Anda di sini

Pemrograman

Menghubungkan NodeMCU ke WiFi Android untuk Kontrol Lampu Rumah

Aditya Suranata - 25 Juli 2017 16:22:48 0

Catatan kecil saya mengenai cara menghubungkan NodeMCU ke HP Android melalui WiFi.

Pada percobaan ini saya berusaha untuk memprogram NodeMCU agar dapat menghubungkan diri secara otomatis ke HP Android yang telah diaktifkan WiFi tetheringnya. Nantinya, setelah berhasil terhubung, saya berencana untuk menggunakan NodeMCU ini sebagai kontroler lampu rumah sehingga dapat dikendalikan melalui WiFi dari perangkat HP Android saya. Biggrin

Cara kerjanya sederhana saja, lampu rumah nantinya akan diganti saklarnya menjadi saklar digital, atau yang dalam istilah teknisnya bernama Relai atau Relay. Nah... saklar digital inilah yang nantinya akan dikendalikan oleh si NodeMCU. Kenapa saya harus menggunakan saklar digital, kenapa tidak langsung saja ke saklar tembok cletek-cletek? Tentu saja karena saklar manual cletek cletek yang umumnya nempel ditembok tidak dapat dikendalikan melalui sinyal digital, hanya dapat dikendalikan dengan tangan Biggrin

Biar terbayang, alurnya umumnya kira-kira jadi seperti ini:

HP Android --- (WiFi) --- NodeMCU --- (kabel data) --- Saklar Relai --- (listrik PLN) --- LAMPU

First Step, aktifkan WiFi tethering di HP Android

Langkah pertama dari percobaan ini adalah saya harus mengaktifkan terlebih dahulu WiFi tethering di HP Android saya, caranya sangat mudah cukup masuk ke menu pengaturan, kemudian cari dibagian jaringan akan ada menu Tethering. Saya cukup menyetel nama WiFi yang akan saya gunakan dan passwordnya, kemudian simpan dan aktifkan. Setelah diaktifkan HP Android saya akan mulai memancarkan sinyal WiFi yang dapat dilihat oleh HP lain atau laptop.

Setelah berhasil menyalakan WiFi tethering, saya harus mempelajari desain jaringan WiFi yang digunakan oleh Android. Tujuannya adalah agar saya dapat menentukan berapa alamat IP yang harus saya program ke NodeMCU agar dapat berkomunikasi dengan HP Android. Setelah saya baca dokumentasi mengenai pengaturan alamat IP WiFi Android, saya berhasil mengetahui bahwa pengaturan yang digunakan oleh Android WiFi Tethering adalah sebagai berikut:

Android WiFi Tethering Default IP

IP Address: 192.168.43.1
Gateway: 192.168.43.1
Netmask: 255.255.255.0
DNS1: 192.168.43.1
DNS2: 192.168.43.1

Dari data konfigurasi diatas, dua yang paling penting adalah IP Address dan Netmask. Berdasarkan perhitungan alokasi IP Address kelas C yang saya pelajari di sekolah dulu, maka dari data tersebut dapat saya rumuskan bahwa alamat IP yang harus saya program ke NodeMCU adalah sebagai berikut:

IP Address: 192.168.43.2
Gateway: 192.168.43.1
Netmask: 255.255.255.0
DNS1: 192.168.43.1
DNS2: 8.8.8.8

Langkah Kedua, mulai memprogram NodeMCU agar dapat terhubung ke HP Android

Oke, langkah berikutnya saya mulai membuka IDE Arduino, IDE Arduino ini adalah sebuah program yang digunakan untuk memprogram board/chip mikrokontroler dari berbagai jenis, merk dan vendor. Sebelumnya saya sudah menginstall beberapa library/pustaka yang diperlukan untuk dapat memprogram NodeMCU dari IDE Arduino dan tutorialnya juga akan segera saya tulis disini sebagai referensi.

Berikut kode program yang telah saya tulis, untuk mencobanya silahkan dicopas ke IDE Arduino dan mulai upload ke NodeMCU.

#include <ESP8266WiFi.h>

const IPAddress WIFI_IP(192, 168, 43, 2);
const IPAddress WIFI_GATEWAY(192, 168, 43, 1);
const IPAddress WIFI_SUBNET(255, 255, 255, 0);
const IPAddress WIFI_DNS_1(192, 168, 43, 1);
const IPAddress WIFI_DNS_2(8, 8, 8, 8);
const char* WIFI_SSID     = "AndroidAP";  //Jangan lupa diganti
const char* WIFI_PASSWORD = "ingattuhan"; //Jangan lupa diganti

void setup() {
  Serial.begin(115200);
  delay(10);
  
  WiFi.mode(WIFI_STA);
  WiFi.config(WIFI_IP, WIFI_GATEWAY, WIFI_SUBNET, WIFI_DNS_1, WIFI_DNS_2);
  WiFi.begin(WIFI_SSID, WIFI_PASSWORD);
  
  while (WiFi.status() != WL_CONNECTED) {
    delay(3000);
  }
}

void loop() {
 //Kode lanjutan akan ditulis disini.
}

Pada kode diatas, bagian yang harus diganti dan disesuaikan adalah WIFI_SSID dan WIFI_PASSWORD harus sesuai dengan yang disetting di HP Android. Selanjutnya kode dapat langsung diupload dan setelah selesai maka NodeMCU akan langsung mencoba menghubungkan diri secara otomatis. Untuk memastikan apakah NodeMCU sudah berhasil terhubung coba buka pengaturan WiFi tethering di HP Android dan disana akan ada daftar perangkat-perangkat yang terhubung ke HP Android kita.

Sekian catatan singkat mengenai cara menguhubungkan NodeMCU ke HP Android untuk mengontrol lampu rumah melalui WiFi. Tunggu catatan selanjutnya hingga hasil akhirnya selesai! Bye

184
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.