari inovasi untuk perangkat terhubung pintar, yang merepresentasikan pondasi kemana arah gelombang komputasi akan bergerak, dan kami sangat senang menjadi bagian dari komunitas ini," tulis eksekutif Windows Kevin Dallas.

"Raspberry Pi dengan cepat menjadi salah satu platform favorit dari komunitas pembuat karena mereka (Raspi) punya kemampuan besar, berharga murah dan compute modulnya memungkinkan para pengembang untuk membawa visi mereka menjadi nyata."

'Garansi Sukses'

Kit baru - yang mana kebanyakan diproduksi di Bridgend, South Wales - menghabiskan $35/Rp. 445K.

Satu pengamat industri sangat optimis bahwa ini akan mengulang kesuksesan dari pendahulunya.

"Kesuksesannya telah dijamin - ada basis pengguna yang sudah sangat besar diluar sana, tapi yang lebih penting Raspberry Pi memiliki level pengenalan nama yang belum ada orang lain yang mampu menandingi," kata Chris Green, analis teknologi utama di konsultan Davies Murphy Group Europe.

"Pembuatnya terlihat memiliki penanganan yang benar-benar baik pada apa yang membuat perangkat tersebut benar-benar populer, keduanya untuk para hobbies begitu pula dengan orang-orang yang berkeinginan untuk menggunakannya dalam dunia pendidikan.

"Peningkatannya juga menyasar apa yang orang-orang telah tunggu - untuk tugas yang menggunakan grafis berat tambahan memori akan sangat membantu. Ia juga sangat berguna untuk media streaming, Anda akan merasakan pengalaman yang lebih lembut ketika memainkan video berdefinisi tinggi, dengan buffering yang lebih sedikit."

Mengalahkan Spectrum

Sekitar 4.5 juta unit dari Raspberry Pi sekarang telah terjual, menurut juragan Upton. Tapi ia menambahkan dirinya tidak percaya pasar sudah mulai jenuh.

"Sekarang kami menjual sekitar 200.000 setiap bulan," katanya.

"Kejutannya adalah bahwa orang-orang tidak hanya membeli satu Raspberry Pi.

"Ada banyak orang dengan lima atau enam. Dan kami pikir orang-orang tersebut secara alami menginginkannya.

"Kami sudah sangat-sangat dekat dengan ia sebagai komputer Inggris yang paling laris. Saya pikir setengah juta lainnya dan kami akan melampaui Sinclair Spectrum sebagai komputer Inggris yang paling laris."

Model A+ yang spesifikasinya lebih rendah, hanya dengan satu - bukan empat - port USB, masih tetap dijual pada kisaran Rp.101K/7euro.

-Dikutip dari BBC.com

5.035
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

adakah di jual satu paket tutorial dan Raspberry Pi, beserta komponennya untuk pembelajaran tentang Raspberry Pi?

Kita sedang usahakan untuk membuat ebook dan Raspberry Pi Learning Kit, namun sebelum selesai bisa dilihat-lihat dulu beberapa ulasan dan proyek sederhana yang ada di web ini... dan jangan sungkan untuk memposting di forum atau kolom komentar apabila ada yang ingin ditanyakan

HTSL://HIGH THINKING SIMPLE LIVING . ME

Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.