Anda di sini

Instalasi dan Konfigurasi

Setting Jaringan Internet di Raspberry Pi

Aditya Suranata - 23 April 2016 22:15:42 2

Setting jaringan internet di Raspberry Pi yang menggunakan sistem operasi Linux Raspbian Jessie. Kita memiliki dua pilihan ketika ingin menghubungkan Raspberry Pi ke jaringan, pertama kita bisa menggunakan media kabel LAN yang terhubung ke switch/router/modem atau kita bisa menggunakan media nirkabel Wi-Fi yang terhubung ke akses point Wi-Fi pada modem. Selain kedua media tersebut, kita juga bisa menggunakan media alternatif melalui USB, dengan menggunakan Smart Phone Android yang koneksinya di tethering ke USB.

Pada tutorial kali ini, saya memilih menggunakan media nirkabel (Wi-Fi) untuk menghubungkan Raspi saya ke Internet. Raspi akan memerlukan koneksi internet apabila kita menggunakannya untuk keperluan pemrograman. Sebelum bisa memulai memprogram, kita memerlukan beberapa pustaka tambahan yang berupa modul-modul program. Untuk menginstal modul-modul tersebut kita memerlukan koneksi internet.

Internet di Raspi via Kabel LAN

Jika dirumah ada koneksi Internet menggunakan kabel LAN, kita bisa menggunakannya untuk melakukan konfigurasi dalam mode headless. Mode headless maksudnya adalah kita bisa bekerja/login pada Raspi dari remote melalui SSH. Dengan bekerja menggunakan mode headless, kita tidak perlu lagi menyiapkan alat tambahan seperti mouse, keyboard, layar dll. Kita cukup menghubungkan Raspi ke jaringan menggunakan kabel dan menghidupkannya, lalu kemudian mulai meremote Raspi menggunakan Putty. Secara default, Raspi akan mencari IP Address menggunakan DHCP. Jika jaringan dirumah kalian sudah ada DHCPnya (biasanya pasti ada), maka secara otomatis Raspi sudah langsung terhubung ke Internet.

Jika tidak ada, kita bisa masuk terlebih dahulu ke desktop Raspi (colok manual keyboard, layar dan mouse). Lalu melakukan konfigurasi langsung melalui Raspinya.

Pada tulisan ini, kita akan mengkonfigurasi Raspi menggunakan mode headless. Raspi telah terhubung ke jaringan rumah dan mendapatkan IP Address DHCP di 10.8.0.12. Punya saya dan kalian mungkin berbeda, untuk mengetahui berapa IP Address yang diperoleh oleh Raspi, kita bisa mengetahuinya melalui perintah ifconfig di terminal Raspi. Atau melalui antarmuka konfigurasi modem/router yang kita gunakan pada menu DHCP Client. Pada menu tersebut akan ditampilkan berapa IP Address yang diperoleh oleh Raspi.

Jadi intinya disini, jika kita konfigurasi langsung maka tidak ada masalah untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Tapi jika kita mengkonfigurasinya menggunakan mode headless, tanpa mouse, tanpa keyboard, tanpa layar, kita wajib mengetahui berapa IP Address yang diperoleh Raspi. Caranya adalah pertama dengan membuka halaman admin dari modem/akses point/router dari jaringan rumah (tingkat lanjut), atau simpelnya colokan layar, keyboard dan lihat melalui perintah ifconfig di terminal. IP Raspi saya adalah 10.8.0.12. Baca juga tulisan mengenai cara menggunakan SSH.

Internet di Raspi via USB Tethering (Android)

Caranya sama dengan versi Kabel LAN, yang membedakan disini hanya nama dari interfacenya. Jika kabel namanya adalah eth0, maka USB adalah usb0. Kalian bisa menjalankan DHCP pada interface usb0 yang telah aktif dengan menggunakan perintah sudo dhclient usb0. Maka internet yang di-share dari Smart Phone / HP Android sudah bisa digunakan. Selengkapnya bisa disimak dari setting IP Address di Raspi.

Internet di Raspi via WLAN

Untuk mulai menghubungkan Raspi via WLAN, pertama kita harus menyetelnya dulu. Pada tulisan ini saya menggunakan adapter USB Wi-Fi merek TP-Link TL-WN722N. Saya menyetel menggunakan mode headless, saya menggunakan kabel dulu untuk menyetel interface WLAN Raspi. Setelah semuanya berhasil terhubung, maka saya akan melepas kabel dan mulai meremote Raspi menggunakan Wi-Fi.

Langkah pertama bekerja dalam mode headless adalah mengunduh Putty. PuTTY adalah SSH client untuk Windows yang paling terkenal dan banyak orang gunakan. Selain fiturnya yang lengkap seperti Tunneling menggunakan SSH, PuTTY juga gratis. Untuk menggunakannya, cukup masukan alamat IP Raspi yang akan diremote pada kolom Host Name. Biarkan port bawaannya menggunakan port 22. Tekan Enter dan PuTTY akan membuka terminal window yang akan meminta kalian untuk memasukan data login seperti username dan password dari Raspi. Isikan, dan kalian bisa langsung bekerja dari remote pada Raspi.

Setelah login, maka mulai lakukan konfigurasi seperti terlihat pada video diatas. Perintah diketikan langsung pada terminal jika kalian tidak menggunakan mode headless. Jika tidak bisa memuat video, kalian bisa mencoba sendiri menggunakan tutorial menghubungkan Raspi ke Wi-Fi, dan setting IP Address di Raspi.

10.528
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

kok ane selalu gagal terus ya setiap konek dari putty atau winscp, padahal ipnya udah dapet. terus kalo ane coba pake ip statik malahan gk bisa konek internet bingung ane

Halo,

Ane juga kemarin sempat bingung... setelah ane baca2 lagi dokumentasi Raspi, ternyata oh ternyata server SSH secara bawaan sekarang dimatikan... jadi untuk menyalakannya harus dinyalakan secara manual. Caranya sangat mudah, cukup cabut micro SD nya lalu colok ke komputer yang pakai windows, terus buka partisi boot dan buat sebuah file dengan nama ssh simpan dan ejek, lalu colok lagi ke raspi dan taraaa...

Atau kalau mau langsung dari raspi caranya buat file bisa dengan perintah nano /boot/ssh terus isi filenya dengan apa aja, save dengan cara CTRL + X lalu Y. dan reboot....

Case closed.

HTSL://HIGH THINKING SIMPLE LIVING . ME

Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.