Anda di sini

Instalasi dan Konfigurasi

Cara Memprogram NodeMCU dengan Arduino IDE

Aditya Suranata - 03 September 2017 15:50:59 0

Di TutorKeren.com tentunya banyak terdapat turorial dan catatan kecil yang melibatkan NodeMCU. Maka dari itu, saya rasa perlu membuat catatan kecil lainnya yang membahas tentang persiapan dan keperluan yang harus diurus sebelum bisa mengikuti tutorial-tutorial yang berisi proses pemrograman NodeMCU pada tahapannya. NodeMCU diprogram menggunakan banyak tools, aslinya menggunakan bahasa Lua, tetapi kebanyakan menggunakan Arduino IDE karena dirasa lebih umum dan mudah.

Untuk itu, pada catatan kecil ini saya akan membahas bagaimana cara, dan apa saja persiapannya untuk dapat mulai mempogram NodeMCU melalui komputer atau laptop. Agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, saya selalu berusaha untuk mengikuti acuan dari dokumentasi resmi, dan untuk NodeMCU dengan Arduino IDE halaman dokumentasi resminya dapat diakses melalui tautan berikut: https://github.com/esp8266/Arduino

Langsung saja, kita mulai tahap demi tahap bagaimana mempersiapkan komputer kita agar dapat digunakan untuk memprogram NodeMCU melalui Arduino IDE. Sebagai catatan, tutorial ini berlaku untuk pengguna Windows 7, 8, 10 baik 32 maupun 64bit.

  1. Download Arduino versi terbaru melalui tautan berikut: https://www.arduino.cc/en/Main/Software pastikan kalian mengunduh versi bit yang tepat. Caranya untuk mengetahui berapa versi bit dari Windows yg kalian pakai, kalian bisa cek caranya dari situs resmu Microsoft: https://support.microsoft.com/en-us/help/827218/how-to-determine-whether...
  2. Setelah selesai mendownload, langsung Install dengan settingan bawaan hingga selesai.
  3. Buka Arduino IDE, kemudian klik File > Preferences > Additional Boards Manager URLs.
  4. Paste pada field itu link ini: http://arduino.esp8266.com/versions/2.3.0/package_esp8266com_index.json
  5. Klik OK.
  6. Kemudian, klik Tools > Board [...] > Board Managers...
  7. Pada field filter, ketik esp8266 maka selanjutnya akan muncul nama librarynya esp8266 by ESP8266 Community.
  8. Pilih versi 2.3.0 kemudian klik install.
  9. Tunggu sekitar satu jam-an, tergantung koneksi Internet. Total paket yang harus diunduh lumayan besar, sekitar 200-300MB.
  10. Setelah selesai mengunduh, close, dan buka ulang Arduino IDE.

Kalian selanjutnya dapat langsung mencoba memprogram NodeMCU kalian, langkah-langkah final:

  1. Pilih boardnya menjadi ESP8266, klik Tools > (Geser kebawah) Pilih NodeMCU 1.0 (ESP-12E Module)
  2. Pilih nomer port COM, klik Tools > Port > COMxx , caranya mengetahui berapa portnya coba lihat dari device manager, klik Start > ketik di kolom search Device Manager > expand Port Serial, disana akan terlihat berapa nomer portnya.
  3. Coba tutorial ini untuk membuat lampu NodeMCU berkedip-kedip.

Oke, kalian telah siap untuk memainkan NodeMCU kalian... bisa dicoba beberapa tutorial menarik di TutorKeren.com yang menggunakan NodeMCU, seperti kontrol lampu rumah melalui WiFi Android, Remote Control, dan banyak lagi yang lainnya.

*** Update 8 September 2017

Terdapat beberapa library penting yang harus kalian miliki, maka dari itu silahkan download file library yang penting itu pada link lampiran di bawah. Ekstrak isinya ke My Document / Arduino / libraries apabila folder libraries belum ada di dalam folder Arduino di My Document maka kalian harus membuatnya dulu lalu paste semua folder yang diekstrak tadi.

Demikian catatan singkat nan sederhana ini. Semoga terbantu Emo 58

Produk Terkait
[Jual][Murah] NodeMCU Lua R2 ESP8266 WiFi Board Original...

[Jual][Murah] NodeMCU Lua R2 ESP8266 WiFi Board Original...

CMP131216-2

NodeMCU Lua R2 ESP8266 WiFi Board Original Amica merupakan microcontroller development board yang dilengkapi dengan WiFi banyak digunakan untuk...

95,000 IDR Beli

[Jual][Murah] Arduino Uno R3 Microcontroller Development...

[Jual][Murah] Arduino Uno R3 Microcontroller Development...

CMP131216-1

Arduino Uno R3 Microcontroller + USB Cable. Desain board ini menggunakan desain original made in Italy sehingga kompatible dengan berbagai add-on...

110,000 IDR Beli

1.169
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.