[Tutorial] Nonton Channel Luar Negeri di TV Tabung


Aditya Suranata 21 Mei 2016 Instalasi dan Konfigurasi

Mulai Baca

Video diatas adalah tutorial untuk menginstall Kodi Media Center (OpenELEC) di Raspberry Pi 1. Pada tutorial ini kita akan menggunakan TV Tabung sebagai TVnya, dan kita akan menambahkan Add-ons IPTV untuk bisa menonton TV dari channel luar.

Langsung saja, ini adalah keperluan perangkat kerasnnya (klik untuk memperbesar):

Langkah pertama kita adalah mendownload image dari OpenELEC di situsnya, karena pada tutorial ini menggunakan Raspi versi 1, maka imagenya kita gunakan versi satu juga. Jika punya Anda versi 2/3 silahkan sesuaikan dengan mengunduh versi 2. Kemudian setelah selesai mengunduh image OpenELECnya, kita menulis / clone imagenya ke SD Card menggunakan Win32Disk Imager. Tutorial lengkapnya sudah ada pada tulisan sebelumnya, dan telah dijelaskan di video di atas.

Setelah itu, kita rakit komponennya, mulai dari komponen pada Raspi (USB WiFi, mouse, kabel-kabel) dan menghubungkannya ke TV. Kemudian nyalakan TV dan pilih mode input ke AV atau input audio video. Kita nyalakan Raspi dan tunggu hingga halaman Welcome muncul.

Pada menu Welcome, pertama kita akan ditanyakan nama dari Kodi kita, ini bisa di skip dan lanjutkan dengan mengklik next. Kemudian kita melakukan konfigurasi jaringan, disana akan muncul daftar jaringan WiFi (SSID) yang bisa kita gunakan untuk terhubung ke internet. Sesuaikan settingan ini dengan konfigurasi jaringan Anda. Setelah itu, kita tinggal melanjutkan sesuai dengan petunjuk di video.

Langkah kedua, kita menyetel Add-ons untuk IPTVnya. Add-ons yang kita gunakan adalah PVR IPTV Simple Client. Menu add-ons dapat diakses dari menu System > Add-ons, kemudian kita pilih All-repository > PVR clients > PVR IPTV Simple Client. Klik untuk membuka lalu pilih Install.

Tunggu proses download dan install Add-ons selesai, lalu lakukan konfigurasi. Pada menu konfigurasi, satu-satunya yang harus kita lakukan adalah menentukan playlist dari channel kita. Tutorkeren.com telah menyediakan database channel IPTV yang reliable di alamat https://tutorkeren.com/iptv/internasional. Masukan alamat tersebut di kolom M3U Playlist URL.

Channel tersebut akan terus diupdate dan ditambahkan channel baru. Anda juga bisa memberikan request channel luar negeri agar ditambahkan pada database melalui halaman forum IPTV.

Setelah itu, sebagai tahap akhir, kita mengaktifkan fitur TV dari OpenELEC melalui menu System > TV > General dan pilih enable. Kemudian kembali ke halaman Home dan menu TV akan muncul disana.

Selanjutnya kita bisa langsung mencoba channel TV yang telah selesai dimuat dengan mengklik namanya. Tunggu sebentar dan channelnya pun akan langsung dimainkan.

Demikian tutorial singkat mengenai cara menambahkan channel luar negeri di TV Tabung dengan menggunakan Raspberry Pi B tipe satu yang telah terinstall Kodi Media Center.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan form komentar dibawah untuk berdiskusi. Dan silahkan kunjungi halaman forum IPTV untuk melakukan request dan melihat update dari database channel IPTV dari Tutorkeren.com

Semoga bermanfaat :)

Aditya Suranata

Tentang Penulis, Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di Miarana DIY kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

lihat artikel lain oleh Aditya Suranata

Artikel Lainnya

Kategori Tulisan

E-Book Terbaru

Teknik Antarmuka MATLAB dan Arduino

Teknik Antarmuka MATLAB dan Arduino - Cover.jpg
Pelajari konsep yang sangat luar biasa antara visualisasi, analisis dan komputasi yang ditawarkan MATLAB dengan Platform Arduino sebagai perangkat...
Jumlah Halaman:
411 Halaman

Video Terbaru

Belum Puas ? Mari Kita Saling Bicara


Join Forum Diskusi MiaranaDIY untuk berdiskusi dengan respon cepat mengenai berbagai macam tutorial hingga ulasan yang terdapat di blog ini. Untuk berlangganan artikel terbaru silahkan Like & Follow Facebook Page MiaranaDIY dan Follow Twitter @MiaranaDIY