Anda di sini

Pemrograman

[TUTORIAL - LENGKAP] Pemrograman Processing

Kusuma Wardana - 29 November 2015 11:27:48 0

Processing... Menarik untuk Diketahui

Processing dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pemrograman grafis yang bersifat interaktif. Processing adalah software yang sangat cocok digunakan untuk membuat gambar, animasi dan interaksi. Tujuan lainnya saat awal software ini diinisiasi adalah bagaimana membuat bahasa pemrograman untuk pengajaran di bidang seni dan desain kepada para siswa di bidang pemrograman grafis. Ide pembuatan Processing diawali sejak tahun 2001. Para pendiri Processing berusaha mencari cara yang lebih baik dalam pembuatan skrip program yang saat itu cukup rumit jika direalisasikan dengan Bahasa Pemrograman C++. Processing lebih fokus pada grafis dan interaksi ketimbang pada struktur data.

Processing versi alpha dirilis pada Agustus 2002 sampai April 2005. Selanjutnya, versi beta dirilis kepada publik sampai tahun 2008. Selama masa itu, software Processing digunakan dalam proses pembelajaran dan ribuan orang diseluruh dunia. Berbagai masukan dan revisi dari berbagai pihak telah dilakukan untuk proses penyempurnaan. Selama perkembangannya, pada pendiri Processing membuat berbagai ekstensi yang dikenal sebagai pustaka (library), yang memungkinkan berbagai aplikasi dapat dikembangkan lebih jauh dengan menggunakan Processing. Saat ini, telah dibuat ratusan pustaka yang dapat menghubungkan Processing dengan berbagai bidang, seperti komputer visi, pengolahan suara, video, data/network, perangkat keras (misalnya mouse, keyboard, tablet) dan sebagainya. Pada tanggal 29 Nopember 2008, tim merilis versi 1.0 sebagai versi pemrograman yang stabil.

Pendiri Processing adalah Ben Fry dan Casey Reas. Dalam perkembangannya, Processing telah didukung oleh berbagai komunitas. Komunitas ini berperan dalam pembuatan berbagai pustaka dan menjadikan Processing menjadi salah satu bahasa pemrograman grafis yang mulai banyak digunakan.

Ilustrasi dalam pemrograman Processing adalah sebagai berikut. Kita menulis sebaris skrip program untuk dapat menampilkan sebuah objek lingkaran pada layar. Dengan menambahkan beberapa baris program saja, kita dapat menggerakkan lingkaran tersebut sesuai dengan pergerakkan mouse. Beberapa tambahan baris program selanjutnya dapat mengubah warna lingkaran saat mouse ditekan. Menarik, bukan? Selain lingkaran, kita dapat membuat objek apapun sesuai dengan kreasi kita. Berdasarkan ilustrasi tersebut, pemrograman Processing diawali dari sebuah baris, ditambahkan dengan beberapa baris program yang lain, ditambahkan kembali baris yang lain, dan begitu seterusnya. Proses ini dikenal sebagai sketching program.

Sketching adalah sebuah proses berpikir. Tujuan dasarnya adalah mengekplorasi berbagai ide dan merealisasikannya dalam waktu yang singkat. Kita dapat mulai membuat sketsa di atas kertas. Dari sketsa kertas, kita dapat memindahkannya ke sketsa software. Kumpulan dari sketsa software dapat dipilih untuk membentuk sebuah purwarupa (prototype). Kedua proses ini dikenal sebagai Sketching and Prototyping. Berikut situs resmi Processing: www.processing.org

Beberapa karya yang dibuat menggunakan Processing:

Sumber gambar disini

Sumber gambar disini

Processing dan Arduino

Bagi kita yang mendalami pemrograman Arduino, Processing sangatlah kompatibel. Kita dapat membuat aplikasi yang sangat menarik. Kita dapat membuat animasi yang atraktif dengan input sensor dari Arduino. Kita juga dapat membuat game yang unik dengan antarmuka Arduino. Pada Artikel-artikel selanjutnya, tutorkeren.com akan mengulas banyak tentang interaksi antara Processing dan Arduino.

Sumber gambar disini

Sumber gambar disini

Sumber gambar disini

9.492
Daftar Artikel Terkait
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.