Anda di sini

Pemrograman

[TUTORIAL - LENGKAP] Instalasi Pustaka Arduino pada MATLAB secara Online

Kusuma Wardana - 31 Oktober 2015 18:39:06 0

Hardware Support Packages

MATLAB adalah bahasa komputasi teknis yang sangat terkenal. MATLAB sangat tangguh untuk operasi-operasi yang melibatkan matriks, seperti pemrosesan gambar, pemrosesan suara, persamaan polinomial, dan sebagainya. MATLAB sangat tangguh dalam hal simulasi dan display data, baik dalam bentuk gambar maupun grafik. Tidak hanya itu, dengan berbagai Toolbox yang dimilikinya, MATLAB menjadi perangkat lunak yang paling sering digunakan oleh akademisi, praktisi dan pihak terkait lainnya.

Nah, MATLAB saat ini telah merilis Hardware Support Packages untuk berbagai board yang popular saat ini, seperti Arduino, BeagleBoard, Gumstix Overo, LEGO, Raspberry Pi, PandaBoard, dan bahkan Samsung Galaxy. Pada pembahasan kali ini kita akan menghubungkan MATLAB dengan Arduino. Untuk memulainya, kita harus menginstal support packages, baik secara online maupun offline. Selain menginstal support packages, kita tentunya harus memiliki papan Arduino beserta kabel USB-nya. Pada tutorial ini, saya menggunakan MATLAB versi 2014a.

Instalasi secara Online

Proses secara online memerlukan akun MATLAB. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kita harus membuat akun pada alamat www.mathworks.com. Alamat email dan password untuk akun MATLAB akan digunakan pada saat instalasi. Hal ini dilakukan oleh Mathwork untuk alasan keamanan dan kejelasan user.

Bukalah MATLAB, dan lihatlah pada bagian kanan atas terdapat tulisan Add-Ons. Klik kiri dan selanjutnya pilihlah Get Hardware Support Packages, dan tunggulah instruksi selanjutnya.

Setelah proses inisialisasi selesai, selanjutnya akan muncul jendela Support Package Installer seperti di bawah ini. Pilihlah Install from Internet, dan selanjutnya klik Next.

Selanjutnya muncul jendela seperti di bawah. Pada bagian Support for: , carilah Arduino dan centang Install pada bagian Support Pakages. Selanjutnya kilk Next.

Selanjutnya akan muncul jendela Log In ke akun MATLAB. Masukkan alamat email dan password, lalu klik Log In. Jika cocok, maka selanjutnya akan muncul jendela installer.

Tahapan selanjutnya adalah instalasi seperti proses instalasi pada umumnya, yaitu dengan mengklik Next. MATLAB akan menginstal software apa saja yang diperlukan, seperti yang terlihat pada jendela di bawah ini. Hal ini bisa jadi menyebalkan, sebab untuk beberapa user mungkin telah menginstal Arduino software, sehingga tidak diperlukan lagi menginstal program tersebut. Namun tidak ada pilihan lain, kita harus klik Next.

Tunggulah sampai proses selesai. Lamanya proses sangat tergantung dari kecepatan internet kita. Tunggulah dengan sabar....

Akhirnya, jika segalanya lancar, maka akan muncul jendela seperti di bawah ini. Selanjutnya, klik-lah Continue, dan ketika sudah komplit, klik-lah Finish.

Pengujian Menggunakan Papan Arduino

Pertama, sambungkan papan Arduino menggunakan kabel USB ke komputer. Selanjutnya, ketiklah sintaks berikut pada Command Window MATLAB. Misalkan kita beri nama variabel kita adalah a :

>> a = arduino ()

Updating server code on Arduino Uno (COM33). Please wait.

proses pertama kali akan membutuhkan waktu beberapa lama. Jadi, mohon ditunggu dengan sabar. Saat ini saya menggunakan Arduino UNO yang terhubung di PORT 33. Selanjutnya, ketik perintah berikut:

>> writeDigitalPin(a, 13, 1);

Lihatlah, apakah led internal pada papan Arduino menyala? Kalau sudah berhasil, maka MATLAB dan Arduino kita telah berkomunikasi dengan baik.

4.793
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.