Anda di sini

Elektronika

Raspberry Pi - Mengatur Ukuran Gambar Pada Monitor

Aditya Suranata - 22 November 2015 10:38:26 0

Saat pertama kali kamu menyambung Raspberry Pi ke monitor, kamu mungkin mengalami beberapa text tidak dapat dibaca karena melewati layar, atau gambar tidak tampil memenuhi semua ruang yang ada pada layar.

Jika textnya melampau layar, gunakan tool raspi-config untuk mematikan overscan. Untuk melalukannya, jalankan raspi-config pada terminal dengan perintah berikut:

$ sudo raspi-config

Lalu gunakan tombol atas bawah dan kiri kanan pada keyboard untuk memilih menu overscan, dan matikan seperti terlihat pada gambar dibawah.

Jika masalahnya adalah terdapat border hitam disekeliling gambar, maka kamu bisa menguranginya (atau bahkan menghilangkan semuanya) dengan menyunting file /boot/config.txt menggunakan perintah:

$ sudo nano /boot/config.txt

Cari baris yang berhubungan dengan overscan. Empat baris yang perlu kamu rubah terlihat pada pertengahan gambar dibawah. Setiap baris agar dapat berfungsi perlu diingat untuk menghilangkan tanda # pada awal baris.

Lalu dengan trial and error coba ganti nilainya hingga tampilan layar mendapatkan tampilan terbaik.Perlu dicatat, keempat nomer bernilai negatif, jadi coba mulai dengan -20 dan lihat hasilnya.

4.147
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.