Anda di sini

Troubleshooting dan Problem Solving

[SOLVED] Network Manager Ubuntu 12.04 Wireless Tidak Terdeteksi (Device Not Managed)

Aditya Suranata - 13 November 2015 12:48:39 0

Kemarin setelah melakukan update tiba-tiba wireless adapter ku macet tidak bisa menscan jaringan yang ada. Kalau dillihat dari network manager tertulis Device not managed. Setelah browsing-browsing forum, ternyata banyak juga yang mengalami hal serupa, solusinya juga ada beragam mulai dari mematikan enkripsi hardware (nohwcrypt) hingga patch kernel, downgrade ke paket lama tapi sayangnya tidak ada yang worked for me broh Biggrin

Usaha pencarian tidak berhenti disitu, kalau berhenti laptop ku terancam gak bisa dipakai kerja coz kebanyakaan kerjaan pakai yang namanya internet, jadi wi-fi itu merupakan komponen penting yang mesti ada dan berfungsi. Akhirnya, setelah lama mencari ketemu juga solusinya, simpel gak ribet seperti yang gua bayangin :o cuman modif satu line di file konfigurasi NetworkManagernya dan wuzz dah mau lagi wi-finya. Lengkapnya gini nih :

sudo nano /etc/NetworkManager/NetworkManager.conf

Cari line yang ada opsi manage nya, ubah dari false jadi true

sudo nano /etc/network/interfaces

pastikan ada line

auto lo
iface lo inet loopback

Dan line konfigurasi interface selain yang diatas di komen aja (tambahin # didepannya), simpan trus restart service network managernya

sudo service network-manager restart

FYI, card wlan punya ku tipe Qualcomm Atheros AR242x / AR542x Wireless Network Adapter (PCI-Express) (rev 01)

12.521
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.