Anda di sini

Pemrograman

Defuzzification

Kusuma Wardana - 22 November 2015 09:47:00 0

Ini adalah langkah terakhir. Langkah ini adalah mencari nilai akhir dari output fuzzy. Hasil akhirnya adalah berupa angka. Pada kasus ini, hasil akhirnya adalah berupa nilai besarnya % tip yang akan diberikan oleh Romi.

Ada berbagai metode yang dapat digunakan pada proses defuzzyfikasi. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan metode yang sederhana, yaitu mencari pusat (centroid) dari hasil komposisi output yang kita peroleh. Metodenya cukup sederhana. Berikut adalah rumus matematisnya:

Gambar 14. Rumus Centroid pada proses defuzzyfikasi

Mari kita bagi daerah implikasi kita menjadi enam bagian, seperti yang ditungjukkan pada Gambar 15. Terlihat bahwa trapezium akan dibagi menjadi beberapa bagian berbentuk segitiga dan persegi panjang. Rumus mencari luas segitiga sudah lazim, yaitu alas dikali tinggi dibagi dua, sedangkan rumus mencari luas pesegi panjang adalah panjang dikalikan dengan lebar. Lakukan pencarian luas untuk keenam bagian-bagian tersebut, seperti yang terlihat pada Gambar 15.

Gambar 15. Mencari luasan dari daerah implikasi pada output

Amatilah rumus pada Gambar 14. Rumus tersebaut menyatakan bahwa untuk mencari pusat daerah implikasi, kita harus membagi momen dengan luas daerah. Luasan sudah kita peroleh, yaitu pada Gambar 15, sedangkan Momen dapat diperoleh dengan mengalikan tiap-tiap persamaan pada Gambar 13 dengan nilai z (dalam hal ini terhadap z), dan mengintegralkannya dengan batas atas dan batas bawah tertentu. Proses ini tidaklah sulit, sebab hanya melibatkan matematka biasa. Untuk mencari momen, mari kita sederhanakan persamaan pada Gambar 13. Kita menyederhanakan dengan membagi pembilang dengan penyebutnya, sehingga diperoleh bentuk yang lebih sederhana (tidak melibatkan bentuk pecahan). Proses ini terihat seperti pada Gambar 16.

Gambar 16. Proses penyederhanaan persamaan

Selanjutnya, kita cari momennya, seperti yang terlihat pada Gambar 17. Amati bahwa integral dilakukan terhadap variabel z. Dengan demikian, variabel x pada persamaan Gambar 16 harus diubah ke z. kalikan setiap persamaan dengan z, kemudian kita integralkan. Karena ada batas atas dan batas bawah, maka selesaikan persamaan dengan memasukkan batas atas pada hasil integrasi, dikurangi dengan batas bawahnya. Jika bingung tetang integral, mohon direview lagi pelajaran kita waktu sekolah di SMA dulu. Ini adalah proses integrasi biasa yang cukup mudah.

Gambar 17. Proses menghitung momen

Selanjutnya, terapkan rumus centroid, yaitu jumlah momen dibagi dengan total luasan daerah implikasi, seperti yang terlihat pada Gambar 18.

Gambar 18. Proses menghitung pusat

Oke... perjalanan panjang kita telah berakhir. Berdasarkan perhitungan, diperoleh hasil persentase uang tip yang harus dibayarkan Romi dengan penilaian PELAYANAN = 7 dan MAKANAN = 8 adalah sebesar 20 %.

Gambar 19. Hasil simulasi pada MATLAB

Nah, mari kita bandingkan hasilnya dengan simulasi pada MATLAB. Perhatikan Gambar 19. Pada Gambar tersebut, terlihat bahwa hasil perhitungan tepat sama dengan hasil simulasi pada MATLAB. Pada tutorial berikutnya, kita akan membahas bagaimana menghitung logika fuzzy menggunakan MATLAB. Semoga tutorial ini bermanfaat.

7.367
Daftar Artikel Terkait
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.