Anda di sini

Pemrograman

[TUTORIAL] Mengatur Properti Objek pada Processing

Kusuma Wardana - 03 Desember 2015 08:29:12 0

Mengatur Properti

Beberapa fungsi seperti smooth(), strokeWeight(), strokeJoin(), dan strokeCap() dapat digunakan untuk mengatur properti dari objek kita.

Fungsi smooth()

Fungsi smooth() dapat digunakan untuk memperhalus sudut-sudut objek. Secara default, fungsi ini akan diaktifkan. Untuk menonaktifkan, gunakanlah fungsi noSmooth(). Berbeda dengan versi sebelumnya, fungsi smooth() pada Processing 3 hanya dideklarasikan sekali saja di awal program. Fungsi smooth() dan noSmooth() tidak dapat dideklarasikan secara bersamaan di dalam satu sketch.

size(160, 120);
smooth(); 
ellipse(80, 60, 90, 90);
size(160, 120);
noSmooth(); 
ellipse(80, 60, 90, 90);

Fungsi strokeWeight()

Fungsi ini berguna untuk mengatur ketebalan garis. Secara default, tebal garis dari objek yang dih=gambar adalah sebesar 1 piksel. Dengan menggunakan fungsi ini, kita dapat mengatur ketebalan yang kita inginkan.

 size(460, 120);
strokeWeight(1);
ellipse(60, 60, 80, 80);

strokeWeight(5);
ellipse(170, 60, 80, 80);

strokeWeight(10);
ellipse(280, 60, 80, 80);

strokeWeight(15);
ellipse(390, 60, 80, 80);

Fungsi strokeJoin()

Fungsi ini digunakan untuk mengatur sudut pertemuan dari dua buah garis. Terdapat tiga jenis mode, yaitu MITER, BEVEL dan ROUND. Amatilah perbedaannya dengan menggunakan program berikut:

size(420, 170);
strokeWeight(15);

strokeJoin(MITER);
rect(60, 40, 80, 80);

strokeJoin(BEVEL);
rect(170, 40, 80, 80);

strokeJoin(ROUND);
rect(280, 40, 80, 80);

Fungsi strokeCap()

Fungsi ini digunakan untuk mengatur sudut akhir dari suatu garis. Terdapat tiga jenis mode, yaitu SUARE, PROJECT dan ROUND. Amatilah perbedaannya dengan menggunakan program berikut:

size(230, 150);
strokeWeight(15);

strokeCap(ROUND);
line(40, 30, 80, 100);

strokeCap(SQUARE);
line(90, 30, 130, 100);

strokeCap(PROJECT);
line(140, 30, 180, 100);

Memainkan Warna

Terdapat beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk memainkan warna pada objek, diantaranya stroke(), fill(), dan background().

Fungsi stroke()

Fungsi ini berguna untuk mengatur warna garis dari objek yang akan digambar. Gunakanlah fungsi noStroke() untuk menonaktifkan fungsi ini.

size(440, 120);
strokeWeight(10);

// dalam skala keabuan
stroke(100);
rect(30, 30, 60, 60);

// dalam format RGB
stroke(200, 50, 80);
rect(110, 30, 60, 60);

// dalam format heksa
stroke(#292CD3);
rect(190, 30, 60, 60);

// penulisan lain format heksa
stroke(0xFFD152BA);
rect(270, 30, 60, 60);

// tanpa stroke
noStroke();
rect(350, 30, 60, 60);

Fungsi fill()

Jika fungsi stroke()Fungsi ini digunakan untuk memberi warna pada garis objek kita, maka fungsi fill() akan mewarnai bagian dalam dari objek kita. Metode pemberian warna pada fungsi fill() sama dengan fungsi stroke().

size(380, 270);
noStroke();
fill(150);
ellipse(170, -30, 210, 210);
fill(250);
ellipse(0, 270, 480, 480);
fill(80);
ellipse(282, 115, 160, 160);

Nilai masukan dari fungsi fill() dapat berupa warna keabuan (0 sampai 255), atau menggunakan format RGB maupun HSV. Kombinasi dari fungsi fill() strokeWeight() dan stroke() juga dapat dilakukan untuk menghasilkan objek yang bervariasi. Amatilah contoh berikut:

ize(400, 370);
smooth();
stroke(50);
strokeWeight(8);

fill(255, 80, 120);
ellipse(170, 180, 300, 300);

fill(217, 127, 229);
ellipse(170, 180, 200, 200);

fill(255, 200, 100);
ellipse(70, 60, 80, 80);

fill(60, 150, 200);
ellipse(300, 200, 150, 150);

fill(210, 240, 24);
ellipse(100, 300, 100, 100);

Untuk memudahkan dalam pemilihan warna, gunakanlah jendela Color Selector. Carilah di Tools a Color Selector...

Fungsi background()

Jika fungsi background()Fungsi ini digunakan untuk memberi warna latar (background) dari layar kita. Cara pemberian warna juga serupa dengan fungsi fill() atau stroke(). Amatilah contoh berikut:

size(380, 270);
background(255, 204, 0);
noStroke();

fill(180);
ellipse(170, -30, 210, 210);

fill(250);
ellipse(0, 270, 480, 480);

fill(40);
ellipse(282, 115, 160, 160);

Pada tutorial selanjutnya, kita akan membahas tentang Variabel dan Fungsi (bersambung...)

6.442
Daftar Artikel Terkait
Image

Kusuma Wardana

I Nyoman Kusuma Wardana, yang akrab dipanggil Kusuma, lahir dan besar di Bali. Ia tinggal di Desa Wisata Ubud, dan lebih banyak melaksanakan aktivitasnya di Denpasar. Profesinya adalah sebagai staf pengajar di Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali. Saat ini Ia menjadi salah satu penulis di tutorkeren.com.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.