Anda di sini

Elektronika

Cara Mudah Memasang Modul Jam RTC DS1307 di Raspberry Pi 2

Aditya Suranata - 04 Maret 2016 22:26:08 0

Memasang modul RTC di Raspi 2 itu agak gampang-gampang susah, fifty-fifty. Kalau pas mungkin tidak sampai lima menit sudah fix terpasang, tapi kalau mis mungkin seminggu juga masih mogok, buat pusing 14 keliling. Karena di Raspi 2 khususnya OS Debian Jessie sekarang sistem pengelola modulnya sudah menggunakan DT (Device Tree).

Daftar overlay dari DT Raspi 2 bisa dilihat di halaman GitHub Raspberry.

Apa kelebihan Device Tree ketimbang metode sebelumnya?

Adanya Device Tree memungkinkan Raspi kita untuk bisa mendukung banyak konfigurasi hardware seperti modul-modul hanya dengan kernel tunggal dan tanpa perlu secara eksplisit memuat atau memblokir modul-modul kernel. Tapi sesungguhnya teknik ini tidak benar-benar konfigurasi Device Tree "murni" (seperti MACH_BCM2835) - beberapa perangkat-perangkat onboard masih tetap dikonfigurasi oleh kode pendukung board Raspi, tapi tujuan akhirnya adalah tetap untuk bisa mencapai kemudahan tersebut.

Pada Raspi, penggunaan Device Tree bisa dikontrol melalui /boot/config.txt. Secara default, kernel Raspberry Pi dijalankan dengan device tree yang diaktifkan. Saat ini kamu bisa dengan mudah menonaktifkan DT menggunakan perintah berikut:

device_tree=

pada file config.txt, yang akan mengembalikan Raspi mu ke cara lama dari melakukan sesuatu setelah reboot.

Pengkabelan Modul RTC DS1307 di Raspberry Pi 2?

Untuk pengkabelan modul DS1307 di Raspi 2 sangat mudah, dengan antarmuka I2C kita hanya perlu menghubungkan empat pin ke GPIO. Pertama adalah power 5V, Ground, SDA dan SCL. Skema dari pinout Raspi 2 bisa dilihat di gambar berikut:

Bagaimana mengatur overlay Device Tree untuk modul RTC DS 1307?

Caranya cukup mudah, setelah melakukan wiring I2C selanjutnya cukup edit file /boot/config.txt dan tambahkan baris berikut pada akhir file:

dtparam=i2c_arm=on
dtoverlay=i2c-rtc,ds1307=on

Lalu kemudian restart.

Langkah tambahan untuk mengatur waktu otomatis ketika booting?

1. Musnahkan dulu fake-hwclock untuk mencegah RTC dirusak oleh waktu yang tidak akurat (sebelum adanya RTC). Caranya dengan mem-purge fake-hwclock: sudo apt-get remove --purge fake-hwclock

2. Non aktifkan service ntp yang tidak terlalu berguna dan service hwclock.sh yang dibuat setengah-setengah alias belum matang:

sudo update-rc.d fake-hwclock remove
sudo update-rc.d hwclock remove
sudo update-rc.d ntp disable

3. Buat service baca tulis ketika booting dan shutdown, sehingga waktu tetap tersinkron dengan baik antara waktu di sistem dan di RTC

sudo nano /lib/systemd/system/hwclock-start.service

[Unit]
Description=Atur waktu dari RTC saat startup
After=network.target

[Service]
Type=oneshot
ExecStart=/sbin/hwclock -s
TimeoutSec=0

[Install]
WantedBy=multi-user.target

sudo nano /lib/systemd/system/hwclock-stop.service

[Unit]
Description=Sinkron Jam RTP ke Jam Sistem
DefaultDependencies=no
Before=shutdown.target

[Service]
Type=oneshot
ExecStart=/sbin/hwclock --systohc

[Install]
WantedBy=reboot.target halt.target poweroff.target

4. Update sysctl

systemctl enable hwclock-start hwclock-stop

Dan selesai, silahkan shutdown dengan sudo shutdown dan cabut colokan listrik. Tunggu beberapa menit dan colokan lagi cek apakah waktunya tersinkron dengan baik.

Ini punya saya, Raspi 2 + DS1307. Semoga bisa menolong kalian-kalian yang masih tersesat. Hehe...

3.473
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.