Mengontrol Kecepatan & Arah Gerak Motor DC Melalui Antarmuka Web


Aditya Suranata 17 Jun 2016 Instalasi dan Konfigurasi

Mulai Baca

Raspberry Pi Smart Home Controller Dengan Antarmuka Web Moderen

Menyambung tulisan sebelumnya mengenai cara mengontrol kecepatan motor DC di Raspberry Pi menggunakan Python 3, sesuai dengan janji kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana caranya mengontrol kecepatan dan arah gerak motornya melalui antarmuka web. Tutorial ini adalah tutorial lanjutan dari beberapa tutorial pada tulisan sebelumnya tentang membuat Raspberry Pi Smart Home Controller dengan antarmuka web moderen.

Langsung saja kita mulai, tahap pertama pastikan kamu sudah mengikuti tutorial ini dari awal (link sebelumnya ada di header atas tulisan) termasuk pemasangan kabel dan pengujian penggunaan driver motor L298N di Raspberry Pi. Jika sudah berhasil maka langkah selanjutnya adalah mengkloning kode program dari GitHub. Tapi, jika kamu sudah pernah mengkloning, maka cukup lakukan pull untuk mengupdate.

Cara Update bagi yang sudah pernah mengkloning:

Masuk ke folder dimana kamu menyimpan filenya, misal

$ cd ~/bin/salamigal

Kemudian lakukan pull

$ git pull

Cara kloning bagi yang baru pertama kali:

Masuk ke folder /home/pi/bin agar seragam

$ cd ~/bin

Lakukan kloning repo GitHub

$ git clone https://github.com/MiaranaDIY/Salamigal.git

Jika sudah maka file akan terupdate ke versi terbaru yang sudah mendukung perangkat L298N. Caranya memastikan coba cek ke folder devices disana akan ada file l298n.py.

Langkah selanjutnya adalah eksekusi  file main.py untuk mulai menjalankan server.

$ sudo python3 ./main.py

Kemudian masuk ke alamat Raspi, misal http://10.8.0.200 pada contoh ini saya menggunakan domain lokal yang beralamat di http://salamigal.com

Hasilnya adalah seperti berikut:

Menambahkan Motor DC untuk Membuat RC Car

Bagaimana jika kita ingin menambahkan motor lainnya untuk dapat membuat sebuah RC Car? Caranya sangat mudah, cukup sambungkan tiga motor DC lagi pada masing-masing output dari drivernya. Pada tutorial sebelumnya telah dijelaskan tepatnya pada bagian pengkabelannya.

Kita cukup menggunakan dua pin output, masing-masing kita parallelkan motornya, jadi dua di kiri dan dua lagi dikanan. Kemudian pada kode programnya kita rubah sedikit, karena kita harus menambahkan pin-pin kontrol dari sisi yang lagi satu. Caranya adalah, buka file salamigalnet.py lalu cari sekitar baris ke 45.

Terdapat kode instansiasi seperti berikut:

#Manually create L298N DC motor driver
l298n = L298N(25, 22, 27, 22, 27, 25)
l298n.name = 'L298N DC Motor Driver'
l298n.location = 'Casis'
l298n.load_watt = 1

Rubah kodenya dan sesuaikan pin-pinnya dengan pin baru yang kamu pasang, 25, 22, 27, XX, XX, XX.

XX = pin tambahannya. Urutannya adalah: PWM1, M1A, M1B, M2A, M2B, PWM2. Pada modul driver motor L298N sudah tertulis urutannya pada masing-masing pin kontrol. Dan pada GPIO Raspi cari pin GPIO yang masih kosong. Pemasangannya cukup mudah, tinggal diikuti gambar-gambar diatas dan detil pada tutorial sebelumnya.

Setelah itu, jika keempat roda telah terpasang maka voila, terciptalah sebuah RC Car yang dapat dikontrol dari antarmuka berbasis Web yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya dapat diakses dari jarak jauh.

Hmmm... bagaimana dengan kamera? Pastinya tidak akan mantap kalau tidak ada FPVnya... tenang, kita akan tambahkan sebuah kamera FPV, kita akan coba gunakan kamera dari Raspi sehingga kita bisa melihat dari jarak jauh. Tunggu tutorial selanjutnya.

Aditya Suranata

Tentang Penulis, Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

lihat artikel lain oleh Aditya Suranata

Artikel Lainnya

Kategori Tulisan

E-Book Terbaru

Teknik Antarmuka MATLAB dan Arduino

Teknik Antarmuka MATLAB dan Arduino - Cover.jpg
Pelajari konsep yang sangat luar biasa antara visualisasi, analisis dan komputasi yang ditawarkan MATLAB dengan Platform Arduino sebagai perangkat...
Jumlah Halaman:
411 Halaman

Video Terbaru

Belum Puas ? Mari Kita Saling Bicara


Join Forum Diskusi Narin Laboratory untuk berdiskusi dengan respon cepat mengenai berbagai macam tutorial hingga ulasan yang terdapat di blog ini. Untuk berlangganan artikel terbaru silahkan Like & Follow Facebook Page Narin Laboratory dan Follow Twitter @tokonarinjaya