Anda di sini

Elektronika

[TUTORIAL] Rangkain LCD 3 Wire Pada Papan Arduino

Agus Ady Aryanto - 22 November 2015 00:28:55 0

Liquid Crystal Display atau sering disebut dengan nama LCD merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menampilkan informasi dari sistem. LCD memiliki peran yang sangat penting bagi user dikarenakan LCD dapat memberikan tampilaninterface mengenai sistem yang sedang berjalan, sehingga user menjadi sangat terbantu dalam pekerjaannya. Dalam perancangan sebuah alat yang menerapkan mikrokontroler sebagai Otaknya biasanya akan menggunakan sebuah LCD sebagai interface untuk user.

Berdasarkan panjang data antarmuka LCD dibedakan menjadi 2 jenis yaitu, antarmuka 4 bit dan antarmuka 8 bit. Namun, dalam perancangan LCD akan memerlukan banyak pin dari mikrokontroler. Itu karena, LCD memiliki banyak pin dengan fungsinya masing-masing yang diperlukan untuk mensupport kinerja dari LCD. Untuk menjalakan LCD dengan mikrokontroler biasanya akan membutuhkan perangkat sebuah variable resistor untuk mengatur tengangan kontras pada matriks LCD.

Pada eksperimen yang akan kita buat kali ini menggunakan LCD 16*2 yang artinya LCD memiliki 16 kolom dan 2 baris karakter. LCD jenis ini memliki 16 pin yang akan dirangkai dengan papan tunggal mikrokontroler Arduino. Namun, hanya 6 pin yang akan masuk kedalam pin digital dari Arduino. Masalah yang akan kita temukan jika LCD dirangkai dengan Arduino Uno yang hanya memiliki 14 pin digital itu berarti separuh dari pin Arduino ini sudah terpakai hanya untuk menyalahkan sebuah LCD. Bayangkan saja jika kita ingin membangun sebuah alat dengan rangkaian yang kompleks yang memerlukan banyak pin dari Arduino maka sudah pasti akan kekurangan pin. Solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah seperti ini adalah dengan memanfaatkan IC Shift Register Serial In Parallel Out 74HC595. Jika kita menggunakan IC ini untuk merangkai LCD dengan Arduino Uno maka penggunaan pin digital dari Arduino hanya 3 pin saja.

IC Shift Register Serial In Parallel Out 74HC595 berkerja dengan cara mengirim data berbeda tiap clock secara serial dan setiap data perclock dikeluarkan secara paralel. Dengan begitu LCD yang memerlukan banyak pin dari Arduino akan dapat diatasi dengan memanfaatkan fungsi dari IC ini. Berikut ini contoh rangkaian skematik LCD dengan IC 74HC595 pada Arduino :

Pada rangkaian diatas menggunakan bahan-bahan seperti :

  • Papan Arduino
  • LCD
  • IC 74HC595
  • Variable resistor
  • Kabel jumper

Berikut ini sintak LCD pada Arduino IDE, sedangkan untuk library ShiftLCD dapat didownload disini.

#include<ShiftLCD.h> 
ShiftLCD lcd(2,3,4); 
int data; 
void setup()
{  
    lcd.begin(16,2);
    lcd.print("Hello Word");
    delay(3000); 
}
 
void loop()
{
    lcd.clear(); 
    lcd.print(millis()/1000);
    lcd.setCursor(1,1);
    lcd.print("Miarana");
}

Sekian eksperimennya kali ini semoga bermanfaat dan Terima kasih.. bye..

4.512
Image

Agus Ady Aryanto

Profil pujangga Komang Agus Ady Aryanto belum tersedia.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.