Anda di sini

Elektronika

[TUTORIAL - LENGKAP] Raspberry Pi Smart Home Controller Dengan Antarmuka Web

Aditya Suranata - 22 November 2015 00:50:16 0

Antarmuka yang dibangun berbasis web memiliki banyak keunggulan pada era sekarang. Selain karena teknologi web yang semakin maju, ditandai dengan hadirnya HTML5, trend kedepannya telah terlihat bahwa penggunaan aplikasi berbasis web akan semakin marak. Aplikasi dengan antarmuka web semakin menggusur desktop based yang memiliki banyak kekurangan diera cross platform seperti sekarang. Melengkapi sistem kita dengan antarmuka web, tidak hanya memperluas dukungan bagi pengguna dengan berbagai macam perangkat, namun juga membangun lingkungan kerja yang lebih luas dengan integrasi melalui Internet. Pada tutorial kali ini, penulis akan mencoba mengulas tentang teknik interfacing, atau membuat antarmuka untuk sistem sederhana yang dapat digunakan untuk memonitor dan mengontrol peralatan rumah menggunakan Raspberry Pi (Raspi).

Keunggulan dari penggunaan Raspi sebagai kontroler adalah penghematan daya dan sumber daya pemrosesan yang lebih dari cukup untuk melakukan kontrol secara realtime. Raspi memerlukan daya kurang lebih 3.5Watt, dengan konsumsi daya yang rendah, Raspi menjadi perangkat yang sangat cocok untuk penerapan teknologi ini. Nantinya, dengan adanya sistem ini pengguna diharapkan dapat melakukan kontrol pada perangkat rumah seperti lampu, televisi, dan perangkat lainnya. Serta, dengan menjadikan sistem ini IoT (Internet of Things) pengguna juga dimungkinkan untuk melakukan monitoring terhadap kondisi lingkungan, seperti suhu melalui antarmuka web moderen dari mana saja dan kapan saja.

Ruang Lingkup & Batasan

Tutorial ini ditujukan bagi pengguna yang telah mengetahui dasar tentang Raspi, seperti pengetahuan mengenai Linux, konfigurasi jaringan, dan telah familiar dengan tugas-tugas dasar seperti bekerja dari remote melalui SSH. Untuk teknisnya, sisi server yang berjalan pada Raspi diprogram menggunakan bahasa Python. Antarmuka yang dibuat menggunakan layout web responsif untuk dapat digunakan pada berbagai macam perangkat dengan web browser moderen. Fungsi pada sistem yang dibuat, untuk versi awal pada tutorial ini mencakup kontrol ke perangkat rumah melalui relai, dan membaca sensor suhu untuk mengetahui kondisi lingkungan. Untuk fungsi tambahan seperti pengamanan (login pengguna), berbagai macam sensor seperti sensor api, gas mudah terbakar dan kelembapan akan ditambahkan selanjutnya.

Persiapan & Keperluan

Persiapan yang diperlukan pada tutorial ini adalah sebuah Raspi yang telah terinstal sistem operasi Raspbian versi terbaru, siap pakai dan telah terhubung ke jaringan rumah (baik kabel maupun nirkabel).

<Lihat Tutorial Lengkap>

9.812
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.