Anda di sini

Elektronika

Raspberry Pi Menggunakan Composite Video Monitor/TV

Aditya Suranata - 22 November 2015 10:27:38 0

Masalah

Tampilan text pada output composite video kamu tidak bagus. Kamu perlu mengatur resolusi dari Raspi untuk layar kecil.

Solusi

Raspi memiliki dua tipe video output, HDMI dan composite video. Dari keduanya HDMI memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Jadi jika kamu berkeinginan untuk menggunakan composite sebagai layar utama, kamu hendaknya memikirkannya lagi.

Jika kamu memang perlu layar kecil, maka kamu perlu melakukan sedikit konfigurasi pada file /boot/config.txt. Kamu bisa menyunting file ini pada Raspi dengan menggunakan perintah berikut:

$ sudo nano /boot/config.txt

ika textnya terlalu kecil untuk dapat dibaca dan kami tidak punya monitor HDMI, maka kamu juga bisa menyunting filenya di komputer lain dengan mencolokon SD Cardnya ke komputer. Kamu bisa menggunakan notepad atau text editor pada komputer untuk mulai menyunting.

Kamu perlu tahu berapa resolusi dari layar mu. Untuk beberapa layar kecil, biasanya 320 x 240 pixel. Temukan dua baris pada file yang terbaca:

#framebuffer_width=1280
#framebuffer_height=720

Hilangkan # dari awal setiap barus dan ganti nilai width dan heightnya sesuai dengan layar mu. Pada contoh berikut, baris tersebut telah dimodifikasi untuk ukuran 320 x 240:

framebuffer_width=320
framebuffer_height=240

Simpal filenya dan restart Raspi. Setelah itu ukuran layar akan menjadi lebih baik dan mudah dibaca.

7.806
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.