Anda di sini

Pemrograman

[TUTORIAL] Memainkan Musik (Lagu) pada Pemrograman Processing

Kusuma Wardana - 12 Desember 2015 20:59:43 1

Memainkan Musik

Saat ini, Processing telah di support oleh berbagai developer dengan hadirnya berbagai pustaka (library). Dengan adanya berbagai pustaka ini, pemrograman Processing akan menjadi lebih menyenangkan. Pada tutorial ini, kita akan memainkan musik dan menampilkan muka gelombang (waveform) dari musik tersebut. Pustaka yang akan kita gunakan adalah minim. Cek informasi penggunaan pustaka ini pada tautan berikut.

Pertama, kita harus mengimpor pustaka yang diperlukan, yaitu minim. Bukalah Processing dan carilah pada Sketch - Import Library... - Add Library... - Minim. Tunggulah beberapa saat untuk menginstal file tersebut secara online. Sudah tentu, kita membutuhkan koneksi internet.

Kemudian, pilihlah lagu atau voice yang ingin diputar dengan cara memilih Sketch - Add File - Lokasi lagu yang diinginkan

Jika sudah, import-lah pustaka minim kita, dengan memilih Sketch - Import Library... - Minim. Jika segala sesuatunya lancar, maka akan muncul import ddf.minim.*; pada bagian atas layar sketch. Kemudian, ketiklah skrip berikut:

import ddf.minim.*;

AudioPlayer lagu;
Minim minim;

void setup()
{
  minim = new Minim(this);
  lagu = minim.loadFile("Gagal Bersembunyi - The Rain.mp3");
  lagu.play();
}

void draw()
{ 
}

void stop()
{
  lagu.close();
  minim.stop();
  super.stop();
}

Jangan lupa untuk menuliskan judul lagu yang benar pada fungsi minim.loadFile. Jika di Run, maka lagu akan dimaikan. Menarik, bukan? Smile

Memainkan Musik dan Menampilkan Muka Gelombang

Mari kita modifikasi program di atas. Kita akan tambahkan muka gelombang (waveform) sebagai efek visual agar tampilan menjadi menarik. Ketiklah skrip berikut:

import ddf.minim.*;

AudioPlayer lagu;
Minim minim;

void setup()
{
  size(500, 200);
  minim = new Minim(this);
  lagu = minim.loadFile("Gagal Bersembunyi - The Rain.mp3");
  lagu.play();
}

void draw()
{
  background(0);
  stroke(255);
  for(int i = 0; i < lagu.bufferSize() - 1; i++)
  {
    line(i, 100 + lagu.right.get(i)*50, i+1, 100 + lagu.right.get(i+1)*50);
  }
}

void stop()
{
  lagu.close();
  minim.stop();
  super.stop();
}

Referensi

Minim Library Developer Website: http://code.compartmental.net/tools/minim/quickstart/

4.349
Daftar Artikel Terkait
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Komentar

Maaf gan, numpang tanya, dengan library yang sama, apakah processing ini bisa juga nerima input suara...???, Apa mungkin perlu bantuan dari software lain lagi untuk nangkep inputan suaranya, kalo iya, gimana cara menghubungkan processing dengan software yang nangkep suaranya...???

Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.