Anda di sini

Pemrograman

[Ringkasan] Mengenal Istilah Fungsi atau Method Dalam Program

Agus Ady Aryanto - 01 Desember 2015 22:11:17 0

Kalau menurut saya fungsi dan method itu merupakan dua hal yang sama dalam sebuah program yaitu hanya sebuah pernyataan. Kondisi pernyataan-pernyataan ini kemudian dirangkum dalam beberapa nama yang dapat digunakan atau dipanggil didalam program. Tujuan dari penggunaan fungsi ini ialah untuk mengefisienkan penulisan program dengan membagi - baginya menjadi subprogram yang kecil sehingga penulisan program menjadi tertata atau terstruktur rapi. Disamping itu juga akan menghemat ukuran program karena penulisan program yang sama sudah ditampung didalam satu fungsi, kemudian fungsi tersebut dapat dipanggil dan dijalankan berulang kali saat mengcompile suatu program. Perlu diketahui ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembutan sebuah fungsi sesuai dengan jenis fungsi tersebut. Sepengetahuan saya ada dua jenis fungsi yang ada yaitu fungsi yang dapat mengembalikan nilai dan fungsi yang tidak dapat mengembalikan nilai. Seperti contoh berikut ini :

  1. Fungsi yang tidak dapat memberikan nilai balik

2. Fungsi yang dapat memberikan nilai balik

Dari kedua jenis fungsi ini hampir memiliki kemiripan yang sama hanya membedakannya pengembalian nilai saja . Strukur penulisannya terdapat nama_fungsi, Argumen atau Parameter, Tipe data atau void. Kalau fungsi tanpa nilai balik mengunakan void tanpa ada pernyataan return sedangkan fungsi dengan nilai balik memiliki pernyataan return yang tergantung dengan tipe data yang digunakan. Perlu diingat argumen atau parameter tidak harus ada didalam sebuah fungsi. Kegunaan Argumen didalam sebuah fungsi ialah memberikan nilai yang harus dieksekusi dalam fungsi tersebut.

1.365
Image

Agus Ady Aryanto

Profil pujangga Komang Agus Ady Aryanto belum tersedia.

Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.