Anda di sini

Troubleshooting dan Problem Solving

[TUTORIAL] Cara Memperbaiki Raspberry Pi Yang Tidak Mau Hidup

Aditya Suranata - 22 November 2015 10:48:09 2

Raspi.. faktanya adalah sebuah komputer, yang menggunakan media NaND Flash (Memori non-volatile) sebagai media penyimpanan data dan file-file sistem (SD Card). Hampir sama dengan harddisk pada komputer yang dapat rusak/korup apabila tidak ditangani dengan baik (mati paksa atau daya listrik tidak stabil). Raspi dianggap oleh orang awam sebagai alat embedded, yang mana banyak orang berfikir tidak masalah apabila dicabut colok seperti menyalakan atau mematikan TV. Inilah salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan Raspi Anda ngambek, atau tidak mau hidup/booting (lampu power menyala namun tidak terdapat aktifitas pada lampu indikator), diluar masalah-masalah lain yang sebenarnya sederhana untuk dipecahkan, namun dapat membuat Anda repot apabila tidak mengetahuinya. Berikut kami bagikan pengalaman kami dalam mengatasi Raspi yang ngambek karena berbagai alasan, langsung saja dari yang pertama:

1. Power adapter tidak memadai

Raspi dirancang untuk berjalan pada catu daya > 700mA dengan tegangan 5V. Ada banyak catu daya yang bilang dirinya dapat menyuplai arus > 1A, namun nyatanya tidak lebih dari 500mA (beberapa charger HP atau adapter CE/Chinese Export murah meriah). Maka dari itu, untuk memastikan raspi Anda tidak ngambek karena kekurangan daya, coba ganti power adapternya dengan yang sudah pasti (bisa pakai charger smartphone yang bagus). Note: jangan pernah menyalakan Raspi Anda dari port USB laptop / komputer. Meskipun terkadang bisa hidup, tapi hidupnya hidup menunggu untuk mengkorupkan dirinya sendiri, trust me..

2. Slot SD Card Longgar

Sudah menjadi takdir... apapun yang seling dicolok cabut akan menjadi longgar, begitu pula dengan slot SD Card Raspi. Biasanya slotnya akan mulai mengendor, dan tidak dapat menopang SD Card Anda. Caranya, coba amati slot SD Card Raspi, bila ada pin yang kendor coba tarik sedikit untuk mengencangkan. Namun hati-hati, jangan terlalu keras nanti patah tambah brabe... Jangan lupa bersihkan dari kotoran tangan setelah memberbaki. Bersihkan dengan tisu kering.

3. Adapter SD Card Rusak

Adapter SD Card (konverter dari microSD ke SD Card) juga gampang rusak. Kebanyakan SD Card yang murah dan CE menggunakan material yang buruk pada terminal adapter SD Card mereka. Jadi microSD Anda tidak dapat terhubung dengan baik ke slot SD Card Raspi dan menyebabkan Raspi tidak mau hidup. Coba ganti adapternya dengan yang lain, atau bersihkan terminalnya dengan tisu yang dibasahi dengan cairan pembersih alat elektronik.

4. Alat USB yang Terpasang Bermasalah

USB yang Anda pasang juga dapat menjadi penyebab, coba cabut dulu semua yang terhubung ke USB untuk memastikan USB bukan pelakunya...

5. File System Corrupt

Masalah yang paling sering terjadi, karena power supply tidak bagus dan sering mati paksa. Solusinya cabut SD Card dari Raspi dan colokan ke Laptop atau komputer yang ada Card Reader dan Sistem Operasinya Ubuntu / Debian. Ketik perintah ini di terminal:

sudo e2fsck -f -C 0 /dev/mmcblk0p2
sudo dosfsck -w -r -l -a -v -t /dev/mmcblk0p1

Setelah itu eject, dan coba kembali di Raspi... jika tetap tidak mau maka Anda perlu menulis image baru ke SD Card (instal ulang) dengan resiko file hilang.

6. Raspi Kesepian

Ya kesepian alias minta dibelikan adik baru.... laugh

kidding jeck, menurut pengalaman kami-kami disini, 5 masalah diataslah yang paling sering buat Raspi kami ngambek. Semoga bisa membantu... jika ada masalah jangan malu untuk diskusi.

6.770
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Saya punya raspberry pi, sebelumnya menyala seperti biasa, normal dan bahkan saya sudah coba progrma beberaoa. tapi saya coba untuk memasang senseHat di atasnya, setelah itu raspberry nggak booting lagi. Lampu sense hat yang harusnya menyala agak lama ketika raspberry di nyalakan, punya saya malah langsung mati, jadi seperti flash kamera. saya ingin tanyakan apakah raspberry ini rusak atau bagaimana. ini kejadian yang kedua kalinya. mohon pencerahannya.

Halo mas,

Untuk masalah seperti itu biasanya power supplynya. Mas pakai rating berapa untuk power supplynya? Biasanya Raspberry Pi 3 perlu 2.5 Ampere minimal. Coba diganti power supplynya pakai yang rating arusnya agak lebih tinggi.

Untuk troubleshooting, apabila masih tidak mau saat udah ganti power supply, bisa dicoba flash ulang microSDnya, karna kemungkinan sistemnya udah korup gara-gara kurang daya.

Sebagai catatan, Raspberry Pi 3 pada umumnya tidak gampang rusak apabila penggunaan normal. Yang menyebabkan Raspi terkesan rusak / tidak mau booting paling sering itu masalah power supply yg tidak cocok dan microSD yang korup.

Demikian semoga membantu Nea

HTSL://HIGH THINKING SIMPLE LIVING . ME

Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.