Anda di sini

Pemrograman

Mengapa Menggunakan Simulink untuk Memprogram Mikrokontroler ?

Kusuma Wardana - 21 November 2015 23:38:05 0

Simulink dikembangkan oleh MathWorks (perusahaan pembuat MATLAB) dengan tujuan untuk membuat bahasa pemrograman grafis yang dapat menampilkan aliran data untuk keperluan modeling, simulasi dan analisis terhadap suatu sistem dinamis [1],[2].

Simulink hadir bersama MATLAB untuk mempermudah user dalam memodelkan suatu sistem, termasuk di bidangembedded systems. Di bidang embedded systems, mikrokontroler adalah salah satu alat yang paling banyak digunakan. Selama ini, mikrokontroler pada umumnya diprogram menggunakan bahasa pemrograman tingkat rendah seperti bahasa rakitan, atau menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti C dan Basic. Jenis-jenis bahasa ini mampu digunakan untuk memprogram mikrokontroler dari tingkat sederhana sampai kompleks, namun tentunya menyesuaikan dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh mikrokontroler tersebut.

Mengapa kita memerlukan Simulink untuk memprogram mikrokontroler? Ya, dari awal peruntukkannya, Simulink dibuat sebagai bahasa pemrograman grafis untuk dapat menampilkan aliran data dan aliran program. Selama ini kita memprogram berbaris-baris sintaks menggunakan bahasa rakitan, C, atau Basic, yang terkadang membingungkan untuk dipahami secara aliran (flow) dari program tersebut. Namun, dengan hadirnya Simulink, kita dapat secara jelas melihat bagaimana suatu data dialirkan dan bagaimana gambaran dari program yang kita buat melalui grafis. Simulink hadir dengan komponen-komponen sintaks dalam bentuk blok. Blok-blok ini kita susun sedemikian rupa sehingga memenuhi suatu algoritma pemrograman tertentu sesuai dengan peruntukkan si programmer.

Namun, apakah Simulink juga bisa dikombinasikan dengan sintaks pemrograman tertulis? Jawabannya sangat bisa! Kita dapat menuliskan kode sesuai dengan keinginan kita, dan selanjutnya menyertakan kode tersebut ke dalam pemrograman grafis kita. Kita kenal hal ini sebagai user defined function.

Saat ini, Simulink tengah dikembangkan untuk dapat digunakan memprogram board-board yang populer saat ini, misalnya Arduino, Raspberry, BeagleBoard dan sebagainya melalui Hardware Support Packages. Karena MATLAB dan Simulink adalah salah satu program yang sangat tangguh dan telah diakui keberadaannya, maka kita dapat memanfaatkan kelebihan ini untuk project-project kita. Salah satunya jika kita tertarik di bidang kontrol, signal processing, image processing, kecerdasan buatan, dan sebagainya.

Gambar di bawah ini adalah ilustrasi singkat dari Adafruit [3] tentang bagaimana menerapkan Simulink untuk projectembedded systems. Pertama kita harus menginstal pustaka yang diperlukan agar MATLAB dan board kita dapat berkomunikasi. Langkah selanjutnya adalah mulai proses pemrograman, dan terakhir kita harus meng-upload program tersebut ke board kita.

Gambar berikut sebagai contoh penggunaan Simulink dalam memodelkan sebuah sistem kontrol kereta api menggunakan Arduino yang dikembangkan oleh seorang mahasiswa dari University of Pennsylvania [4].

Apa kalian tertarik? Untuk Arduino, jika kalian penasaran bagaimana menginstal Hardware Support Packages ini, kalian dapat membaca ulasan berikut. Web blog ini akan dikembangkan salah satunya untuk mengulas tentang pemanfaatan Simulink untuk pemrograman embedded systems. Jadi, tunggulah artikel-artikel menarik selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Referensi:

[1] http://www.mathworks.com/products/simulink/
[2] http://en.wikipedia.org/wiki/Simulink
[3] https://learn.adafruit.com/how-to-use-matlab-and-simulink-with-arduino/overview
[4] http://mgosselin.github.io/#train

3.807
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.