Anda di sini

Pemrograman

[Ulasan] Komunikasi Realtime Pada Teknologi Web Dalam Dunia Robotika

Aditya Suranata - 20 November 2015 16:41:31 0

Aplikasi robotika umumnya memerlukan koneksi yang low-latency antara klien ke server dan sebaliknya agar dapat melakukan respon cepat terhadap perintah atau dalam menjalankan tugasnya. Dalam teknologi web yang kini telah berkembang begitu pesat, ada paradigma umum pada protokol HTTP yaitu paradigma request/response (permintaan/respon).

Klien memuat halaman web dan kemudian tidak ada yang terjadi hingga pengguna mengklik untuk berpindah halaman. Sekitar tahun 2005, teknologi Asynchronous JavaScript and XML (AJAX) mulai muncul untuk membuat rasa dari teknologi web lebih dinamis. Namun tetap, semua komunikasi HTTP masih dikendalikan oleh klien, yang mana memerlukan interaksi dengan pengguna atau polling dalam periode tertentu untuk memuat data baru dari server.

Teknologi yang memungkinkan server untuk mengirim data ke klien di saat ketika server mengetahui adanya data baru telah ada selama beberapa waktu. Teknologi tersebut seperti "Push" atau "Comet". Satu dari sekian banyak teknik untuk membuat ilusi dari server yang memulai koneksi dinamakan long polling. Dengan menggunakan long polling, klien membuka koneksi HTTP ke server yang tetap terbuka hingga pengiriman respon. Ketika server benar-benar memiliki data baru, server mengirim responnya (teknik lain melibatkan permintaan Flash, XHR multipart yang kemudian disebut htmlfiles). Contohnya seperti aplikasi yang banyak orang gunakan sehari-hari yaitu Gmail chat.

Namun, semua teknologi yang telah ada tersebut membagi satu masalah yaitu masih membawa overhead dari protokol HTTP, yang mana membuatnya tidak cocok dengan penerapan yang memerlukan latency rendah. Sebagai contoh, antarmuka untuk pengontrol robot melalui web browser atau permainan online multi-pengguna dengan segala macam komponen mereka yang memerlukan kinerja realtime.

1.165
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.