Menggunakan Semua Storage Space pada SD Card Raspberry Pi


Aditya Suranata 22 Nov 2015 Elektronika

Mulai Baca

[ULASAN LENGKAP] 10 Pengetahuan Dasar Tentang Raspberry Pi

Ketika sebuah sistem operasi ditulis ke sebuah SD Card Raspi, ukuran partisinya terbatas oleh ukuran image yang kamu install, jadi kamu tidak bisa menggunakan semua SD Card. Ini menyebabkan kamu tidak bisa menyimpan file apapun pada Raspi.

Untuk menangani ini, kamu perlu menjalankan tool raspi-config. Program ini secara otomatis akan mengubah partisi kamu untuk dapat digunakan secara penuh. Untuk menjalankan program ini, ketikan perintah berikut di terminal:

$ sudo raspi-config

Geser kebawah pada pilihan expand_rootfs seperti terlihat pada gambar diatas, lalu gunakan tombol kiri kanan untuk memilih tombol <select>. Kamu akan melihat pesan konfirmasi, dan Raspi akan direstart untuk mendapatkan efek. Setelahnya kamu akan dapat menggunakan semua sisa space pada SD Card untuk menyimpan file.

Aditya Suranata

Tentang Penulis, Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di Miarana DIY kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

lihat artikel lain oleh Aditya Suranata

Artikel Lainnya

Kategori Tulisan

E-Book Terbaru

Teknik Antarmuka MATLAB dan Arduino

Teknik Antarmuka MATLAB dan Arduino - Cover.jpg
Pelajari konsep yang sangat luar biasa antara visualisasi, analisis dan komputasi yang ditawarkan MATLAB dengan Platform Arduino sebagai perangkat...
Jumlah Halaman:
411 Halaman

Video Terbaru

Belum Puas ? Mari Kita Saling Bicara


Join Forum Diskusi MiaranaDIY untuk berdiskusi dengan respon cepat mengenai berbagai macam tutorial hingga ulasan yang terdapat di blog ini. Untuk berlangganan artikel terbaru silahkan Like & Follow Facebook Page MiaranaDIY dan Follow Twitter @MiaranaDIY