Anda di sini

Pemrograman

Menggunakan MATLAB Mobile

Kusuma Wardana - 28 Juni 2016 17:21:54 0

Pendahuluan

MATLAB merupakan sebuah software yang didedikasikan untuk bahasa komputasi teknis (scientific computing). Selain versi desktop, saat ini MATLAB merilis versi mobile, dengan ukuran installer kurang dari 2 MB. Dengan ukuran file sekecil ini, sudah tentu tidak sebanding dengan installer versi desktop yang mencapai ukuran 7 GB kalau semua produk diinstal secara penuh. Versi mobile seolah-olah hanya sebagai antarmuka saja. Pemrosesan yang utama dilakukan melalui server cloud atau melalui komputer desktop/laptop yang terinstal MATLAB yang terhubung dengan jaringan lokal.

Versi ini hadir untuk kemudahan pengguna, terutama dari sisi mobilitas. Untuk beberapa aplikasi tertentu (misalnya mobile robot), kita dapat membuat aplikasi untuk mengetahui posisi robot, arah pergerakan robot, percepatan robot, dan sebagainya hanya dengan menggunakan handphone.

Instalasi

Bukalah handphone kita. Sebagai contoh, kita akan menggunakan handphone Android. Kita akan mengunduh aplikasi MATLAB Mobile melalui Google Play. Pada Google Play, ketiklah kata kunci MATLAB Mobile, kemudian instal. Ukuran file-nya sangat ringan, sekitar 1,13MB untuk versi 2.3.0. Perlu dicatat bahwa versi MATLAB minimal yang harus digunakan adalah versi 2014a. Tutorial ini dibuat menggunakan versi 2014a.

Setelah terinstal, bukalah aplikasi tersebut, dan selanjutnya akan tampil antarmuka seperti pada Gambar 1.

Gambar 1. Tampilan depan MATLAB Mobile

Terdapat dua pilihan untuk menggunakan versi mobile ini. Pertama menggunakan pemrosesan melalui Mathworks Cloud, yaitu server cloud yang telah disediakan oleh perusahaan pembuat MATLAB. Kedua, menggunakan komputer yang telah terinstal MATLAB, dan terhubung dengan handphone kita melalui jaringan lokal. Tergantung kebutuhannya, kita dapat memilih salah satu dari dua teknik ini. Perlu diingat bahwa agar dapat menggunakan pilihan pertama, kita membutuhkan nomer seri dari software yang kita instal (software original).

Pada tutorial ini, kita akan menggunakan opsi kedua, yaitu menggunakan jaringan lokal. Koneksikan komputer/laptop dan handphone kita pada jaringan lokal yang sama. Klik opsi kedua yaitu Connect to Your Computer. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti pada Gambar 2.

Gambar 2. Halaman berikutnya pada MATLAB Mobile

Pada Komputer

Kembalilah ke komputer/laptop kita. Bukalah MATLAB, dan ketikkan sintaks berikut pada jendela Command Line:

connector on

Selanjutnya, kita akan diminta memasukkan password untuk koneksi kita. Berikut contoh tampilan selengkapnya:

>> connector on
The first time you run the connector, you must specify a password.
Enter the same password when you set up MATLAB Mobile on your device.
Password: passwordku
DNS name: Kusuma
IP address: 127.0.0.1
Use this link to test the connector:
http://Kusuma:31415/

Setelah itu, kita tinggalkan sejenak komputer/laptop dan beralih ke handphone kita.

Pada Handphone

Pada Gambar 2, klik Add a Computer di sisi sebelah kanan atas. Kita akan diminta untuk mengisi IP atau DNS dan password. Keterangan ini telah kita peroleh pada proses di atas. Amatilah Gambar 3.

Gambar 3. Proses menambahkan sebuah komputer

Jika sukses, maka akan muncul tampilan mirip seperti Command Line pada versi Desktop. Amatilah Gambar 4. Ketiklah sesuatu pada mobile, dan amati apakah tersimpan pada workspace desktop apa tidak. Misalnya, kita mengetikkan tiga buah variabel, yaitu a, b, dan c, dan masing-masing kita beri nilai 100, 200 dan 300. Amatilah hasilnya pada bagian desktop.

Gambar 5. Mengetikkan variabel pada versi Mobile

Gambar 6. Hasil tersimpan pada workspace versi desktop

Mari kita coba latihan yang laun. Ketiklah skrip berikut pada MATLAB Mobile:

>> x = -pi:0.1:pi;
>> y = sin(x);
>> plot(x,y);

Kemudia lihatlah hasilnya pada versi Desktop dan Mobile. Tampilan versi Desktop yang ditunjukkan pada Gambar 7.

Gambar 8. Tampilan grafik pada versi desktop

Walaupun cukup menarik untuk dicoba, tidak semua kemampuan pada versi desktop dapat diterapkan pada versi Mobile. Beberapa aplikasi seperti Curve Fitting, Signal Processing, GUIDE, dan sebagainya belum mampu disupport untuk versi saat ini. Mungkin kedepannya dapat ditingkatkan.

Demikian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat Smile

982
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.