Anda di sini

Instalasi dan Konfigurasi

[TUTORIAL] Cara Mudah Menginstall XAMPP / LAMP di Raspberry Pi OS Raspbian

Aditya Suranata - 20 November 2015 16:37:42 0

Menginstall paket untuk lingkungan pengenbangan web di Linux sangatlah mudah, kita bisa menggunakan paketan yang telah ada seperti LAMP atau dapat pula menginstall one-by-one paket-paket server dan modul untuk pengembangan web agar lebih efisien. Jika di Windows kita memakai XAMPP yang berisikan web server Apache, kemudian database server MySQL, modul bahasa scripting PHP5, FTP Server dan kawan-kawannya, maka di Linux juga ada versinya yang bernama LAMP.

Lamp berisikan paket-paket software seperti yang saya sebutkan diatas, namun jika langsung menggunakan LAMP (sudo apt-get install LAMP) biasanya paket-paket yang dibundle agak kurang up to date, jadi saya lebih menyarankan untuk menginstal satu persatu paket-paket yang akan kita gunakan untuk membangun web dinamis:

Pertama sebelum menginstall, pastikan daftar software kita uptodate, update dengan cara :

$sudo apt-get update

$sudo apt-get upgrade -y

1. Menginstall web server Apache 2

Apache2 dapat diinstall dengan menjalankan perintah:

$ sudo apt-get install apache2 libapache2-mod-php5

Untuk konfigurasi seperti virtualhost, terletak pada direktori /etc/apache2/site-available, jika kalian ingin membuat virtualhost, tinggal di copy saja file konfigurasi default pada direktori tersebut kemudian beri nama sesuai situs, lakukan penyetingan server name dan directory root (sama seperti di Windows) kemudian enable site tersebut dan reload atau restart service apache2 dengan perintah

$ sudo a2ensite namasitus

$ sudo service apache2 restart

Untuk direktori webroot terletak di /var/www sama seperti Linux pada umumnya, jika di Windows biasanya di C:\XAMPP\htdoc

2. Menginstall modul PHP5

Modul PHP5 dapat diinstall dengan perintah:

$ sudo apt-get install php5 php5-mysql php-imagick

Untuk melihat daftar paket lengkap, gunakan perintah:

$ sudo apt-cache search php

maka akan muncul semua paket PHP yang mungkin kalian butuhkan.

3. Menginstall MySQL Server

Cara menginstall MySQL di Raspberry juga sangat mudah, versi server dan client dapat diinstall dengan perintah berikut:

$ sudo apt-get install mysql-server mysql-client

4. Menginstall PHPMyAdmin

Seperti XAMPP, kita biasanya bisa dengan mudah memanipulasi database melalui antarmuka web menggunakan PHPMyAdmin, begitupula di Linux dan Raspberry Pi PHPMyAdmin sudah pasti tersedia, caranya install:

$ sudo apt-get install phpmyadmin

Lakukan sedikit konfigurasi khususnya akun database ketika installasi, setelah selesai dapat diakses melaluihttp://127.0.0.1/phpmyadmin atau ganti IP lokalhost dengan IP Raspberry Pi di jaringan.

10.517
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.