Anda di sini

Instalasi dan Konfigurasi

[TUTORIAL] Install Windows 8, 7 & Vista Via Jaringan Dengan PXE TFTPD + Windows AIK

Aditya Suranata - 13 November 2015 14:24:11 0

Seperti pepatah mengatakan, "Banyak Jalan Menuju Roma". Begitu pula dengan cara yang bisa dilakukan untuk mensetup Windows pada komputer kita. Mulai dari media konvensional yaitu menggunakan DVD, kemudian USB Flash Drive. Namun bagaimana jika keadaan mengharuskan kita untuk tidak menggunakan media konvensional tersebut ? Seperti pada netbook tanpa DVD-Drive, kemudian kapasitas USB Flash Drive yang akan kita gunakan tidak mencukupi ? (4GB pada kemasan namun realita hanya 3,5GB) sehingga tidak cukup untuk menginstall via USB. Untuk itulah kita membutuhkan alternative yang ketiga untuk menginstall sistem operasi sejagat ini pada komputer kita yaitu dengan media boot dari jaringan.

Konsep untuk bisa booting dan menginstall via jaringan ini sesungguhnya cukup mudah untuk dipahami, komputer jaman sekarang baik desktop maupun laptop sudah banyak yang didukung dengan teknologi PXE (Preboot Execution Enviroment) yaitu sebuah lingkungan sistem yang bisa kita gunakan untuk menjalankan komputer via jaringan tanpa menggunakan disk penyimpanan data yang ada pada komputer tersebut, dengan kata lain kita menggunakan versi litenya Windows untuk bisa sekedar hidup dan konek ke sistem lain untuk meminta file installasi dan menginstall SO Full. Untuk lebih lengkapnya mengenai apa itu PXE anda bisa membacanya disini. Jadi dengan PXE kita bisa booting dulu ke sistem operasi sementara pada komputer kosong yang akan diinstall, baru kemudian menjalankan beberapa perintah untuk bisa terkoneksi ke folder / directory yang dishare oleh komputer satunya lagi yang berisi file - file sistem operasi yang dibutuhkan untuk menginstallnya pada komputer kita itu. Simpel kan ? oke sekarang lanjut ke tahap apa saja yang diperlukan :

1. Komputer yang digunakan sebagai server, sistem operasinya bisa Windows XP, Vista, 7 (Punya DVD Drive untuk syarat nomer 3)

2. Kabel LAN untuk booting via PXE (Cross / Straight sama saja komputer jaman sekarang tidak masalah dengan itu)

3. File image .ISO dari Sistem Operasi yang akan diinstall, atau bisa juga langsung DVDnya jika punya

4. Windows AIK, Download Disini

5. TFTPD, Download Disini

6. Dan tentunya komputer yang akan diinstall yang support PXE booting.

Pertama, pada tutorial ini yang akan digunakan adalah PC dengan Windows 7 Ultimate 32 Bit sebagai Servernya dan SO yang akan diinstall juga sama Windows 7 32Bit, yang lainnya sama saja hanya beda di proses installasi final, silahkan sesuai kan dengan keperluan anda nantinya. Smile

Tutorial ini akan dibagi menjadi 2 Langkah dan sub-subnya,

1. Menyiapkan Server

a. Setup PXE Image dengan Windows AIK

b. Setup File Sharing dengan ISO / DVD Source dari Sistem Operasi yang akan diinstall

c. Seting Server IP Address

d. Setup TFTPD untuk TFTP Server

2. Menyiapkan Client (PC Kosong yang akan diinstallkan Sistem Operasi)

a. Setup BIOS untuk PXE Booting

b. Perintah untuk konek File Sharing

c. Eksekusi Setup.exe dan mulai proses pemasangan sistem

Let's the fun begin...

1.a. Windows 7 AIK - Setup PXE Image & Device Driver

Mount iso dari Windows 7 AIK yang telah anda download sebelumnya dan jalankan StartCD.exe kemudian pilih menu Windows AIK Setup. Setelah installasi selesai masuk ke konsul dari Windows 7 AIK dengan mengetikDeployment Tools Command Prompt pada start menu dan menjalankannya dengan hak administrator (klik kanan > Run as Administrator).

Kemudian mulai untuk membuat imagenya, ketik perintah berikut dan sesuaikan dengan versi Windows yang akan anda install apakah 32Bit atau 64Bit

Untuk versi 32Bit :

copype x86 C:\winpe

Untuk versi 64Bit :

copype amd64 C:\winpe

Lanjutkan dengan mount image untuk menginstall driver yang diperlukan

dism /Mount-Wim /WimFile:winpe.wim /Index:1 /MountDir:C:\winpe\mount

Kemudian install driver PC anda yang akan diinstall agar nanti LAN Card dan yang lainnya dikenali oleh Windows PE, Driver LAN card agar ketika di boot dalam lingkungan pre-boot, LAN nya bisa terdeteksi dan bisa digunakan untuk membuka file sharing yang berisi image sistem operasi untuk di eksekusi. Kebanyakan model laptop sekarang chip LAN nya jadi satu sama chip WLAN, jadi besar kemungkinan tidak terdeteksi oleh Windows PXE. Maka dari itu perlu di inject ke image Windows PXE file drivernya.

Masukan CD Driver ke DVD Drive atau copy ke suatu folder dan kemudian sesuaikan perintah berikut dengan letak dari driver PC anda yang akan diinstall. Ganti C:\netdriver dengan lokasi dari driver anda.

dism /Image:C:\winpe\mount /Add-Driver /Driver:C:\netdriver /Recurse

Cek apakah driver yang diinstall sudah masuk

dism /image:c:\winpe\mount /Get-Drivers

Unmount image

dism /Unmount-Wim /MountDir:C:\winpe\mount /Commit

Selesai untuk setup Windows Image, sekarang loncat ke Setup File Sharing

1.b. Setup Installation Source & File Sharing

Sekarang anda mesti menyiapkan ISO file image dari Windows Vista/7/8 yang akan anda install, saya menggunakan ISO karena akan lebih cepat dalam proses copy file.

Silahkan mount file iso tersebut ke vitual drive anda, jika menggunakan Ultra ISO anda bisa melakukanya dengan cara klik kanan pada file isonya dan pilih Ultra ISO > Mount to Drive [x] atau jika menggunakan DVD tinggal masukan DVD anda ke Drivenya dan aktifkan file sharing dengan cara klik kanan pada Drive tersebut > Properties > Sharing > Advanced Sharing > Centang Share this folder > Ketik Nama sharenya > OK.

1.c. Setup Server Static IPAddress

Berikutnya setup ipaddress untuk server agar nanti mudah untuk konek file sharing dari client, caranya masuk ke Network And Sharing Center, bisa diklik melalui icon network pada task bar atau pada search form pada startup menu. Masuk ke Network Connections > Klik Local Area Connection / Nama dari Adapter kabel anda > Properties > Double klik Internet Protocol Version 4 > Isikan pada colum IP address : 192.168.1.1, netmask : 255.255.255.0 kemudian OK.

1.d. Setup TFTD For Network Boot

Ekstrak file TFTPD yang anda download tadi di directory c:\ sehingga pathnya menjadi C:\tftpboot. Copy file winpe.wim yang anda buat tadi ke folder boot sehingga pathnya menjadi (c:\tftpboot\boot\winpe.wim). Buka aplikasi tftpd32.exe (Klik kanan > Run as Administrator) Seting parameternya.

Pada tab DHCP Server, dan kedua pada Menu Settings pastikan Base Directorynya "."

Setup untuk PC Server telah selesai sekarang kita beralih ke Client atau komputer yang akan diinstallkan Sistem Opertasi.

2.a Setup BIOS untuk Booting pertama dari PXE / Network

Pertama sambungkan kabel LAN dari komputer Server ke Client,

Masuk ke BIOS komputer anda yang akan diinstall dengan cara menekan tombol F2/Delete sesaat setelah dinyalakan. Pilih menu Boot dan rubah boot order anda sehingga yang pertama kali diambil adalah PXE/Network Boot. Kemudian tekan F10 dan Y untuk keluar atau sesuai kan dengan instruksi BIOS anda masing-masing. Tunggu beberapa saat, biasanya memang agak lama 2-3menit, setelah loading selesai biasanya anda akan diminta untuk memencet F12 untuk konfirmasi booting via jaringan atau bisa juga langsung booting tergantung spesifikasi PC.

2.b. Tunggu lagi beberapa saat, kemudian anda kan didrop ke konsul dari WinPE anda.

Selanjutnya ketik pertingah untuk akses file sharing di komputer server :

net use z: \\192.168.1.1\setup

Masukan username / password user yang anda digunakan untuk login pada PC Server jika ditanyakan, buatkan password jika PC Server anda belum memakai password.

2.c. Selanjutnya masuk ke directory z: dan execute perintah untuk memulai installasi

z:

setup.exe

Kini anda bisa melanjutkan untuk setup Windows sesuai instruksi dilayar, dan jangan lupa untuk mengatur kembali urutan Booting pada BIOS jika telah selesai menginstall menjadi Booting dari Harddisk. And.... finally you good to go Smile

32.244
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.