Anda di sini

Instalasi dan Konfigurasi

Cara Menghubungkan Raspberry Ke Wi-Fi Tanpa SSID (Hidden / Non Broadcast)

Aditya Suranata - 17 Maret 2016 23:27:03 0

Ane kali ini buat proyek yang melibatkan lumayan banyak Raspi, kali ini melibatkan sekitar satu peleton Raspi. Masing-masing terhubung ke AP pusat untuk membuka aplikasi yang berbasis jaringan (networked), nah berhubung ini APnya dikonfigurasi menggunakan hidden SSID sama kang adminya (Wi-Fi yang menyala tapi namanya tidak kelihatan, dan harus diketik manual kalau ingin konek kesitu), mulailah terjadi kebingungan di kepala ane. Ane searching-searching tidak ketemu juga solusinya, bukannya tidak ketemu sih, ketemu tapi bukan solusi yang paling baik dan paling stabil. Maksudnya solusi-solusi tersebut banyak yang tidak standar, dan bisa menyebabkan masalah dilain waktu karena merubah standar sistem (ane pakai Raspbian Jessie yang masih murni aka perawan).

Karena sudah mumet buka-buka dan baca-baca forum, ane kembali ke jalur awal... masuk ke halaman dokumentasi asli dari program yang menangani urusan jaringan wireless di Raspi, yaitu: wpa_supplicant. Singkatnya disana ane mendapatkan pencerahan mengenai parameter apa saja yang harus disiapkan dan diseting agar bisa menghubungan Raspi ke jaringan Wi-Fi hidden SSID.

Dan ternyata saudara-saudara,,, caranya lagi-lagi sangat simpel (syukur ya Tuhan), kita hanya perlu menambahkan satu line tambahan dari output wpa_passphrase yaitu scan_ssid = 1. Bingung? oke maaf ini ane ngetiknya sambil ngelantur karena mata sudah 5 watt. hehheh... tapi berhubung ane pengen mengabadikan temuan ini untuk kebaikan kita semua yang membutuhkan jadi ane tulis saja seperti langkah berikut:

Menghubung ke jaringan Wi-Fi dengan hidden SSID

1. Generate konfigurasi wpa_supplicant menggunakan wpa_passphrase, ganti ssid dengan nama Wi-Fi mu dan sandi dengan passwordnya.

$ wpa_passphrase ssid sandi

Perhatikan jika nama atau sandi ada karakter spasinya, gunakan tanda petik dua untuk mengapit, misal wpa_passphrase "TP Link" katasandi.

2. Buka file konfigurasi /etc/wpa_supplicant/wpa_supplicant.conf

$ sudo nano /etc/wpa_supplicant/wpa_supplicant.conf

3. Di bawah baris update_config=1 paste hasilnya, dan tambahkan scan_ssid=1, sehingga menjadi

network={
ssid="TP Link"
#psk="katasandi"
psk=59e0d07fa4c7741797a4e394f38a5c321e3bed51d54ad5fcbd3f84bc7415d73d
scan_ssid=1
}

4. Simpan dan restart iface wlan, sesuaikan nama wlan mu, bisa saja wlan0, wlan1, wlan2, gunakan sudo ifconfig -a untuk melihat.

$ sudo ifdown wlan0 && sudo ifup wlan0 && sudo ddclient wlan0

Pertama ifdown untuk mematikan wlan, kemudian ifup untuk menyalakan, nah pas ini wpa_supplicant akan terpicu otomatis untuk menyambungkan diri kejaringan. Setelah berhasil minta konfigurasi DHCP menggunakan ddclient wlan0. Untuk memulai otomatis kamu bisa menambahkan perintah ini di file /etc/rc.local, tapi tanpa sudo karena di rc.local perintah akan dijalankan sebagai root secara otomatis.

Sekian, sesungguhnya seting jaringan di Rapsi sudah serba otomatis, kita tinggal baca dokumentasi yang ada. Tapi terkadang karena males baca kita lebih sering coba-coba sendiri, coba-cobanya kadang mau sih, tapi karena ada banyak konfigurasi sistem yang dirubah, pas ada update atau upgrade biasanya akan muncul masalah tak terduka akibat dari modifikasi tersebut. Jadi usahakan dalam melakukan konfigurasi, stick to the documentation..

semoga membantu bagi ente-ente dan kamu-kamu yang lagi kebingunan..

7.392
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.