Anda di sini

Pemrograman

[TUTORIAL] Pemrograman Dasar Komputer [Instalasi Code Blocks]

Ngakan Kutha Krisnawijaya - 07 Juli 2017 19:49:17 0

Pendahuluan

Sebagai seorang pemula dalam kerasnya dunia komputer, utamanya yang mengikrarkan diri bercita-cita sebagai seorang programmer, tentunya harus memiliki pemahaman dasar-dasar pemrograman, kuat dalam analisa, terampil dalam matematika dan algoritma. Tulisan pertama saya ini, mengajak pembaca yang masih awam terkait dengan pemrograman komputer, untuk kembali mengingat bagaimana semestinya berpikir secara terstruktur sehingga dapat dituangkan ke dalam code-code program. Tutorial kali ini akan membahas bagaimana kita mengenal bahasa pemrograman dan compiler. Yuk langsung saja kita ke TKP!

Pengertian Bahasa Pemrograman

Dalam dunia perkodingan sering kali kita mendengar istilah-istilah, "coding", "mrogram dulu gan", "pakai bahasa apa bikinnya" dan aneka istilah lainnya. Perbedaannya adalah jika kita "belajar memprogram" adalah kita sedang belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan sistematika pemecahan masalah kemudian menuangkannya ke dalam suatu notasi yang disepakati bersama. Singkatnya belajar memprogram lebih bersifat pemahaman persoalan, analisis, sintesis. Sedangkan jika kita "belajar bahasa pemrograman" adalah kita sedang belajar memakai suatu bahasa, aturan sintaks (tata bahasa) dan intruksi untuk dapat kita menuangkan perintah-perintah kita ke dalam komputer. So, sampe disini jelaskan perbedaannya? Anda perlu paham dulu "memprogram" untuk memecahkan permasalahan, lalu kemudian anda tuangkan ke dalam "bahasa pemrograman". Sehingga komputer dapat memahami perintah anda, tutorial ini membahas belajar bahasa pemrograman sehingga anda diharapkan sudah memiliki kemampuan pemecahan permasalahannya.

Dalam pembahasan ini kita akan menggunakan bahasa C sebagai media pembelajarannya dengan compilernya menggunakan Code Blocks. Bahasa C merupakan salah satu dari Bahasa tingkat tinggi dalam dunia pemrograman dan sudah memiliki struktur yang jelas. Sedangkan compiler Code Blocks merupakan compiler Bahasa C yang bersifat open source. Artinya compiler ini bebas di download oleh siapa saja yang ingin belajar bahasa C. Nah setelah kita paham dan sepakat tentang penjelasan diatas, yuk lanjut install compiler kita.

Cara Install compiler CodeBlocks

Untuk melakukan instalasi, silakan anda download terlebih dahulu installer CodeBlocks. Anda bisa mendapatkannya di http://www.codeblocks.org/downloads/binaries#windows. Setelah instaler selesai diunduh (download) silakan lakukan prosedur instalasi standar. Langkahnya sebagai berikut.

1. Buka installer CodeBlocks dengan cara mengeklik file installer dua kali

2. Setelah muncul kotak dialog klik "next"

3. Kemudian muncul Licence agreement, klik "I Agree"

4. Kemudian pilih lokasi instalasi dan secara default, instalasi akan dilakukan di C:\Program Files\CodeBlocks. Jika sudah terpilih lokasi yang diinginkan, maka klik "Install".

5. Finish deh... Ini yang disebut The Next Generation. Next... next.. until Finish!! yaaayyy Smile

Membuat Project di CodeBlocks

1. Untuk membuat sebuah C project perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut. Pilih Menu -> New -> Project

Klik "Console Application" dan Klik "Go"

2. Kemudian klik "Next"

3. Pilih bahasa yang akan digunakan, yaitu Bahasa C. Kemudian klik "next"

4. Ketikkan nama di "Project Tittle" dan kemudian pilih tempat penyimpanan Project di "Folder to create in"

5. Pastikan pilih semua pilihan yang ada (baik Create "Debug" configuration / Create "Release" configuration). Click Finish.

Kemudian akan muncul dalam komputer anda, beranda kerja dari CodeBlocks. Kemudian pilih di project, klik dua kali main.c maka akan muncul sebagai berikut:

klik dua kali main.c maka akan muncul sebagai berikut:

Build dan jalankan project dengan menggunakan menu Build kemudian Build -> Run atau bisa langsung menggunakan Build -> Build and Run

Sehingga muncul tampilan "HELLO WORD".

Selamat sampai tahap ini anda telah berhasil menginstal alat belajar kita nantinya yaitu CodeBlocks. Sehingga di tutorial saya nantinya, seluruh contoh sintaks akan dituangkan menggunakan CodeBlocks. Sampai bertemu di tutorial berikutnya guys!

145
Image

Ngakan Kutha Krisnawijaya

Ngakan Kutha Krisnawijaya merupakan dosen Teknik Elektro di Universitas Pendidikan Nasional Denpasar. Saat ini aktif dalam penelitian terkait komputer paralel, kecerdasan buatan, dan Internet of Thing. Menamatkan Strata 1 (S1) di Ilmu Komputer Universitas Udayana dan Strata 2 (S2) di Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor.

Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.