Anda di sini

Pemrograman

[TUTORIAL] Membuat Animasi pada Pemrograman Processing (Part-1)

Kusuma Wardana - 08 Desember 2015 10:33:37 0

Membuat Animasi Pemantulan Bola

Pada pertemuan ini, kita akan membuat animasi pemantulan bola. Bukalah program Processing dan ketiklah skrip di bawah ini. Penjelasan setiap baris telah dituliskan di dalam program.

//inisialisasi posisi-x
int nilaiX = 40; 
//inisialisasi posisi-y
int nilaiY = 40;
//inisialisasi arah-x
int arahX = 3; 
//inisialisasi arah-y
int arahY = 3;                     

void setup()
{
  // buat layar 500 x 300 px
  size(500, 300);  
}

void draw ()
{
  // hapus gambar lama dan ganti dgn yg baru
  background(0);
  // buat lingkaran berwarna hijau
  fill(0, 255, 0);
  // lingkaran tanpa garis
  noStroke();
  // gambar lingkaran
  ellipse(nilaiX, nilaiY, 40, 40);   
  // update posisi baru-x
  nilaiX = nilaiX + arahX;  
  // cek jika bola membentur dinding kanan-kiri
  if (nilaiX>width-20 || nilaiX<20)  
  {
    // jika membentur, balikkan arah x
    arahX = arahX*-1;                
  }
  // update posisi baru-y
  nilaiY = nilaiY + arahY;                
  // cek jika bola membentur dinding atas-bawah
  if (nilaiY>height-20 || nilaiY<20) 
  {
    // jika membentur, balikkan arah y
    arahY = arahY*-1;                
  }
}

9.895
Daftar Artikel Terkait
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.