Mengapa Sri Krsna adalah Tuhan?


Aditya Suranata 19 Okt 2016 Filsafat Hidup

Mulai Baca

Mengapa Sri Krsna adalah Tuhan?

Tahukah kamu siapa nama Tuhan, kualitas-kualitas, alamat, deskripsi, sejarah dari milyaran-milyaran tahun, disaksikan oleh jutaan, dan telah terbukti?

Jika kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, hanya dengan demikian kamu benar-benar mengatakan kamu mengetahui siapa Tuhan.

Kitab-kitab suci Weda adalah kitab-kitab suci tertua di Dunia dan satu-satunya kitab yang dapat menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut secara detil.

Kita-kitab suci Weda secara lengkap menjelaskan Tuhan. Sejarah Beliau, alamat, kualitas-kualitas, deskripsi, bagaimana Beliau menciptakan dan memelihara dan lainnya. Beliau Yang Maha Agung itu Bernama Sri Krsna.

1. Syarat pertama adalah bahwa pesaing untuk Beliau Yang Maha Tinggi telah terlihat.

Seeing is believing, not seeing is pure speculation. Kamu harus melihat terlebih dahulu sebelum kamu dapat mempercayainya, tidak melihat berarti hanya spekulasi murni.

Sri Krsna telah berinkarnasi sejauh ini setidaknya 9 kali dalam putaran inkarnasi yang sekarang. Dalam setiap inkarnasi jutaan yang melihat Beliau. Terdapat bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa Beliau ada 5000 tahun yang lalu, sebagai mana dinyatakan dalam kitab-kitab suci Weda. Para ilmuan telah menemukan kota dimana Sri Krsna tinggal di Dwarka, India, sebagaimana dijelaskan dalam kitab-kitab Suci Weda. NASA telah mengambil foto satelit dari jembatan antara India dan Sri Lanka yang dibangun oleh Sri Krsna dalam inkarnasi Beliau sebagai Sri Rama, sekitar 1.7 juta tahun yang lalu.

2. Syarat kedua adalah bahwa si pesaing deskripsinya harus diketahui.

Bagaimana bisa kamu mempercayai seseorang tanpa benar-benar melihat mereka atau mengetahui seperti apa mereka?

  • Sri Krsna memiliki bentuk sama seperti manusia. Bahkan Kitab Injil Kristen menyatakan bahwa manusia diciptakan menurut bentuk Tuhan. Ini artinya bahwa Tuhan merupakan pribadi dengan dua tangan, dua kaki dan lainnya. Pribadi tersebut adalah Sri Krsna.
  • Warna kulit Beliau adalah biru-gelap, seperti warna awan hujan.
  • Mata Beliau seperti kelopak bunga teratai.
  • Badan Beliau yang kekal tidak pernah merosot, Beliau muda selamanya.
  • Beliau penuh dengan kebahagiaan dan kerupawanan Beliau mengungguli beribu-ribu dewa asmara.
  • Beliau gemar bermain seruling.
  • Beliau memakai bulu merak di mahkota-Nya.
  • Beliau mengenakan perhiasan Kaustubha yang mengelilingi leher-Nya.
  • Beliau mengenakan pakaian berwarna kuning.

Beliau adalah sumber tak terbatas dari semua kekuasaan, kekayaan, ketenaran, kecantikan, kebijaksanaan, dan ketidakterikatan.

3. Syarat ketiga adalah bahwa si pesaing keilahiannya telah terbukti

Siapa saja dapat mengatakan kalau dirinya adalah Tuhan, tapi siapa dari mereka itu yang benar-benar dapat membuktikannya?

Untuk melindungi orang-orang polos dari para penipu, Arjuna meminta Sri Krsna untuk membuktikan keilahian-Nya.

Sri Krsna memberikan Arjuna pengelihatan ilahi dan menampilkan bentuk-bentuk spektakuler-Nya yang tak terbatas sebagai alam semesta kosmik. Dengan demikian Beliau secara konklusif mengukuhkan keilahian-Nya.

"Dalam bentuk semesta itu, Arjuna melihat mulut-mulut yang tidak terhingga, mata yang tidak terhingga, dan wahyu-wahyu ajaib yang tidak terhingga. Bentuk tersebut dihiasi dengan banyak perhiasan rohani dan membawa banyak senjata rohani yang diangkat. Beliau memakai kalung rangkaian bunga dan perhiasan rohani, dan banyak jenis minyak wangi rohani dioleskan pada seluruh badan-Nya. Semuanya ajaib, bercahaya, tidak terbatas dan tersebar ke mana-mana. Kalau beratus-ratus ribu matahari terbit di langit pada waktu yang sama, mungkin cahayanya menyerupai cahaya dari Kepribadian Yang Paling Utama dalam bentuk semesta itu." (Bhagavad-gita 11.10-12)

Dalam setiap inkarnasi, Sri Krsna membuktikan bahwa Beliau adalah Tuhan, semua detil-detilnya dapat ditemukan dalam Srimad Bhagavatam. Disini kita akan fokus pada inkarnasi Beliau pada 5000 tahun yang lalu.

Sri Krsna melakukan keajaiban-keajaiban yang mahluk lainnya tidak dapat lakukan.

  • Ketika Sri Krsna baru berumur 7 tahun, Beliau mengangkat sebuah gunung (yang memiliki garis keliling 26 mil) dan menahannya dengan satu tangan selama 7 hari. Disaksikan oleh puluhan ribu orang yang ikut berdiri dibawah gunung itu.
  • Sri Krsna memperbanyak badan-Nya menjadi 16.108 bentuk. Yang artinya Beliau menduplikat badan-Nya menjadi sebanyak 16.108 badan-badan identik.
  • Sri Krsna merubah diri-Nya Sendiri menjadi orang lain. Ini berarti Beliau dapat membuat diri-Nya terlihat seperti orang lain.
  • Sri Krsna memperlihatkan dalam mulut-Nya, seluruh alam semesta.
  • Sri Krsna memberikan Arjuna pengelihatan ilahi dan menunjukan bentuk spektakuler-Nya yang tak terbatas sebagai alam semesta kosmik. Yang mana Arjuna dapat melihat berbagai bentuk dari Sri Krsna, dan planet-planet dengan jumlah yang tak terhingga tersusun di satu tempat. Beliau juga memperlihatkan masa lalu, masa sekarang, dan masa depan.
  • Sri Krsna membunuh semua Raja jahat yang menyiksa dan melecehkan masyarakat. Orang-orang diselamatkan dalam kehidupan ini dan tidak mesti menunggu Hari Penghakiman.
  • Ketika seorang wanita bernama Draupadi dipaksa untuk ditelanjangi di depan sidang para raja-raja, dia memanggil nama Sri Krsna untuk meminta pertolongan dan Beliau mengkaruniainya kain sari yang tak terbatas sehingga ia tidak dapat ditelanjangi.
  • Banyak ateis mencoba untuk membunuh Sri Krsna, namun Sri Krsna dengan sangat mudahnya mengalahkan mereka semua dan juga memberikan mereka pembebasan dititik itu juga. Sri Krsna adalah yang paling penyayang; Beliau memberikan pembebasan bahkan untuk mereka yang mencoba untuk membunuh-Nya. Beliau dapat memberikan pembebasan langsung; seseorang tidak perlu menunggu untuk Hari Penghakiman.
  • Sri Krsna menghidupkan kembali banyak orang mati termasuk enam anak dari Devaki.
  • Sri Krsna menyembuhkan penyakit orang-orang termasuk merubah seorang wanita bungkuk menjadi wanita cantik sebagai balasan untuk mempersembahkan bubuk kayu cendana kepada Beliau.

4. Syarat keempat adalah bahwa kualitas-kualitas si pesaing harus diketahui dan terbukti.

Sri Krsna memiliki 64 kualitas-kualitas, yang mana semuanya disebut dalam kitab-kitab suci Weda.

Supreme Father:

"Hendaknya dimengerti bahwa segala jenis kehidupan dimungkinkan oleh kelahiran di alam material ini, dan bahwa Akulah ayah yang memberi benih, wahai putera Kunti." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 14.4)

"Akulah ayah alam semesta ini, ibu, penyangga dan kakek. Akulah objek pengetahuan, yang menyucikan dan suku kata om. Aku juga Rg, Sama dan Yajur Veda." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 9.17)

Supreme Creator: Sri Krsna adalah asal dari segalanya.

"Seluruh susunan alam semesta di bawah-Ku. Atas kehendak-Ku alam semesta dengan sendirinya diwujudkan berulang kali. Atas kehendak-Ku akhirnya alam semesta dileburkan." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 9.8)

"Wahai Arjuna, di samping itu Aku adalah benih yang menghasilkan segala kehidupan. Tiada satu mahlukpun--baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak--yang dapat hidup tanpa-Ku." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 10.39)

"Aku adalah sumber segala dunia rohani dan segala dunia material. Segala sesuatu berasal dari-Ku. Orang bijaksana yang mengetahui kenyataan ini secara sempurna menekuni bhakti kepada-Ku dan menyembah-Ku dengan sepenuh hatinya." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 10.8)

"Semua mahluk yang diciptakan bersumber dari kedua alam tersebut. Ketahuilah dengan pasti bahwa Aku adalah sumber perwujudan dan peleburan segala sesuatu di dunia ini, baik yang bersifat material maupun yang bersifat rohani" (Sri Krsna, Bhagavad-gita 7.6)

Supreme Controller: Sri Krsna adalah Kontroller Tertinggi.

"Wahai Arjuna, Aku memberi panas dan Aku menahan dan mengirim hujan. Aku adalah pembebasan dari kematian, dan Aku juga kepribadian maut. Baik yang bersifat rohani maupun material berada di dalam Diri-Ku." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 9.19)

"Wahai Arjuna, mengapa segala pengetahuan yang terperinci ini diperlukan? Dengan satu bagian percikan saja dari Diri-Ku Aku berada di mana-mana dan menyangga seluruh alam semesta." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 10.42)

Supreme Maintainer: Sri Krsna adalah Pemelihara Tertinggi.

Baca juga: Vegetarianisme

"Kemuliaan matahari, yang menghilangkan kegelapan seluruh dunia ini, berasal dari-Ku. Kemuliaan bulan dan kemudian api juga berasal dari-Ku." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 15.12)

"Aku masuk ke dalam setiap planet, dan planet-planet itu tetap melintasi garis edarnya atas tenaga-Ku. Aku menjadi bulan dan dengan demikian menyediakan sari hidup kepada semua sayur." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 15.13)

"Alam material ini, salah satu di antara tenaga-tenaga-Ku, bekerja di bawah perintah-Ku, dan menghasilkan semua mahluk baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, wahai putera Kunti. Di bawah hukum-hukum alam material, manifestasi ini diciptakan dan dilebur berulangkali." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 9.10)

Omnipresent: Sri Krsna bersifat omnipresent, berarti Beliau ada di mana-mana.

"O Arjuna, Aku adalah Roh Yang Utama yang bersemayam di dalam hati semua mahluk hidup. Aku adalah awal, pertengahan dan akhir semua mahluk." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 10.20)

Omnipotent: Sri Krsna adalah omnipotent, berarti Beliau adalah yang Maha Tinggi.

"Wahai Arjuna, sebagai Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, Aku mengetahui segala yang terjadi pada masa lampau, segala sesuatu yang sedang terjadi sekarang, dan segala sesuatu yang akan terjadi di masa yang akan datang. Aku juga mengenal semua mahluk hidup, namun tiada seorangpun yang mengenal Diri-Ku" (Sri Krsna, Bhagavad-gita 7.26)

"Engkau dan Aku sudah dilahirkan berulangkali. Aku dapat ingat segala kelahiran itu, tetapi engkau tidak dapat ingat, wahai penakluk musuh!" (Sri Krsna, Bhagavad-gita 4.5)

Hanya Ada Satu Tuhan:

"Satu-satunya Aku yang menikmati dan menguasai semua korban suci. Karena itu, orang yang tidak mengakui sifat rohani-Ku yang sejati jatuh." (Sri Krsna, Bhagavad-gita 9.24)

5. Syarat kelima adalah bahwa si pesaing sejarahnya bermilyar-milyar tahun yang lalu harus diketaui.

Detil lengkap mengenai masa lalu dari Sri Krsna dalam setiap inkarnasi Beliau dapat ditemukan dalam Srimad Bhagavatam.

Kitab-kitab suci Weda berisi sejarah Sri Krsna dari milyaran tahun yang telah lalu.

6. Syarat keenam adalah bahwa supremasi dari si pesaing harus dinyatakan dalam kitab-kitab suci yang terotorisasi/berwenang.

Kitab-kitab suci Weda adalah satu-satunya kitab suci yang telah ada semenjak awal sejarah, dan dengan demikian bersifat eternal dan merupakan kebenaran mutlak. Tidak ada otoritas yang lebih tinggi dari kitab-kitab suci Weda.

Dewa Brahma Yang Agung yang mana merupakan mahluk hidup yang pertama kali diciptakan menyatakan hal berikut dalam Brahma Samhita:

"Ada banyak kepribadian yang memiliki sifat-sifat Bhagavan, namun Krsna adalah yang paling tinggi, karena tiada seorang pun yang dapat melampaui Beliau. Krsna adalah kepribadian yang paling utama, dan badan Krsna kekal, penuh pengetahuan dan kebahagiaan, Krsna adalah Tuhan Yang Maha abadi Sri Govinda dan sebab segala sebab." (Brahma Samhita 5.1)

"Semua inkarnasi yang disebutkan di atas adalah bagian paripurna atau bagian dari bagian paripurna Tuhan, namun Śrī Kṛṣṇa adalah Personalitas Tertinggi Tuhan Yang Maha Esa yang paling utama. Semua inkarnasi tersebut muncul di planet-planet kapan pun terjadi gangguan yang diciptakan oleh para asura. Tuhan berinkarnasi untuk melindungi orang-orang yang patuh kepada-Nya." (Srimad Bhagavatam 1.3.28)

Dewa Tertinggi yaitu Dewa Siwa dalam Gita Mahatmya menyatakan:

"Hanya ada satu Tuhan -- Krsna, putera Devaki" (verse 7)

Dalam Padma Purana dinyatakan:

"Dengan secara teliti meninjau semua kitab-kitab suci yang diturunkan dan menilai mereka lagi dan lagi, kini dapat disimpulkan bahwa Sri Narayana adalah kebenaran mutlak tertinggi, dan dengan demikian ia sendiri harus disembah."

Dalam Skanda Purana dinyatakan:

"Di dunia material, yang mana dipenuhi dengan kegelapan dan mara bahaya, digabungkan dengan kelahiran dan kematian dan penuh dengan kecemasan yang berbeda-beda, satu-satunya jalan untuk keluar dari belitan besar adalah dengan menerima pelayanan cinta bhakti trasnkendental kepada Sri Vasudeva."

Posisi Krsna sebagai Tuhan dikonfirmasi oleh kepribadian-kepribadian yang agung seperti Narada, Asita, Devala, Parasara, Brahma, dan Siwa.

7. Syarat ketujuh adalah bahwa alamat si pesaing diketahui.

Srimad Bhagavatam memberikan alamat dari Sri Krsna sebagai berikut:

Planet tertinggi yang berbentuk seperti Teratai yang bernama Goloka Vrindavana di alam semesta spiritual bernama Vaikuntha.

Kesimpulan

Setiap orang mencari Tuhan, dan inilah Pribadi Tuhan, Sri Krsna. Karena kamu tidak tahu lagi orang lain dengan detil-detil dan bukti seperti yang disebut. Mengapa kamu tidak menerima Beliau?

(Referensi ‘Courtesy of Bhagavad-Gita.ws’)

 

Source: iskconbirmingham.org/why-krishna-is-god - 19 Oktober 2016 3:38 GMT+8

Diterbitkan

di

Filsafat Hidup Vedanta

Aditya Suranata

Tentang Penulis, Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di Miarana DIY kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

lihat artikel lain oleh Aditya Suranata

Artikel Lainnya

Kategori Tulisan

E-Book Terbaru

Teknik Antarmuka MATLAB dan Arduino

Teknik Antarmuka MATLAB dan Arduino - Cover.jpg
Pelajari konsep yang sangat luar biasa antara visualisasi, analisis dan komputasi yang ditawarkan MATLAB dengan Platform Arduino sebagai perangkat...
Jumlah Halaman:
411 Halaman

Video Terbaru

Belum Puas ? Mari Kita Saling Bicara


Join Forum Diskusi MiaranaDIY untuk berdiskusi dengan respon cepat mengenai berbagai macam tutorial hingga ulasan yang terdapat di blog ini. Untuk berlangganan artikel terbaru silahkan Like & Follow Facebook Page MiaranaDIY dan Follow Twitter @MiaranaDIY