Anda di sini

Instalasi dan Konfigurasi

[TUTORIAL] Instalasi Eclipse Untuk Pemrogram Aplikasi Android

Agus Ady Aryanto - 21 November 2015 23:56:04 0

Untuk melakukan instalasi harus menyediakan beberapa Spesifikasi yang harus dipenuhi seperti Hardware dan Software agar dalam pembuatan program dengan Eclipse dapat berjalan dengan baik dan lancar tidak ada lagi gangguan secara teknis. Ok...langsung saja ke TKP, dimulai dari Hardware dan dilanjutkan dengan Softwarenya.

Hardware

  • Harddisk minimal 3.5 Gb, Yang akan berfungsi untuk meyimpan Tools dan Framework installer yang diperlukan untuk development Aplikasi Android.
  • Memori minimal 2 Gb, Sehingga dalam pembuatan dan proses Debug Aplikasi berjalan dengan baik. PENTING : Besar memori yang diperlukan menyesuaikan dengan SDK yang akan digunakan.

Software

  • Install Java SDK (Software Development Kit), Umunnya didalam SDK ada Java JDK & Java JRE. Kalau belum ada dapat di Download (https://jdk7.java.net/download.html).
  • Install AndroidSDK, Nanti berfungsi sebagai sebuah library dari Eclipse dan Emulator dapat di Download pada alamat(http://developer.android.com/sdk/index.html). Selesai mendownload SDK tinggal diekstrak kemudian bukalah file SDK Manager untuk Menginstall versi SDK yang ingin ditambahkan. PENTING : Tidak harus semua SDK diinstall disesuaikan dengan Kebutuhan dan untuk mengistallnya harus Online dengan kecepatan internet yang tinggi. Gambar AndroidSDK saat melakukan installation :
  1. Jika SDK sudah terbuka maka akan tampil dan terlihat seperti berikut ini, kemudian pilih versinya yang ingin diinstal dan klik tombol Instal package.
  2. Kemudian tambahkan alamat URL https://dl-ssl.google.com/android/eclipse centang semuanya dan klik next
  3. Kemudian Next
  4. Terakhir pilih Accept dan Finish, biar proses Instalation Berjalan dan Tunggu.|
  5. Selanjutnya untuk menjalankan aplikasi Android yang telah dibuat, dapat menggunakan AVD (Android Virtual Device) atau sebuah virtual mesin. Berikut cara membuatnya :
  6. Buka Eclipse -> Windows -> Android Virtual Device Manager
  7. Akan tampil seperti berikut ini, disini tinggal diklik Create untuk membuat dan lakukan konfigurasi dengan menambahkan versi SDK yang telah diinstall

    Sekian sedikit Tutorial mengenai Instalasi Eclipse dan semoga dapat bermanfaat. Pada konten berikutnya akan dijelaskan sedikit mengenai jendela kerja pada Eclipse. Terima kasih bye..
32.138
Image

Agus Ady Aryanto

Profil pujangga Komang Agus Ady Aryanto belum tersedia.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.