Anda di sini

Elektronika

Cara Kerja Robot dengan Platform Govinda Rover

Aditya Suranata - 21 Februari 2016 00:15:12 0

Gambar 3.12 menampilkan cara kerja dasar dari platform Govinda Rover. Robot yang telah tertanam platform ini ketika dinyalakan akan secara otomatis menghubungkan diri melalui jaringan Wi-Fi rumah yang telah diatur sebelumnya. Perangkat pengendali seperti komputer laptop, tablet maupun ponsel pintar yang memiliki koneksi Wi-Fi dapat menghubungkan diri ke jaringan yang sama dimana robot terhubung dan mulai menggunakan robot dengan cara membuka web browser dan masuk ke alamat antarmuka robot yang telah diatur sebelumnya.

Gambar 3.12 Cara Kerja Platform Govinda Rover

Perangkat pengontrol yang berada diluar rumah juga dapat melakukan pengontrolan melalui jaringan Internet, pertama port dimana server robot berjalan (default HTTP 80) harus diteruskan melalui router Wi-Fi Internet rumah ke alamat IP robot, kemudian pengguna dapat mengakses robot dengan cara masuk ke alamat IP Publik dari koneksi Internet rumah atau melalui domain dengan layanan Dynamic DNS (DDNS).

Flow Chart Penggunaan Sistem

Pada Gambar 3.13 dipaparkan alur penggunaan sistem secara umum. Mulai dari pengguna menyalakan robot yang telah diset sebelumnya, tahap pertama adalah sistem software server pada robot akan mulai berjalan ketika start-up, dan melakukan inisialisasi awal seperti menghubungkan diri ke jaringan dan mempersiapkan layanan. Setelah inisialisasi selesai, pengguna dapat membuka web browser dan masuk ke alamat robot yang telah diset sebelumnya. Selanjutnya muncul halaman otentikasi dimana pengguna harus mengisi data login diantaranya nama pengguna, sandi dan role.

Dengan mengklik tombol "Masuk" pada antarmuka, selanjutnya sistem akan mengecek data login pengguna dan akan menanyakan kembali apabila data yang diminta tidak valid. Jika data yang diminta valid, atau pengguna telah terotentikasi, sistem akan mengeset atribut pengguna seperti ID koneksi dan role. Apabila role pengguna bukan controller, pengguna akan dialihkan ke halaman antarmuka untuk viewer. Halaman antarmuka untuk viewer hanya dapat melihat umpan balik dari sistem sesuai perintah pengguna dengan role controller. Jika role pengguna adalah controller, pengguna dapat mengontrol keseluruhan fungsi robot melalui antarmuka. Pengguna dengan role controller mengirim perintah, sistem memberikan umpan balik dengan menampilkan feedback pada antarmuka, baik ke pengguna dengan role controller, maupun viewer.

Apabila pengguna dengan role controller keluar dari sistem (menutup web browser atau terputus dari server) dan tidak ada pengguna dengan role controller yang sedang logged in di server, maka layanan akan dihentikan untuk pengguna dengan role viewer, dan rutin pada server akan menjalankan fungsi pembersihan seperti penghapusan data klien yang terputus, pengesetan flag serta penghentian proses yang tidak seharusnya bekerja tanpa ada pengguna dengan role controller sedang logged in ke server.

1.300
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.