Anda di sini

Pemrograman

Penggunaan HTML5 WebSocket Di Bidang Robotika

Aditya Suranata - 20 November 2015 16:48:41 0

Melengkapi robot dengan antarmuka web akan memperluas jangkauan dan pengaruh dari teknologi robot. Tidak hanya antarmukanya yang memungkinkan pengguna dan peneliti untuk mengakses robot dari jarak jauh melalui Internet, namun juga memperluas ekosistem dari penerapan teknologi robotika yang tersedia untuk pengguna dengan perangkat yang mendukung teknologi web.

Dari sekian banyak middleware framework yang mendukung para penggiat dibidang robotika untuk dapat saling bertukar kode program, diantaranya yaitu: Player/Stage, Carnegie Mellon Navigation Toolkit (CARMEN), Microsoft Robotics Studio, YARP, Lightweight Communications and Marshalling (LCM), dan ROS begitu pula dengan sistem lainnya. Middlewaresistem tersebut menyediakan antarmuka umum yang memungkinkan untuk membagi kode dan penggunaan ulang. Sementara middleware sistem berbeda dalam desain dan fiturnya, mereka biasanya menyediakan mekanisme komunikasi, sebuah API untuk bahasa yang diinginkan, dan mekanisme untuk membagi kode melalui pustaka atau driver.

Salah satu middleware framework yang banyak orang gunakan saat ini yaitu ROS (Robot Operating Sistem), memiliki mekanisme komunikasi untuk lingkungan web. Rosjs, merupakan Javascript binding yang ringan untuk ROS, yang memungkinkan pengembang web untuk membuat aplikasi robot[34]. Keputusan dasar desain utama dari rosjs adalah menggunakan HTML5 WebSocket sebagai lapisan transportasi. Agar dapat melakukan kontrol, aplikasi web robotika harus mampu mengirim data dari robot ke pengguna dan sebaliknya dengan cepat. Salah satu kelebihan dari menggunakan HTML5 WebSocket adalah server yang menjalankan aplikasi robot dapat berbeda dari server yang menjalankan rosjs.

1.199
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.