Anda di sini

Elektronika

Purwarupa Govinda Rover Mark 2

Aditya Suranata - 21 Februari 2016 14:14:27 0

Hasil akhir dari purwarupa yang dibuat untuk mendemonstrasikan platform Govinda Rover pada penelitian ini dapat dilihat pada gambar-gambar berikut, mulai dari Gambar 4.11 merupakan tampak depan dari purwarupa.

Gambar 4.11 Purwarupa Govinda Rover Mark II Tampak Depan

Pada Gambar 4.11 memperlihatkan purwarupa pada sisi kanan dan perangkat contoh untuk menampilkan antarmuka pada sisi kiri. Pada purwarupa dapat terlihat bagian segilima berwarna hitam merupakan modul kepala yang berisi komponen penerangan, penunjuk dan kamera. Dapat pula terlihat dua buah servo bracket untuk gerakan horisontal dan vertikal kepala (bagian berwarna perak dibawah modul kepala). Gambar 4.12 menunjukan purwarupa tampak samping.

Gambar 4.12 memperlihatkan purwarupa dari sisi samping kiri. Pada perangkat pengontrol (ponsel pintar pada sisi kiri) terlihat umpan kamera dari robot yang telah diaktifkan memperlihatkan pemandangan di depan robot. Pada purwarupa terlihat jelas dua buah roda bergigi dan baterai Li-Po pada punggung robot. Gambar 4.13 memperlihatkan purwarupa tampang belakang, terlihat jelas antena Wi-Fi berwarna abu-abu dan sensor jarak ultrasonik (terlihat seperti mata) pada bagian belakang robot.

Gambar 4.12 Purwarupa Govinda Rover Mark II Tampak Samping

Gambar 4.13 Purwarupa Govinda Rover Mark II Tampak Belakang

Tampilan Antarmuka Govinda Rover

Setelah robot dinyalakan dan berhasil menguhungkan diri ke jaringan yang telah diset sebelumnya, pengguna dapat mengakses antarmuka robot dengan cara menghubungkan diri ke jaringan yang sama, membuka web browser dan masuk ke alamat IP robot. Langkah pertama pengguna akan diminta untuk melakukan otentikasi seperti terlihat pada Gambar 4.14. Perlu diketahui bahwa perangkat yang digunakan untuk melakukan demonstrasi ini adalah komputer tablet sehingga dapat digunakan untuk fungsi kontrol sentuh dengan Google Chrome sebagai web browser. Tampilan pada komputer non layar sentuh tidak mengalami banyak perbedaan.

Gambar 4.14 Halaman Login Antarmuka

Pada halaman otentikasi, pengguna diminta memasukan nama pengguna, kata sandi dan peran pengguna. Peran pengguna terdapat dua macam, pertama adalah controller yang merupakan peran utama yang dapat melakukan semua kontrol pada robot. Kedua adalah viewer yang merupakan peran untuk melihat antarmuka robot tanpa memiliki wewenang untuk mengendalikan robot. Setelah menyelesaikan proses otentikasi, pengguna akan dialihkan ke halaman utama antarmuka seperti terlihat pada Gambar 4.15.

Gambar 4.15 memperlihatkan tampilan halaman utama antarmuka, secara bawaan segala layanan dinonaktifkan dan memerlukan perintah pengguna untuk mengaktifkannya. Layanan umpan kamera dapat diaktifkan dengan menekan tombol "C" pada keyboard, atau mengklik saklar umpan kamera pada icon bar bawah (nomer tujuh dari kiri). Konfigurasi sistem seperti penyetingan kamera, jaringan dan lainnya dapat dilakukan melalui tombol konfigurasi seperti terlihat pada Gambar 4.16 dan Gambar 4.17.

Gambar 4.15 Halaman Utama Antarmuka

Tombol pada icon bar bawah (berwarna oranye) mulai dari yang paling kiri adalah tombol konfigurasi, tombol power untuk saklar catu daya, tombol saklar laser merah, tombol saklar laser hijau, tombol untuk mengarahkan kepala robot ke arah depan, tombol lampu flash, saklar umpan kamera untuk mematikan dan menyalakan umpan kamera, tombol saklar motion detection, tombol ambil gambar, tombol rekam video dan terakhir tombol untuk melihat galeri foto dan video hasil perekaman.

Gambar 4.16 menampilkan menu konfigurasi kamera. Melalui menu ini pengguna dapat menyeting konfigurasi kamera seperti resolusi gambar, kualitas, efek dan yang lainnya. Untuk mengaktifkan statistik jaringan dapat dilakukan melalui menu Jaringan dan menekan tombol "Start" untuk memulai, seperti terlihat pada Gambar 4.17.

Gambar 4.16 Menu Konfigurasi Kamera

Gambar 4.17 Menu Statistik Jaringan

Pengguna juga dapat melakukan pengambilan gambar beresolusi tinggi dan merekam video dengan menekan tombol "Ambil Gambar" atau "Rekam Video", setelah menunggu beberapa detik akan muncul pada menu notifikasi atas tombol dengan nama "Lihat" berkedip-kedip. Dengan mengklik tombol tersebut pengguna dapat melihat hasilnya, seperti terlihat pada Gambar 4.18 untuk foto dan 4.19 untuk video.

Gambar 4.18 Tampilan Preview Hasil Pengambilan Gambar

Gambar 4.19 Tampilan Preview Hasil Perekaman Video

Untuk melihat hasil rekaman gambar dan video, pengguna dapat mengklik tombol Lihat Galeri untuk melihat galeri foto dan video. Pada menu ini pengguna dimungkinkan untuk melihat foto dalam slideshow, maupun memutar hasil perekaman video secara langsung melalui antarmuka, seperti terlihat pada Gambar 4.20 dan Gambar 4.21.

Gambar 4.20 Galeri Foto Hasil Pengambilan

Gambar 4.21 Pemutar Video Hasil Perekaman

1.065
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.