Anda di sini

Pemrograman

Studi Kasus Logika Fuzzy: Dinner for Two

Kusuma Wardana - 22 November 2015 09:05:06 0

Studi Kasus

Karena hari ini Valentine, Romi ingin mengajak Juli dinner di suatu restoran. Sebelum berangkat dinner, Romi berpikir akan membagi kebahagiaannya pada malam ini kepada pelayan restoran dengan memberikan uang tip. Dia akan memberikan uang tip sebesar 5-25% dari total belanjanya. Besarnya uang tip akan dilihat dari tingkat PELAYANAN(service) dan kualitas MAKANAN (food) yang dihidangkan. Bantulah Romi untuk memutuskan besarnya uang tip yang akan diberikan kepada pelayan restoran, jika setelah menikmati hidangan dan fasilitas PELAYANAN Romi memberi nilai, sebagai berikut:

PELAYANAN = 7
MAKANAN = 8

Penilaian PELAYANAN dan MAKANAN berada pada rentang nilai 0-10. Ingat, kisaran uang tip adalah 5 - 25%. Adapun aturan pemberian tip yg ditetapkan oleh Romi adalah sebagai berikut:

  1. Jika PELAYANAN Jelek ATAU MAKANAN Tengik, maka Tip Rendah
  2. Jika PELAYANAN Sedang, maka Tip Standar
  3. Jika PELAYANAN Bagus ATAU MAKANAN Lezat, maka Tip Mahal

Berdasarkan kriteria-kriteria di atas, gunakanlah logika fuzzy untuk menyelesaikan kasus tersebut. Setelah itu, bandingkan hasilnya menggunakan software MATLAB.

dinner for two in fuzzy

Pembahasan

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan kasus di atas. Kita akan bagi menjadi lima tahapan, yaitu sebagai berikut:

  1. Membuat himpunan fuzzy dan input fuzzy
  2. Menerapkan operator fuzzy
  3. Menerapkan fungsi implikasi
  4. Mengkomposisikan semua output
  5. Defuzzyfication

Mari kita bahas satu per satu di halaman berikutnya...

7.923
Daftar Artikel Terkait
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.