Anda di sini

Elektronika

Menyalakan Lampu & Hitung Penggunaan Listrik dengan Android dan WiFi

Aditya Suranata - 08 September 2017 19:15:42 0

Saklar App - Kontrol Lampu via WiFi & HP Android

Ada banyak tutorial diluar sana yang sudah membahasa mengenai cara menyalakan lampu rumah melalui Android, Internet hingga Bluetooth. Untuk menambah keberagaman tersebut, kali ini saya berbagi catatan mengenai project sederhana yang saya buat sendiri, yaitu Saklar App. Project ini tujuannya sangat sederhana, berawal dari tarif listrik yang saat ini sedang mahal karena subsidinya digunakan untuk membangun negara dan memperluas jaringan listrik bagi saudara kita di pedalaman dan di perbatasan, maka saya ingin memiliki sebuah sistem sederhana yang dapat digunakan untuk melihat penggunaan listrik di rumah saya dan mengontrol perangkat yang kiranya dapat membantu menghemat penggunaan listrik.

Karena alasan tersebut, terciptalah sebuah sistem sederhana yang saat ini telah saya publish di http://lab.tutorkeren.com./saklar . Saklar App ini berfungsi sebagai antarmuka sistem berbasis web responsive yang dapat diakses melalui HP Android. Aplikasi ini selanjutnya akan berinteraksi dengan sebuah modul mikrokontroler yang dilengkapi dengan WiFi (NodeMCU) dan NodeMCU ini terhubung ke HP Android kita melalui WiFi tethering. Bagaimana teori dan cara kerjanya? saya tulis pada catatan awal project ini yaitu Menghubungkan NodeMCU ke WiFi Android untuk Kontrol Lampu Rumah .

Keunggulan dari sistem yang dibuat ini adalah sudah menggunakan sinyal WiFi sebagai media komunikasi. Kenapa menggunakan sinyal WiFi karena dapat menjangkau area yang lebih luas ketimbang media komunikasi umum yang sering digunakan yaitu bluetooth. Selain itu, perangkat mikrokontroler yang menggunakan WiFi cenderung lebih canggih dan harganya bersaing dengan mikrokontroler yang menggunakan bluetooth. Saya juga mendesain penggunaan perangkat keras pada sistem ini untuk menggunakan perangkat yang harganya relatif murah, aman dan sangat mudah dicari dipasaran. Seperti misalnya NodeMCU sebagai mikrokontroler yang telah dilengkapi dengan WiFi, kemudian modul Solid State Relai yang lebih aman sebagai saklar digital dan komponen lain seperti kabel dan batere atau catu daya yang tentunya juga mudah dicari dipasaran.

Project ini sangat cocok dikembangkan oleh kalian yang gemar ngutak-ngatik hal-hal yang berbau elektronik, embedded system, internet of things dan sebagainya. Juga para hobbies yang ingin mencoba hal-hal baru. Project ini selain menarik, juga tepat guna karena fungsinya dapat mempermudah kita dan membantu kita menghemat penggunaan listrik.

Teknologi dibalik Saklar App

Saklar app... bagian sistem ini dibagi menjadi dua secara fisik yaitu bagian perangkat keras yang terdiri dari dua modul, satu modul mikrokontroler yang dilengkapi dengan WiFi (NodeMCU) dan lagi satu saklar digital (Solid State Relay). Kemudian bagian perangkat lunak, terdiri dari kode program yang diprogram ke NodeMCU dan bagian interface atau antarmuka web yang berbasis web moderen.

Bagian perangkat keras bekerja dengan sangat sederhana, relai berfungsi sebagai saklar yang dapat dikendalikan dengan sinyal digital. Sinyal digitalnya sendiri diperintah oleh NodeMCU yang menerima perintah dari HP Android kita melalui WiFi.

Bagian perangkat lunak, untuk kode program NodeMCU ditulis menggunakan bahasa Arduino yang mirip dengan bahasa C. Kode program NodeMCU ditulis terstruktur dan dapat dikembangkan dengan mudah. Untuk antarmuka ditulis secara modular dengan ReactJS, dan Bootstrap 3. Jadi antarmukanya sangat dinamis dan responsive sehingga pengguna tidak perlu melakukan penyesuaian apapun untuk dapat menggunakan sistem mereka sendiri. Selain antarmuka yang dinamis, logika sistem sepenuhnya ditaruh di NodeMCU, yang berupa sebuah web server dengan layanan web service. Jadi sepenuhnya aman dari pihak luar selama pengguna membuat password WiFi yang baik.

Tertarik ingin membuat sistem mu sendiri?

Silahkan dicoba sendiri, kalian hanya perlu mencari dua komponen yaitu NodeMCU dan sebuah Relai. Untuk desain pengkabelan, kode program dan sumber daya lainnya telah kita sediakan secara gratis tis tis untuk dioprek-oprek sepuasnya. Baik kalian seorang pejuang skripsi, para hobbist atau orang biasa yang ingin mencoba bermain dengan dunia embedded system bisa mencoba, dan apabila kalian memiliki kendala dan memerlukan bantuan silahkan sampaikan masalah kalian di Forum kami atau berdiskusi dibawah. Komunitas di TutorKeren.com tentu saja akan mencoba membantu. Emo 43

Source code: https://github.com/NarinLab/SaklarApp

Link tahap demi tahap tersedia dibawah ini:

398
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.