Anda di sini

Pemrograman

[Tutorial] Cara Gampang Membuat Alarm Anti Maling

Agus Ady Aryanto - 04 Desember 2015 12:26:30 0
  • Alarm maling untuk rumah menggunakan sensor pir dan board arduino dengan biaya murah
  • Alarm maling untuk rumah menggunakan sensor pir dan board arduino dengan biaya murah

Alarm merupakan sebuah notifikasi untuk memberikan sebuah pesan pemberitahuan dengan mengeluarkan bunyi peringatan. Banyak jenis pesan yang dapat diartikan dalam alarm salah satunya yang kita bahas alarm untuk memperingatkan pemilik rumah akan adanya masalah keamanan. Permasalahan yang paling sering ditemukan dilapangan jika pemilik rumah meninggalkan rumahnya dalam keadaan sepi maka pemilik rumah akan merasa was - was dengan keadaan rumahnya. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan mencoba membuat sebuah model alat untuk mendeteksi adanya hal - hal yang mencurigakan didalam rumah.

Alat ini menggunakan sebuah sensor Passive Infra Red (PIR) untuk mengetahui perubahan pancaran sinar infra merah pada ruangan. Cara kerja dari sensor ini dengan menerima radiasi sinar infra merah dan tidak memancarkan sinar infra merah. Kalau secara media pembelajaran modul sensor PIR masih bisa digunakan untuk mengetahui perubahan pancaran inframerah dengan jarak deteksi maksimal 5 meter. Sensor PIR ini akan mengetahui keberadaan manusia melalui pancaran suhu tubuhnya karena panjang gelombang suhu tubuh manusia sangat khas. Pada artikel ini mungkin tidak akan dijelaskan secara detail mengenai teori dari Modul Sensor PIR ini, namun kita akan langsung praktek pembuatan alarm dengan memanfaatkan sensor pir. Langsung saja persiapakan bahan dan alat yang diperlukan seperti berikut ini :

  1. Board Arduino Uno R3 (1 buah)
  2. Modul Sensor PIR (1 buah)
  3. Buzzer (1 buah)
  4. Saklar (1 buah)
  5. Kabel
  6. Power Suplay

Jika bahan sudah siap, selanjutnya rancang skematik perangkat kerasnya dengan menggabungkan bahan - bahan yang tadi. Berikut ini contoh rancangan skematiknya :

Gambar 1 : Rancangan Skematik Perangkat Keras

Jika alat sudah dirakit sesuai dengan rancangan diatas, sekarang mari kita mulai untuk membuat program untuk ditananmkan pada mikrokontrolernya. Secara sederhana program yang dibangun memiliki alur kerja seperti alarm pada umumnya. Dengan memanfaatkan Saklar sebagai pengontrol untuk mengaktikan atau mengnonaktikan sistem secara menyeluruh. Berikut ini ketikan sintak yang ditanamkan pada mikrokontrolernya :

//deklarasikan pin yang digunakan
int pinBuzzer = 3;
int pinPir = 2; 
int pinSaklar = 4;
 
void setup() 
{ 
  //inisialisasi pin
  pinMode(pinBuzzer, OUTPUT); 
  pinMode(pinPir, INPUT); 
  pinMode(pinSaklar, INPUT); 
  delay(2000); 
} 
void loop() 
{ 
  int readSaklar = digitalRead(pinSaklar); //baca nilai dari saklar
  if(readSaklar == HIGH)  //kondisi dari nilai saklar jika bernilai high
  { 
    int readPir = digitalRead(pinPir); //baca nilai yang diberikan oleh sensor pir 
    if(readPir == HIGH)  //jika sensor pir mendeteksi adanya manusia dengan memberikan nilai  high
    { 
      digitalWrite(pinBuzzer, HIGH); //aktifkan buzzer
    } 
  }
  else
  {
    digitalWrite(pinBuzzer, LOW); //nonaktifkan buzzer
  } 
  delay(200); 
}

Sekian tutor kali ini mengenai alarm maling, untuk pengembangan kedepan bisa ditambahkan sistem real time yang langsung memberikan respon peringatan kepada si pemilik rumah dimana pun dia berada apabila terjadi hal-hal yang mencurigakan dalam rumah. Semoga bermanfaat sebagai bahan pelajaran dan terima kasih... bye....

40.497
Image

Agus Ady Aryanto

Profil pujangga Komang Agus Ady Aryanto belum tersedia.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.