Anda di sini

Elektronika

[TUTORIAL] Mengisi Bootloader pada Arduino

Kusuma Wardana - 21 Juli 2016 09:49:01 0

Pendahuluan

Jika kita berselancar di internet, maka kita akan menemukan berbagai cara untuk mengisi bootloader pada Arduino. Pada tutorial ini, kita akan menggunakan cara yang menurut Penulis paling mudah untuk dilakukan. Namun demikian, kita harus mempersiapkan DUA buah papan Arduino. Kita akan menggunakan Arduino UNO sebagai contoh.

Unggah Program ArduinoISP

Pertama, persiapkan Arduino pertama. Arduino ini yang akan dimasukkan Sketch ArduinoISP. Sesuikanlah dengan jenis board dan port COM yang digunakan. JIka sudah diset, maka unggahlah program ArduinoISP ke Arduino pertama ini. Sketch ArduinoISP bisa didapatkan dari: File > Examples > ArduinoISP. Amatilah Gambar 1.

Gambar 1. Unggah Program ArduinoISP

Konfigurasi Kedua Papan Arduino

Setelah selesai mengisi sketch ArduinoISP pada papan pertama, maka selanjutnya ambillah papan kedua, dan konfigurasilah seperti Gambar 2.

Gambar 2. Konfigurasi Papan Arduino

Konfigurasi koneksi Arduino Pertama (berisi ArduinoISP) dan Arduino kedua (target) dirangkum pada tabel berikut:

Arduino PertamaArduino Target
5V5V
GNDGND
D10 (SS)Reset
D11 (MOSI)D11
D12 (MISO)D12
D13 (SCK)D13

Unggah Bootloader ke Arduino Target

Setinglah Programmer yang digunakan menjadi Arduino as ISP, dengan mencari Tools > Programmer > Arduino as ISP, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3.

Gambar 3. Konfigurasi Papan Programmer

Sekarang kita siap memasukkan bootloader ke papan target. Lakukanlah dengan cara memilih Tools > Burn Bootloader, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4.

Gambar 4. Mengisi Bootloader

Jika telah sukses, maka mikrokontroler kita sudah terisi bootloader. Selanjutnya, dapat kita gunakan sesuai kebutuhan. Demikian tutorial kali ini, semoga tutorial ini bermanfaat Smile

3.152
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.