Anda di sini

Troubleshooting dan Problem Solving

[SOLVED] Cara Memperbaiki DVD Drive Asus yang Tidak Terdeteksi atau Driver Corrupt

Aditya Suranata - 13 November 2015 14:33:38 0

Kemarin saya mendapat telfon dari teman, dia mengeluhkan masalah pada Drive DVD laptop barunya (Slimtype DVD A DS8A8SH) tidak bisa digunakan untuk memutar DVD dan tiba-tiba menghilang dari My Computer. Sebelumnya saya mengira hanya bermasalah pada setingan autoplay dari Windowsnya, tapi setelah saya cek, masalahnya terlihat aneh, Drive DVDnya benar-benar menghilang dari My Computer, bahkan di Device Manager juga terlihat tanda seru dengan keterangan Driver dari DVD tersebut korup.

Padalah Windowsnya masih clean instal, tanpa ada tambahan aplikasi apapun, tetapi disana tertera Device Can not start, because the driver may be corrupted. Nah.. mulai lah perasaan ini menjadi gak enak Biggrin

Hmmm... karena waktu itu hari sudah malam dan saya kesana habis pulang ngampus, terpaksa saya bawa dulu laptopnya pulang untuk dicek dirumah. Setelah googling hampir sejam an, tanpa menemukan solusi hati pun jadi makin galau.. fiuhh... tapi walaupun mata sudah mengeluh ingin menutup jendelanya dan badan sudah terasa letih sekali :tired: saya tetap lanjutkan pencarian di beberapa forum langganan saya, dan akhirnya... voila..... memang selalu ada jalan untuk yang mau berusaha keras.. ciehh... :innocent: akhirnya saya nemu masalahnya apa, ternyata ada string pada registry yang membuat Windows kebingungan dengan driver dari DVD tersebut, yang aslinya normal tidak ada sakit apa jadi dibilang rusak... hmmm, oke biar gak terlalu panjang curhatnya, berikut ini adalah script terotomatisasi yang bisa digunakan sebagai obat penawar dari masalah ini, monggo di sedot jika membutuhkan Smile

'Kembalikan CD/DVD Drive ke Windows Explorer
'xp_cd_dvd_fix.vbs
Option Explicit
On Error Resume Next
Dim WshShell, Message
Set WshShell = WScript.CreateObject("WScript.Shell")
 
WshShell.RegDelete "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}\UpperFilters"
WshShell.RegDelete "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}\LowerFilters"
WshShell.RegDelete "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Cdr4_2K\"
WshShell.RegDelete "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Cdralw2k\"
WshShell.RegDelete "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Cdudf\"
WshShell.RegDelete "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\UdfReadr\"
 
Set WshShell = Nothing
Message = "Oke.. DVD Drive anda sekarang akan muncul lagi di Windows Explorer :-)" & vbCR
Message = Message & "Tapi sebelumnya restart dulu komputernya."
MsgBox Message, 4096,"Selesai!"

copy script diatas ke Notepad dan simpan dengan nama xp_cd_dvd_fix.vbs ingat ekstensinya .vbs kemudian klik kanan run as administrator. Selamat mencoba..

11.741
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.