Anda di sini

Elektronika

[TUTORIAL] Instalasi Xilinx Vivado

Kusuma Wardana - 15 November 2019 00:05:59 0

Untuk melakukan instalasi Vivado pada Windows, ikutilah langkah-langkah berikut:

Sediakan Ruang Penyimpanan

Pastikan kita memiliki cukup ruang hardisk yang cukup. Hasil akhir instalasi bisa mencapai puluhan GB. Di komputer saya, Vivado terinstal dengan mengambil ruang sebesar 35 GB!

Koneksikan Internet

Pastikan koneksi internet kalian bagus. Saran saya, jangan tethering melalui mobile, tapi gunakan jaringan kabel dengan kapasitas unlimited. Sebab, kita akan melakukan instalasi secara daring, dan takutnya kalian kehabisan kuota :) File installer kurang lebih sekitar 60-an MB (sesuai dengan versi saat ini), dan jika sudah terinstal bisa mencapai puluhan GB. Alternatif lain, kita bisa unduh installer secara keseluruhan (tidak diinstal memalui online, tapi offline), namun tetap saja ukuran file harus diunduh sebesar puluhan GB (sekitar 20-an GB).

Buat Akun Xilinx

Selanjutnya, buatlah akun Xilinx. Masuk ke web Xilinx berikut ini. Jika tautannya tidak berfungsi, cukup cari melalui web resmi Xilinx, yaitu xilinx.com. Ikutilah petunjuk yang diberikan sampai tuntas, dan jangan lupa untuk mengingat alamat email beserta password yang digunakan.

Download Installer

Kemudian, mari kita unduh installer-nya. Masuk ke alamat berikut. Jika tautan tidak berjalan, bisa di Googling dengan memasukkan kata kunci 'xilinx download' atau 'vivado download'. Setelah menemukan halaman yang dimaksud, carilah di bagian Lightweight Installer Download trus kemudian cari WebPACK and Editions - Windows. Selain Windows, juga tersedia untuk Linux. Jadi jangan sampai salah mengunduh ya.

Sampai saat tutorial ini dibuat, versi terbaru yang ada adalah 2019.2. Namun, kalian juga bisa memilih versi lain. Carilah versi yang kalian suka dengan menggunakan navigasi Version di bagian kiri atas dari halaman web tersebut. Saya sendiri menginstal versi 2018.3 sebab lisensi yang dimiliki kampus saat ini adalah versi tersebut.
Apa?? pakai lisensi? Jangan khawatir, ada opsi free-license dari Vivado. Namun, nanti akan ada pembatasan jenis FPGA yang boleh digunakan. Versi gratis dikenal sebagai Vivado WebPACK Tool sedangkan versi berbayar disebut Vivado Design Suite. Perbandingannya bisa dilihat disini. Untuk mulai belajar, kita bisa gunakan versi gratisannya dulu Smile

Konfigurasi Instalasi

Setelah installer selesai diunduh, klik dua kali program tersebut dan lakukan proses instalasi. Pertama, akan muncul WELCOME window. Jika saat ini terdapat versi yang lebih baru, dan kita sedang terkoneksi, maka akan muncul promt/pemberitahuan bahwa ada versi yang lebih baru. cukup abaikan pesan tersebut saat ini (atau dapat unduh versi yang lebih baru, jika diinginkan). Pilih NEXT dan lanjutkan proses instalasi berikutnya.

Selanjutnya akan muncul jendela Select Instal Type. Di jendela ini, perlu dimasukkan User ID dan password. Silahkan masukkan kedua permintaan ini. Kemudian ada dua pilihan di bawahnya, yaitu Download and Install Now atau Download Full Image. Jika kalian ingin langsung instal, maka kalian akan mengintal secara online. Jika ingin menyimpannya terlebuh dahulu baru diinstall dikemudian hari, maka pilih opsi yang kedua. Opsi kedua menungkinkan kalian memiliki salinan master software-nya.

Asumsi kita pilih opsi pertama, yaitu Download and Install now (selanjutnya proses ini juga akan sama untuk opsi kedua). Klik NEXT.

Selanjutnya akan muncul jendela Accept License Agreement. Cukup centang semua kotak I Agree. Okee... kita 'dipaksa' untuk menyetujui semua agreement yang dibuat. Silahkan dibaca jika kalian penasaran dengan apa saja isi dari agreement tersebut Smile Kalau saya lanjut NEXT saja.

Selanjutnya akan muncul jendela Select Edition to Install. Pilihlah Vivado HL WebPack. Ini adalah versi gratis dari Vivado. Jika kalian yakin memiliki lisensi, maka bisa pilih opsi Vivado HL Design Edition. Oke, asumsi kita ingin grentongan dulu. Kita pilih opsi pertama, dan klik NEXT.

Selanjutnya, akan muncul jendela seperti di bawah ini.

Nah, pada jendela ini ada beberapa opsi yang perlu diperhatikan. Bagi kalian yang sudah tahu akan menggunakan jenis board apa, tentu tidak akan kesulitan. Versi HL webpack menyediakan beberapa board yang dapat digunakan. Karena Vivado membutuhkan banyak ruang penyimpanan, kita sebenarnya tidak perlu menginstal semua fitur yang ditawarkan. Sebagai contoh, saat ini saya memiliki board Basys 3 dan Nexys 4 yang merupakan keluarga dari Artix-7. Saya cukup menyertakan board ini saja, dan tidak perlu menginstal board yang lain untuk menghemat tempat. Saya saat ini tidak menggunakan System-on-Chip (SoC), dan tidak memerlukan fitur Software Development Kit (SDK) untuk melakukan pemrograman embedded processor. Keluarga SoCs, Ultrascale, dan Ultrascale+ tidak saya pakai. Jadi, fitur-fitur ini bisa tidak saya install saat ini. Oya Cable Drivers wajib di-install ya. Namun jika kalian ragu apa yang harus dipilih, install saja fitur secara default-nya. Namun, perhatikan juga sisa ruang penyimpanan di komputer kalian.

Kalau sudah selesai, klik NEXT dan akan muncul jendela berikut:

Secara default, Xilinx akan mengarahkan kita untuk menginstal di Drive C. Jika kalian yakin memiliki cukup ruang penyimpanan (amati perkiraan ruang penyimpanan seperti gambar di atas), silahkan diinstal di drive ini. Jika tidak, silahkan instal di drive yang lain. Kalau sudah memutuskan, silahkan klik NEXT. Selanjutnya akan muncul jendela berikut:

Nah, jendela di atas memperlihatkan rangkuman sebelum proses instalasi. Cek kembali. Jika ragu silahkan direvisi dengan menekan tombol Back. Jika sudah yakin, silahkan tekan tombol INSTALL.

Proses Instalasi

Ini ujian. Silahkan bersabar. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Tergantung kecepatan internet kalian. Kalau lemot bisa puanjangggg dan lamaaa... Internet di kampus saya cukup cepat. Tidak sampai 15 menit sudah selesai melakukan instalasi secara online Smile
Tunggulah sampai selesai. Jika sudah, nanti akan muncul di list program kalian dengan nama Vivado 20xx.y. Dimana xx adalah dua digit tahun versi, dan y adalah edisinya.


Demikian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat...

146
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.