Anda di sini

Elektronika

Bug 'Camera Shy' Menyebabkan Raspberry Pi 2 Mati Mendadak Setelah Terpapar Sinar Flash Kamera

Aditya Suranata - 21 November 2015 19:06:32 0

Dirilisnya Raspberry Pi 2 membuat kehebohan besar beberapa hari belakangan, penyebab terbesarnya adalah karena spesifikasi tinggi yang diusung pada versi 2 namun tetap dengan harga yang sama dengan versi sebelumnya. Bahkan Microsoft ikut turun tangan dalam dunia Raspberry Pi dengan menawarkan versi gratis dari Windows 10 kepada pengguna Raspberry Pi 2.

Namun sayangnya untuk pemiliki Raspberry Pi 2 yang ingin membuat foto dari perangkat mereka, banyak yang mengalami masalah aneh setelah Raspberry Pi 2 mereka terpapar sinar Xenon flash dari kamera. Raspberry Pi 2 seperti menjadi terlalu sensitif hingga langsung mati sendiri ketika terpapar flash kamera. Flash yang dimaksud adalah flash bertipe Xenon flash seperti yang terdapat pada kamera lama dan DSLR, buka LED flash pada smartphone.

Umumnya sebuah chip komputer dapat menjadi fotosensitif, tapi kebanyakan dari manufaktur telah membuat langkah untuk mencegah dan memastikan efek tersebut diminimalisir dan dihindari. Pada kasus spesifik, sepertinya chip yang terpapar pada Raspi 2 adalah chip pada catu dayanya, sepertinya mengarah ke masalah kualitas medium yang digunakan pada proses manufaktur Raspi 2 dan diharapkan dapat dipecahkan pada pembuatan produksi selanjutnya.

Meskipun terdapat beberapa pengguna yang melapor di Forum Raspberry mengenai masalah mereka, namun hingga artikel ini diterbitkan, belum terdapat konfirmasi resmi dari pihak Raspberry Foundation perusahaan nirlaba yang membuat Raspberry Pi mengenai masalah ini.

Dikutip dari, Neowin

1.258
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.