[LENGKAP] 5 Model Raspberry Pi Beserta Perbandingan dan Spesifikasinya


Aditya Suranata 03 Nov 2015 Elektronika

Mulai Baca

[ULASAN LENGKAP] 10 Pengetahuan Dasar Tentang Raspberry Pi

2). Model Raspberry Pi Dari Yang Lama Hingga Terbaru

[UPDATE] Raspberry Pi kini memiliki 8 model, Senin, 2 Februari 2015 Raspberry Pi Foundation merilis Raspberry Pi Versi 2 dengan spesifikasi QuadCore ARMv7, dan RAM sebesar 1GB plus didukung oleh Windows 10 secara cuma-cuma (gratis). Dilanjutkan dengan Raspberry Pi Zero yang dirilis pada 26 Nopember 2015. Dan Raspberry Pi 3 yang dilengkapi dengan Wi-Fi dan Bluetooth built-in pada tanggal 29 Februari 2016.

Raspberry Pi sejak dirilis pada tahun 2012 telah memiliki lima model, empat diantara dapat digunakan oleh orang umum namun satu untuk tujuan pengembangan. Berikut adalah ulasan dari model-model Raspi yang ada:

1. Raspberry Pi Model A

Ini adalah perangkat yang paling dasar, dengan satu buah USB port dan 256MB SDRAM. Port pada boardnya terdiri dari:

  • Full size SD card
  • HDMI output port
  • Composite video output
  • 1 USB port
  • 26 pin header GPIO, I2C dll
  • 3.5mm audio jack
  • 1 Camera interface port (CSI-2)
  • 1 LCD display interface port (DSI)
  • 1 mircoUSB power connector untuk menyalakan perangkat

Karena tidak terdapat ethernet atau USB port ekstra pada model ini, maka model ini menggunakan konsumsi daya yang lebih rendah dari model B/B+.

2. Raspberry Pi Model A+

 

Dirilis pada November 2014, ini adalah varian 'plus' dari model A. Memiliki 40 GPIO pin, satu USB board, tanpa ethernet dan 256MB SDRAM. Juga memiliki form factor yang lebih kecil dari model yang lain dengan panjang 65mm.

3. Raspberry Pi Model B

Hingga Juli 2014, ini adalah perangkat yang paling atas. Memiliki dua port USB, dan RAM sebesar 512MB SDRAM. Sebagai catatan, Model B dalam revisi pertama (Raspberry Pi Model B Rev. 1) hanya memiliki RAM sebesar 256MB. Port tambahan yang disertakan dari pendahulunya model A adalah satu buah port ethernet dan satu buah port USB sehingga total memiliki dua buah port USB.

4. Raspberry Pi Model B+ 

Dirilis pada Juli 2014, model B+ adalah pembaharuan revisi dari model B. Terdapat penambahan jumlah USB port menjadi 4 dan jumlah pin header GPIO menjadi 40. Sebagai tambahan, model ini memiliki sirkuit power supply yang lebih baik yang memungkinkan perangkat USB yang memerlukan daya besar untuk digunakan pada Raspberry dengan mode hot-plugged. Composite video connector yang menonjol besar telah dihilangkan dan digantikan dengan jack audio/video 3.5mm. SD Card full size juga diganti dengan versi yang lebib robust yaitu slot microSD.

Berikut adalah daftar rinci beberapa peningkatan model B+ dari model B:

  • Monitor arus pada port USB yang berarti model B+ sekarang telah mendukung hot-plugging.
  • Pembatas arus pada sumber daya 5V untuk HDMI yang berarti semua VGA konverter yang menggunakan daya dari kabel HDMI bisa digunakan.
  • 14 pin GPIO tambahan.
  • Dukungan EEPROM readout untuk papan ekspansi baru HAT.
  • Kapasitas drive yang lebih tinggi untuk audio out analog, dari regulator terpisah, yang berarti kualitas audio DAC yang lebih baik.
  • Tidak ada lagi masalah dengan backpowering (daya lain masuk dari USB port bukan dari port power), karena pembatas arus USB yang juga mencegah aliran balik, bersama dengan "dioda power ideal".
  • Composite video out dipindahkan ke jack 3.5mm.
  • Konektor sekarang dipindahkan ke dua sisi papan ketimbang menggunakan empat sisi papan.
  • 4 lobang pasang yang ditaruh dengan posisi segi panjang sehingga memudahkan untuk pemasangan pada casing dll.

5. Model Compute Modul

Compute Modul diperuntukan bagi penggunaan industri, merupakan versi potongan yang hanya menyertakan chip BCM2835, 512MB SDRAM dan 4GB eMMC flash memori, dalam form factor berukuran kecil. Modul ini dihubungkan dengan papan dasar menggunakan konektor 200 pin DDR2 SODIMM yang telah dimodifikasi dan bukan merupakan perangkat yang kompatibel dengan SODIMM, namun hanya menggunakan konektor yang sama dengan SODIMM. Semua fitur dari BCM2835 dipaparkan melalui konektor SODIMM, termasuk dua buah kamera dan LCD port, sementara model A dan B hanya memiliki satu.

Compute modul diharapkan dapat digunakan oleh perusahaan yang berharap untuk dapat mempercepat proses pengembangan dari produk baru, berarti hanya papan dasarnya saja yang perlu dibuat, dengan periperal yang sesuai, dan dengan Compute modul yang menyediakan CPU, memori dan penyimpanan dengan perangkat lunak yang teruji dan terpercaya.

Tabel perbandingan spesifikasi antar model :

 

FeatureModel AModel BModel A+Model B+Compute Module
BRCM2835 SoCYesYesYesYesYes
Standard SoC Speed700Mhz700Mhz700Mhz700Mhz700Mhz
RAM256MB512MB*256MB512MB512MB
StorageFull SDFull SDMicro SDMicro SD4GB eMMC
Ethernet 10/100NoYesNoYesNo
HDMI output portYesYesYesYesYes
Composite video outputYesYesOn 3.5mm jackOn 3.5mm jackYes
Number of USB2.0 ports12141
Expansion header26264040N/A
Number of available GPIO1717262648
3.5mm audio jackYesYesAudio/VideoAudio/VideoN/A
Number of camera interface ports (CSI-2)11112
Number of LCD display interface ports (DSI)11112
Power (bare, approx, 5v)300mA, 1.5W700mA, 3.5W 650mA, 3W 
Size85 x 56 x 15mm85 x 56 x 17mm65 x 56 x 12mm85 x 56 x 17mm62 x 30 x 3mm
Aditya Suranata

Tentang Penulis, Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

lihat artikel lain oleh Aditya Suranata

Artikel Lainnya

Kategori Tulisan

E-Book Terbaru

Teknik Antarmuka MATLAB dan Arduino

Teknik Antarmuka MATLAB dan Arduino - Cover.jpg
Pelajari konsep yang sangat luar biasa antara visualisasi, analisis dan komputasi yang ditawarkan MATLAB dengan Platform Arduino sebagai perangkat...
Jumlah Halaman:
411 Halaman

Video Terbaru

Belum Puas ? Mari Kita Saling Bicara


Join Forum Diskusi MiaranaDIY untuk berdiskusi dengan respon cepat mengenai berbagai macam tutorial hingga ulasan yang terdapat di blog ini. Untuk berlangganan artikel terbaru silahkan Like & Follow Facebook Page MiaranaDIY dan Follow Twitter @MiaranaDIY